makanan tinggi protein

Cegah Overtraining dan Tingkatkan Daya Pulih Anda dengan Glutamine

Pernah mendengar suplementasi glutamine? Seperti apa glutamine?

Bagaimana cara kerja dan apakah glutamine dapat membantu meningkatkan performa latihan dan fisik Anda?

Mengenal Apa itu Glutamine

Glutamine adalah asam amino yang paling banyak ditemukan dalam tubuh atau lebih dari 60 persen jaringan otot yang dibentuk oleh glutamine.

Namun, jika cadangan glutamine di otot rangka mulai habis, maka fungsi-fungsi penting dari asam amino ini akan terhambat. Beberapa situasi yang dapat menurunkan kadar glutamine antara lain infeksi, operasi (cedera), serta latihan yang melelahkan.

Apa yang Bisa Dilakukan Glutamine? Membantu Membentuk Otot!

Glutamin2

Glutamine adalah asam amino yang dikenal perannya sebagai media untuk sintesis protein. Asam amino ini merupakan pendukung agar tubuh tetap dalam kondisi anabolik yang penting untuk pertumbuhan otot setelah latihan.

Bahkan, efek dari kondisi anabolik yang ditimbulkan dari glutamine dapat meningkatkan sintesis protein (hipertrofi otot) dan membantu meningkatkan jumlah sel otot.

Baca Juga: Tingkatkan Performa Fisik dengan Suplementasi Glutamine

Asam Amino Penting, Leucin

Menambahkan suplemen glutamin akan membantu otot meningkatkan pelepasan leucin tanpa radikal bebas. Ingat, radikal bebas adalah atom yang dapat mengakibatkan kerusakan sel.

Adanya leucin adalah kunci untuk pertumbuhan otot karena dapat mengatur dimulainya proses sintesis protein, yang memicu perkembangan jaringan otot. Oleh karena itu, jika glutamine dapat mencegah rusaknya leucin tentunya akan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk sintesis otot.

Glutamine juga membantu menyeimbangkan nitrogen yang diperlukan untuk sintesis protein otot. Pada beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa glutamine dapat membantu mengurangi katabolisme jaringan otot dengan menangkal efek dari hormon kortisol. Kortisol adalah hormon stres yang dapat menyebabkan proteolisis (kerusakan jaringan protein) dan menurunkan performa latihan Anda.

Selain Itu Apa Manfaat Glutamine? Meningkatkan Kekebalan Tubuh!

GlutaminHL1

Beberapa manfaat dari glutamine lainnya seperti membantu metabolisme nitrogen, menjaga keseimbangan asam basa di ginjal, serta sebagai bahan bakar yang penting untuk sistem kekebalan tubuh.

Dengan menambahkan suplementasi glutamine, maka terjadi peningkatan fungsi sistem kekebalan tubuh. Ini dikarenakan sel-sel sistem kekebalan tubuh seperti limfosit dan makrofag didorong oleh glutamine (bukan glukosa). Oleh karena itu, jika kadar glutamine berkurang maka sel-sel sistem kekebalan tubuh kekurangan bahan bakar untuk melakukan latihan secara efisien.

>> Waspada, Galau Percintaan Bisa Lemahkan Kekebalan Tubuh! <<

Latihan Sangat Intens dapat Menurunkan Kadar Glutamine Anda

Melakukan latihan secara intens, atau melakukan latihan yang melelahkan seperti lari maraton, memiliki efek yang besar (mengurangi) pada kadar glutamine dalam tubuh Anda.

Seperti yang dikutip dari MyProtein.com, kadar glutamine dalam tubuh akan berkurang hingga 24 persen pada 3 hari setelah latihan eksentrik seperti latihan untuk bicep, tricep, hamstring, dan quadricep.

Pada penelitian lain juga menujukkan bahwa setelah melakukan leg press sebanyak 40 repetisi, kadar glutamine pada paha depan (hamstring) dapat berkurang sebanyak 34 persen.

Glutamine Alami Berkurang, Pertumbuhan Otot Akan Terhambat

LatihanSuperset

Apabila kadar glutamine Anda menurun, maka laju pertumbuhan otot Anda akan terhambat. Bahkan, kekurangan glutamin akan dapat mengurangi kekuatan, daya tahan, hingga proses recovery tubuh yang semakin lama.

Karena juga melibatkan hati dan ginjal, maka kadar glutamine yang rendah dapat menyebabkan infeksi. Karena itulah, sangat penting untuk kembali meningkatkan kadar glutamine dalam tubuh Anda pasca latihan intens. Simak juga informasi lain mengenai “Manfaat Asam Amino dalam Pembentukan Otot Tubuh”.

Apa Saja Manfaat dari Glutamine?

Supplemen3

Kita telah membicarakan tentang peranan glutamin serta mengetahui bagaimana jika tubuh kekurangan glutamine. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara meningkatkan asupan glutamin, serta manfaatnya secara spesifik.

#1. Meningkatkan Massa Otot
Jika dikombinasikan dengan protein (casein & whey), glutamine dapat membantu meningkatkan sintesis protein otot hingga 8,3 persen dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi protein saja.

#2. Meningkatkan Daya Pulih Otot Anda
Glutamine sangat membantu untuk mempercepat proses pemulihan tubuh Anda setelah latihan. Selain itu, glutamin juga melindungi tubuh Anda dari efek negatif radikal bebas setelah latihan yang intens. Sehingga sangat membantu meningkatkan sintesis protein otot pada saat latihan yang intens.

#3. Mencegah Penyusutan Otot
Konsumsi glutamine juga membantu mencegah kerusakan otot (penyusutan otot), terlebih setelah istirahat panjang. Seperti pada saat cedera atau setelah operasi.

#4. Mengurangi Rasa Lelah
Selain membantu meningkatkan proses pemulihan tubuh, asupan glutamine juga dapat membantu mengatasi kelelahan apabila dikombinasikan dengan konsumsi L-Carnitine.

#5. Membentuk Otot Bebas Lemak
Kombinasi glutamine dan juga latihan yang intensif dapat membantu meningkatkan massa otot namun bebas dari lemak.

#6. Mengurangi Nyeri Otot Pasca Latihan
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, glutamine membantu tubuh tetap dalam kondisi anabolik setelah latihan. Tentunya, ini juga dapat membantu meringankan rasa nyeri tubuh Anda pasca latihan.

Makanan Apa yang Kaya Akan Glutamine?

Glutamine bisa Anda dapatkan dari beberapa makanan. Antara lain daging sapi, ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, produk susu, kubis, atau bayam. Namun, beberapa fitnes mania (mungkin termasuk Anda) akan menambahkan glutamine dalam bentuk suplemen.

Note: Dengan kombinasi pola makan yang sehat, latihan yang tepat, serta suplementasi glutamine akan dapat membantu Anda terhindari dari overtraining sekaligus dapat meningkatkan recovery tubuh Anda >> Glutapure dari Ultimate Nutrition

CEGAH TUBUH ANDA DARI OVERTRAINING

  • Meningkatkan Daya Pulih Tubuh Anda
  • Meringankan Nyeri Otot Pasca Latihan
  • Meningkatkan Hormon Pertumbuhan
  • Mencegah Penyusutan Otot

Sangat efektif membantu pemulihan tubuh Anda setelah latihan! BELI DI SINI!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes