cara membentuk otot

Cara Membentuk Otot Lebih Maksimal dengan Suplemen Ini

Suplemen sudah tidak asing lagi bagi fitnes mania karena sebagai cara membentuk otot tubuh. Salah satunya adalah dengan suplemen super ini.

Mengatur pola makan (diet), latihan rutin, dan istirahat yang cukup adalah cara membentuk otot paling utama yang HARUS dilakukan.

Apabila aspek-aspek tersebut dilakukan dengan tepat, bukan tidak mungkin Anda akan segera mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan.

Dan yang tak kalah penting adalah suplementasi.

Peran utama suplemen adalah menunjang diet dan latihan yang dilakukan agar hasil yang didapat lebih maksimal.
Salah satu suplemen yang penting untuk pembentukan otot tubuh adalah Glutamine.

Apakah Anda belum mengenal glutamine?

Jika belum, berikut ini adalah artikel yang tepat untuk Anda.

Glutamine, Suplemen Tepat Sebagai Cara Membentuk Otot

cara membentuk otot

Sama halnya dengan whey protein, glutamine sudah akrab bagi penggemar fitnes, terutama bagi Anda yang masuk program pembentukan tubuh.

Ya, glutamine merupakan salah satu asam amino yang diproduksi dalam tubuh Anda.

Bahkan, glutamine ini adalah asam amino yang paling banyak ditemukan dalam tubuh (disebut lebih dari 60 persen jaringan otot dibentuk oleh glutamine).

Asam amino sendiri merupakan bahan penyusun protein yang mana sangat penting untuk mengatur pertumbuhan dan fungsi sel.

Khususnya, glutamine membantu menyingkirkan zat-zat sampah atau yang dikenal dengan amonia.

Karena asam amino penting bagi pembentukan otot, begitu pula dengan glutamine. Glutamine sendiri disimpan dalam tubuh di otot dan paru-paru.

Apabila cadangan glutamine di otot rangka mulai habis, maka fungsi-fungsi penting dari asam amino ini akan terhambat. Beberapa situasi yang dapat menurunkan kadar glutamine antara lain infeksi, operasi (cedera), serta latihan yang melelahkan.

Baca Juga: Sering Merasa Mudah Lelah Setiap Hari?

Suplementasi Glutamine adalah Cara Membentuk Otot yang Populer

cara membentuk otot

Glutamine adalah asam amino yang dikenal sebagai media sintesis protein.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, asam amino ini merupakan pendukung agar tubuh tetap dalam kondisi anabolik yang penting untuk pertumbuhan otot setelah latihan.

Bahkan, efek dari kondisi anabolik yang ditimbulkan dari glutamine dapat meningkatkan sintesis protein (hipertrofi otot) dan membantu meningkatkan jumlah sel otot.

Dengan menambahkan suplemen glutamine bisa bantu otot meningkatkan pelepasan leucin tanpa radikal bebas. Ingat, radikal bebas adalah atom yang dapat mengakibatkan kerusakan sel.

Adanya leucin merupakan KUNCI pertumbuhan otot karena dapat mengatur proses sintesis protein.

Karena itu, jika glutamine dapat mencegah rusaknya leucin tentunya akan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk sintesis otot.

Dalam proses tersebut (sintesis protein), peran glutamine adalah membantu menyeimbangan nitrogen sehingga sintesis protein bisa berjalan maksimal.

Cara Membentuk Otot dengan Tingkatkan Hormon Pertumbuhan

cara membentuk otot

Suplementasi glutamine sudah tidak asing digunakan sebagai salah satu cara membentuk otot.

Pembentukan otot juga sangat dipengaruhi oleh hormon pertumbuhan (growth hormone). Nah, salah satu peran glutamine adalah juga untuk merangsang produksi hormon pertumbuhan.

Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, suplementasi glutamine mampu membantu meningkatkan produksi hormon pertumbuhan.

Selain untuk membantu pertumbuhan otot, suplementasi glutamine juga bisa membantu proses pembakaran lemak menjadi energi.

Cara Membentuk Otot dengan Konsumsi Sumber Glutamine

cara membentuk otot

Pada dasarnya, tubuh Anda memproduksi glutamine dan Anda bisa melalui asupan makanan sehari-hari.

Namun, kadar glutamine akan semakin MENIPIS apabila Anda melakukan latihan yang keras.

Karena ketika tubuh Anda stres akibat latihan, cedera, atau infeksi, tubuh Anda tidak mampu memproduksi kadar glutamine dalam jumlah yang cukup.

Anda bisa mendapatkannya melalui makanan yang kaya akan glutamine. Glutamine secara alami juga ada pada makanan yang tinggi protein. Seperti susu, ikan, daging, atau kacang-kacang.

Juga bisa Anda dapat dari sayuran seperti bayam atau kubis.

Sekali lagi, makanan-makanan tersebut belum tentu dapat mencukupi kebutuhan kadar glutamine dalam tubuh Anda. Karena itu, cukup penting untuk ditambahkan melalui suplemen seperti GLUTAPURE yang mengandung 100% glutamine.

BENTUK OTOT MENJADI LEBIH MAKSIMAL

  • Menambah Daya Pulih Tubuh
  • Mencegah Penyusutan Otot
  • Meringankan Nyeri Otot Pasca Latihan
  • Tingkatkan Hormon Pertumbuhan

Manfaat Glutamine Selain Sebagai Cara Membentuk Otot

Cara membentuk otot paling utama memang harus dengan latihan rutin, pola makan sehat, serta istirahat yang cukup.
Meski begitu, peran suplemen seperti glutamine juga tidak dapat dianggap enteng.

Glutamine dianggap mampu menjaga tubuh dalam keadaan anabolik atau di mana tubuh dalam kondisi membentuk otot.
Tapi tidak hanya itu, beberapa manfaat juga bisa Anda dapat dengan suplementasi glutamine.

cara membentuk otot

• Menambah Performa Atletik Anda
Biasanya pelari jarak jauh mengalami penurunan kondisi kesehatan satu minggu pasca lomba.

Oxford University melakukan penelitian dengan membagi subjek menjadi 2 kelompok pelari. Kelompok pertama diberikan suplementasi glutamine sementara satu kelompok lainnya tanpa suplementasi glutamine.

Hasilnya, hanya 19 persen pelari yang tetap sehat di kelompok kedua, sementara ada 81 persen pelari di kelompok pertama yang tetap sehat di mana mereka menggunakan suplementasi glutamine.

Para peneliti mengatakan jika olahraga berat dapat mengurangi efektivitas sistem kekebalan tubuh. Sementara sebagian besar sel-sel tubuh menggunakan glukosa untuk bahan bakar, sistem kekebalan tubuh membutuhkan glutamine dalam jumlah yang cukup.

Ketika Anda mengonsumsi glutamine, berarti Anda memberikan tubuh energi yang dibutuhkan untuk tetap sehat, sekaligus memungkinkan Anda untuk berlatih lebih lama dan maksimal.

• Meningkatkan Daya Pulih Otot Anda
Glutamine sangat membantu untuk mempercepat proses pemulihan tubuh Anda setelah latihan. Selain itu, glutamin juga melindungi tubuh Anda dari efek negatif radikal bebas setelah latihan yang intens. Sehingga sangat membantu meningkatkan sintesis protein otot pada saat latihan yang intens.

• Menambah Performa Latihan
Pada beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa glutamine dapat membantu mengurangi katabolisme jaringan otot dengan menangkal efek dari hormon kortisol. Kortisol adalah hormon stres yang dapat menyebabkan proteolisis (kerusakan jaringan protein) dan menurunkan performa latihan Anda.

• Mengurangi Rasa Lelah
Selain membantu meningkatkan proses pemulihan tubuh, asupan glutamine juga dapat membantu mengatasi kelelahan apabila dikombinasikan dengan konsumsi L-Carnitine.

• Mengobati Masalah Kesehatan Lainnya
Seperti dikutip dari wikihow, beberapa peneliti percaya bahwa sejumlah masalah kesehatan lain juga dapat dibantu dengan suplementasi glutamine.

Seperti pada penyakit radang usus (IBD/inflammatory Bowel Disease) dapat dibantu dengan glutamine. Hal ini dikarenakan glutamine berperan melindungi mukosa yang merupakan lapisan saluran pencernaan.

Meski ada beberapa fakta jika glutamine dapat membantu mengobati diare dan radang mukosa, namun belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa glutamine mampu mengobati masalah pencernaan lain seperti Crohn.

Perhatikan Ini Sebelum Konsumsi Suplemen Glutamine

cara membentuk otot

Suplementasi glutamine memang dapat membantu pertumbuhan otot Anda asalkan dikonsumsi dengan tepat dan sesuai dosis.

Meski begitu, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum mengonsumsi glutamine.

• Konsultasikan Terlebih Dahulu dengan Ahli Medis
Pastinya, apabila kebutuhan glutamine Anda kurang mencukupi melalui makanan sehari-hari, Anda akan memilih menambahkannya melalui suplementasi.

Namun, akan jauh lebih baik apabila Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai jumlah glutamine yang Anda butuhkan.

Dosis dan jenis suplemen yang Anda konsumsi bisa bervariasi tergantung dari masalah kesehatan yang Anda alami.
Karena itu, saran dari dokter akan sangat penting apakah penambahan suplemen glutamine diperlukan atau tidak. Juga, dokter akan memberitahukan dosis yang tepat untuk Anda jika memang Anda membutuhkannya.

Biasanya, dosis suplementasi glutamine antara 5-10 gram perhari dan ini biasanya dibagi dalam beberapa dosis sehari.

Tapi yang perlu ANDA INGAT adalah adalah ada beberapa kondisi yang memerlukan dosis lebih tinggi atau rendah. Untuk itu, ada baiknya untuk konsultasikan terlebih dahulu pada dokter Anda.

• Konsumsi dengan Tepat

cara membentuk otot

Dalam mengonsumsi suplemen glutamine, pastikan Anda mengonsumsinya secara tepat.

Suplemen glutamin dapat Anda konsumsi dengan atau tanpa makanan, namun pastikan Anda tidak mengonsumsinya bersama makanan atau minuman yang panas.

Alasannya adalah glutamine merupakan asam amino yang dapat dipengaruhi oleh suhu. Glutamine harus dikonsumsi hanya dengan cairan bersuhu dingin atau suhu ruang.

Suplemen glutamin yang berbentuk bubuk atau cairan dapat dicampur dengan air atau jus yang tingkat keasamannya rendah seperti jus wortel atau apel.

Hindari penggunaan dengan mencampurkan pada jus yang dibuat dari kelompok buah sitrun seperti grapefruit dan jeruk karena buah-buahan ini lebih bersifat asam. Jangan pernah mencampurkan cairan atau bubuk glutamine dengan minuman panas karena suhu panas akan menghilangkan asam aminonya.

• Mengenali Efek Sampingnya

cara membentuk otot

Glutamine adalah salah satu asam amino yang dapat diproduksi secara alami oleh tubuh. Dan karena itu, sangat jarang suplementasi glutamine memberikan efek samping yang negatif.

Dan yang perlu diingat adalah konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya, terutama jika Anda memiliki riwayat penyakit seperti ginjal, liver, atau sedang hamil dan menyusui.

Apabila Anda mengonsumsi secara berlebihan, gangguan pencernaan bisa saja Anda alami. So, konsumsilah secara bijak.

Yang perlu diketahui juga adalah glutamine sama sekali berbeda dengan glutamat, asam glutamat, monosodium glutamat, dan gluten. Oleh karena itu, orang yang menderita intoleransi gluten tidak perlu khawatir akan mengalami reaksi yang merugikan saat mengonsumsi glutamine.

Namun, pada kasus tertentu, orang dapat mengalami reaksi yang merugikan saat mengonsumsi glutamine. Gejala-gejala yang dialami antara lain nyeri lambung, muntah, sakit kepala, berkeringat, dan nyeri sendi. Jika hal ini terjadi, Anda harus segera berhenti mengonsumsi glutamine.

• Konsumsi Glutamine untuk Menyembuhkan Luka
Suplementasi glutamine juga sering digunakan sebagai obat bagi orang-orang yang tubuhnya mengalami stres akibat luka.

Kortisol, yaitu hormon yang dilepaskan ketika tubuh mengalami stres akibat cedera, luka bakar, dan infeksi, bisa mengakibatkan penurunan produksi glutamine alami tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen glutamine membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang pastinya untuk mendukung perlawanan efek samping dari luka.

Glutamine juga dapat membantu mengurangi infeksi. Sifat asli glutamine yang memulihkan otot juga membuatnya sangat efektif, terutama bagi Anda yang mengalami luka bakar atau menjalani operasi.

BENTUK OTOT MENJADI LEBIH MAKSIMAL

  • Menambah Daya Pulih Tubuh
  • Mencegah Penyusutan Otot
  • Meringankan Nyeri Otot Pasca Latihan
  • Tingkatkan Hormon Pertumbuhan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes