hormon penunjang latihan

Ini Dia Hormon Penunjang Performa Anda Ketika Latihan

Hormon adalah zat kimiawi yang dihasilkan oleh tubuh secara alami. Begitu dihasilkan, hormon akan dialirkan oleh darah menuju berbagai jaringan sel dan menimbulkan efek tertentu sesuai dengan fungsinya masing-masing. Itulah definisi hormon yang perlu Anda tahu. Tapi, apakah Anda juga tahu apa saja hormon yang bekerja untuk menunjang latihan Anda?

Jendela Hormon

Hormon memiliki efek pada tubuh manusia. Efeknya dibedakan menjadi tiga jenis. Pertama,adalah perubahan fisik. Perubahan ini ditandai dengan tumbuhnya rambut, lekuk tubuh, dan perubahan fisik lainnya.

Kedua, perubahan Psikologis. Perubahan ini ditandai dengan perilaku feminim dan maskulin, sensitivitas, mood atau suasana hati. Terakhir, adalah perubahan sistem produksi yang ditandai dengan pematangan organ reproduksi seksual (esterogen oleh ovarium dan testosterone oleh testis).

Namun, dalam artikel kali ini DuniaFitnes.com tidak akan membahas keseluruhan jenis hormon yang dihasilkan oleh tubuh, melainkan hanya menyinggung hormon yang menunjang dalam latihan Anda. Apa saja itu? Berikut adalah ulasannya.

Testosterone

Hormo ini mempunyai peran yang begitu penting dalam pembentukan otot dan menurunkan lemak tubuh. Manfaatnya begitu dirasakan dari level energi, hasrat Anda dalam berolahraga dan mood atau perasaan. Testosterone juga penting dalam keseimbangan hormon. Bagi mereka yang mempunyai kadar hormon rendah mudah kelelahan dan cemas, kepadatan tulang berkurang, dan mempunyai risiko besar penyakit jantung.

Agar Produksi testosterone meningkat, maka tubuh harus lebih aktif dari biasanya. Kuncinya yakni melakukan olahraga dan makan makanan yang kaya akan nutrisi. Namun apabila Anda ingin mempertahankan testosterone di dalam tubuh Anda, solusinya yakni dengan mengonsumsi suplemen. Seperti halnya dengan mengonsumsi Tribulus Terrestris, dari Ultimate Nutrition. Suplemen tersebut berguna untuk meningkatkan testosterone, sehingga dapat membantu Anda meningkatkan pertumbuhan massa otot.

Human Growth Hormon (HGH)

Hormon ini hampir mirip dengan hormon testosterone, yakni dapat menaikkan massa otot dan menurunkan lemak dalam tubuh. Bukan hanya itu, HGH juga dapat menjaga mood menjadi lebih baik, dan member energi yang lebih besar. Sama halnya dengan hormon testosterone, HGH juga diproduksi secara alami oleh tubuh ketika Anda sedang tidur. Anda dapat menjaga kestabilan produksi hormon ini dengan berolahraga rutin. Namun jika Anda sering begadang, stres dan mempunyai kualitas tidur yang buruk, maka jangan harap Anda dapat merasakan dampak dari hormon ini secara maksimal.

Kualitas hormon ini juga akan semakin memudar seiring dengan bertambahnya usia Anda. Bukan hanya itu, penyebab lain yang dapat mengganggu produksi hormon ini adalah ketika Anda kelebihan berat badan. Untuk itu, Anda harus melakukan latihan rutin dan menambah massa otot Anda.

Nah, itulah sebabnya untuk menjaga dan menyetabilkan produksi kedua hormon tersebut, Anda harus melakukan latihan rutin dan tetap menjaga pola hidup sehat. (gie)

BACA JUGA: Ini Jawara UBC Roadshow Jakarta, Seri Terakhir di Tahun 2014

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes