tubuh ideal

Ingin Tubuh Ideal Sebaiknya Konsumsi BCAA, Kenapa?

Note: Hasil yang didapatkan mungkin berbeda-beda tergantung dari situasi tubuh masing-masing pengguna.

Branched chain amino acids atau yang biasa disebut dengan BCAA termasuk dalam asam amino esensial. Dan jika Anda ingin memiliki dan menjaga bentuk tubuh ideal, maka sebaiknya Anda mengonsumsi BCAA.

BCAA ini terdiri dari tiga asam amino yaitu leusin, isoleusin dan valin. BCAA ini membentuk 35-40 persen dari asam amino esensial bagi protein tubuh. Tentunya ini akan sangat baik bagi program pembentukan tubuh ideal Anda.

Lalu kenapa banyak yang merekomendasikan BCAA jika Anda ingin memiliki bentuk tubuh ideal dan berotot? Apa saja keunggulan dari BCAA? Berikut 4 alasan utama kenapa sebaiknya konsumsi BCAA untuk program Anda.

1. Membuat Tubuh Ideal dengan Meningkatkan Pertumbuhan Otot Baru

tubuh ideal

Untuk membentuk tubuh ideal, pastinya juga harus membentuk otot tubuh Anda. Dan BCAA dapat membantu pertumbuhan otot dalam beberapa cara yang berbeda.

Pertama, BCAA berfungsi untuk membangun otot. Otot terdiri dari protein dan protein sendiri terbangun dari beberapa asam amino melalui proses yang disebut sintesis protein. Tapi, tidak semua asam amino berkaitan erat dengan proses ini.

Ketika asam amino masuk dalam tubuh, kemudian diserap oleh usus dan langsung menuju ke hati. Hati-lah yang memutuskan apa yang harus dilakukan asam amino sebelum disebarkan ke seluruh tubuh.

Jika tubuh Anda membutuhkan energi lebih banyak, maka hati akan akan mengubah asam amino menjadi bahan bakar daripada untuk memperbaiki dan membangun otot.

>> 6 Prinsip untuk Mendapatkan Tubuh Ideal <<

Di sisi lain, BCAA juga dapat langsung menuju ke jaringan seperti otot. Serat otot kemudian memututskan apa yang harus dilakukan BCAA berdasarkan kebutuhan serat otot. Salah satu kebutuhan ini adalah untuk membangun serat otot baru yang lebih baik.

Dalam hal sintesis protein, leusin adalah asam amino yang paling utama untuk merangsang pertumbuhan otot.
BCAA juga berperan dalam merangsang sekresi insulin baik dan hormon pertumbuhan. Beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa konsumsi BCAA sebelum latihan dapat membantu meningkatkan ukuran sel otot, kekuatan, dan mengurangi lemak.

Dan yang terakhir adalah BCAA dapat membantu menurunkan kadar kortisol selama latihan. Hal ini sangat baik pastinya karena kortisol adalah hormon katabolik yang dapat merusak otot dan mengganggu pertumbuhan testosteron.

Konsumsi BCAA selama latihan juga dapat membantu mengurangi penyusutan dan mempercepat proses pemulihan otot Anda.

2. Tubuh Ideal dengan Memangkas Lemak Berlebih

tubuh ideal

BCAA sendiri tidak hanya sebatas untuk membangun otot. Leusin dan isoleusin juga berperan penting jika Anda ingin menurunkan berat badan atau mengurangi kadar lemak.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 1997 menunjukkan bahwa konsumsi BCAA yang juga diimbangi dengan diet rendah kalori dapat memangkas kadar lemak berlebih, terutama di bagian pinggang.

Sementara itu, peneliti dari Jepang menemukan bahwa isoleusin dapat mengaktifkan reseptor khusus yang dikenal PPARs, yaitu reseptor yang meningkatkan pembakaran lemak dan menghambat penyimpanan lemak.

Baca Juga: Atur Pola Makan, Demi Tubuh Ideal Saat Liburan

3. Menambah Energi dan Menunda Lelah untuk Bentuk Tubuh Ideal

tubuh ideal

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, BCAA efektif untuk meningkatkan ukuran sel otot dan juga energi langsung, terutama ketika latihan yang intensif. Semakin intens dan panjang durasi latihannya, BCAA akan digunakan sebagai bahan bakar Anda.

Valin berperan penting dalam menyediakan energi saat latihan. Selama latihan, triptofan diambil oleh otak dalam jumlah besar. Triptofan ini akan dikonversi menjadi 5-hydroxytryptamine (5-HTP) atau apa yang disebut dengan serotonin. Dimana, serotonin yang banyak selama latihan akan membuat Anda cepat lelah. Semakin sedikit triptofan yang diambil dan diubah menjadi serotonin, maka waktu latihan akan menjadi lebih lama.

Simak juga informasi menarik lain tentang latihan yang tepat dalam membentuk tubuh ideal dalam artikel Cluster Set, Teknik Jitu Raih Tubuh Ideal & Berotot.

4. Membantu Bentuk Tubuh Ideal dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

tubuh ideal

Salah satu hal yang paling sering mengganggu program pembentukan tubuh ideal Anda adalah sakit. Jika Anda sudah mulai rutin latihan kemudian sakit, Anda bisa kehilangan waktu seminggu absen latihan. Pastinya ini akan menghambat pembentukan tubuh ideal Anda.

Jika demikian, BCAA dapat membantu karena salah satu fungsinya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Latihan yang intensif akan berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh. Menambahkan BCAA adalah ide yang cerdas untuk mencegah Anda terserang dari penyakit seperti pilek atau flu.

Dengan mengonsumsi BCAA yang cukup akan dapat cegah penyusutan otot, menunda rasa lelah, dan mempercepat proses pemulihan. Selain dari makanan, BCAA juga dapat Anda konsumsi melalui suplementasi yang pastinya akan bantu program pembentukan tubuh ideal Anda.

BENTUK TUBUH IDEAL ANDA DENGAN SUPLEMEN BCAA

  • Menghentikan Penyusutan Otot
  • Meningkatkan Daya Pulih Tubuh Anda
  • Membuat Tubuh dalam Keadaan Anabolik
  • Menjaga Serat Otot Selama Latihan

Sangat tepat untuk meningkatkan daya pulih otot Anda! BELI DI SINI!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes