Ingin Tubuh Berotot atau Langsing? Jangan Lewatkan 6 Suplemen Ini!

Katakanlah Anda ingin membentuk tubuh agar lebih pada berotot, atau ingin mengurangi kadar lemak berlebih dalam tubuh Anda. Memang, olahraga atau latihan adalah langkah utama yang harus Anda lakukan. Tapi apa sudah cukup hanya itu saja?

Untuk menurunkan berat badan atau membentuk tubuh agar lebih berotot, latihan merupakan syarat wajib. Selain itu, juga harus diimbangi dengan pola makan yang sehat serta istirahat yang cukup. Lalu apa lagi yang Anda butuhkan?

Jawabannya adalah suplemen. Meski bukan yang utama, namun peran suplemen cukup penting untuk menunjang hasil latihan dan pola makan Anda. Suplemen sendiri adalah nutrisi tambahan yang kurang Anda dapatkan melalui makanan.

Berikut ini 6 suplemen yang sebaiknya jangan Anda lewatkan jika Anda ingin membentuk tubuh agar ideal dan berotot.

1. Jangan Pernah Melewatkan Protein

Supplemen2

Anda atau fitnes mania lainnya mungkin juga sudah sangat memahami ini. Ya, mengonsumsi protein adalah syarat wajib bagi mereka yang rutin melakukan latihan, baik sebelum maupun sesudah latihan.

Sudah sering disebut bahwa protein sangat membantu pertumbuhan otot karena protein merupakan makanan utama bagi otot.

Para ahli nutrisi merekomendasikan kebutuhan protein harian rata-rata adalah 1,5 gram protein per berat badan. Tentu saja, angka ini dapat berubah tergantung dari aktivitas yang Anda lakukan. Makanan sumber protein antara lain dari daging, ikan, hingga kacang-kacangan.

Apabila asupan protein melalui makanan kurang mencukupi, Anda dapat menambahkannya melalui suplementasi protein. Seperti Prostar 100% Whey Protein dari Ultimate Nutrition, yang membantu pembentukan otot tubuh Anda, mempercepat proses pemulihan, serta mencegah penyusutan otot.

Intinya, sesuaikan kebutuhan asupan protein harian Anda dengan aktivitas yang Anda lakukan.

2. Pastikan Kondisi Tubuh Anda Tetap Fit dengan Multivitamin

Suplemen3

Apakah tubuh Anda mampu berbicara kepada Anda mengenai kondisinya? Pastinya tidak. Namun, tubuh memiliki tanda-tanda yang seolah ingin menunjukkan kepada Anda tentang kondisinya.

Ketika kondisi tubuh melemah, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah tubuh Anda kekurangan vitamin. Apabila kondisi tubuh Anda melemah, tentu saja akan menghambat program latihan yang Anda lakukan.

Dengan suplementasi multivitamin, pastinya akan membuat daya tahan tubuh Anda tetap terjaga sehingga program latihan untuk membentuk tubuh maupun menurunkan berat badan tetap berjalan. Simak juga informasi lain mengenai Vitamin A Juga Penting untuk Meningkatkan Massa Otot.

3. Meningkatkan Daya Pulih Tubuh dengan Glutamine

Suplement4

Setelah melakukan latihan yang keras, bagian tubuh yang Anda latih biasanya akan terasa nyeri atau yang biasa disebut dengan delayed onset muscle soreness (doms). Jika kondisi ini Anda alami, glutamine dapat membantu Anda mengurangi rasa nyeri tersebut.

Penelitian dari University of Trieste di Italia mengatakan bahwa suplementasi glutamine dapat membantu mengurangi peradangan, serta meningkatkan daya tahan dan daya pulih tubuh Anda.

Sementara itu, penelitian dari University of Dundee di Skotlandia mengatakan jika glutamine juga membantu merangsang pertumbuhan otot dengan cara mengatur glikogen dalam tubuh Anda. Ini berarti bahwa glutamine seperti Glutapure dari Ultimate Nutrition yang 100 persen terbuat dari glutamine, dapat membantu meningkatkan performa latihan sekaligus pertumbuhan otot Anda.

4. Tingkatkan Energi dan Massa Otot dengan Creatine

Suplemen5

Ingin membangun kekuatan dan meningkatkan massa otot? Maka suplementasi creatine adalah langkah yang sebaiknya jangan Anda lewatkan berikutnya.

Hasil sekelompok penelitian di Kanada menemukan bahwa orang yang mengonsumsi creatine, kondisi anaboliknya meningkat 20 persen lebih banyak daripada mereka yang tidak mengonsumsi creatine.

Namun perlu diingat, pastikan untuk tidak mengonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Menurut European Food Safety Authority, konsumsi suplemen creatine tiga gram per hari adalah jumlah yang aman.

>> Inilah 6 Alasan Kenapa Anda Harus Konsumsi Creatine <<

5. Pilih Lemak yang Sehat dengan Conjugated Linoleic Acid (CLA)

Supleemnt6

Jangan karena ingin menurunkan berat badan atau membentuk otot, lantas Anda menghilangkan lemak dari asupan nutrisi Anda. Lemak adalah salah satu makronutrisi yang harus Anda penuhi sebagai sumber tenaga.

Namun, sebaiknya pilih lemak yang sehat. Salah satunya adalah dengan CLA yang mengandung lemak sehat seperti asam lemak omega.

Penelitian dari University of Wisconsin yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition menemukan, konsumsi CLA dapat membantu Anda mengurangi timbunan lemak berlebih serta menjaga jaringan otot Anda.

6. Lengkapi dengan BCAA untuk Mencegah Penyusutan Otot

Suplement7

Mungkin Anda sudah berlatih sangat keras dan terasa nyeri, namun latihan tersebut belum menunjukkan perubahan yang signifikan pada tubuh Anda? Jika demikian, Anda dapat menambahkan suplementasi Branched Chain Amino Acids (BCAA).

Penelitian dari University of Birmingham di Inggris menemukan bahwa orang yang mengonsumsi BCAA sebelum maupun sesudah latihan, memiliki penurunan dalam hal nyeri otot.

Sementara studi di Brasil mengatakan bahwa suplementasi BCAA dapat membantu mengurangi risiko overtraining dan membakar lemak lebih banyak daripada mereka yang tidak mengonsumsinya.

Meski bukan berperan utama dalam pembentukan tubuh, namun suplemen akan dapat mengoptimalkan hasil latihan, pola makan, dan istirahat yang Anda lakukan. Selamat berlatih. (ctr)

BACA JUGA: Suplemen Terbaik dan Efektif untuk Pria dan Wanita

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes