manfaat creatine

Inilah 6 Alasan Kenapa Anda Harus Konsumsi Creatine

Creatine memang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Namun, masih banyak yang khawatir tentang suplementasi creatine. Berikut adalah 6 alasan kenapa creatine sangat baik untuk Anda.

manfaat creatine

Bagi fitnes mania yang rutin berlatih di gym atau rumah, pastinya sudah akrab dengan suplementasi creatine. Ya, creatine memang dikenal sebagai suplemen yang bertujuan meningkatkan ukuran sel otot serta menambah tambahan energi dan stamina.

Namun, sebagian orang justru menghindari penggunaan creatine karena banyaknya mitos yang beredar. Atau, mereka yang masuk massa bulking biasanya juga menghindari konsumsi creatine. Padahal, banyak manfaat yang bisa didapat selain untuk membangun otot. Berikut 6 alasan kenapa Anda harus mengonsumsi creatine.

1. Creatine dapat Meningkatkan Kepadatan Tulang

manfaat creatine

Osteoporosis atau tulang keropos menyebabkan lebih dari 8,9 juta orang mengalami patah tulang setiap tahun. Dan kunci utama untuk meningkatkan kepadatan tulang adalah dengan melakukan olahraga. Namun ternyata, penggunaan creatine juga dapat meningkatkan mineral yang berguna untuk menjaga tulang agar tidak keropos.

Hal ini dikarenakan creatine dapat meningkatkan massa otot. Dan meningkatnya mineral kepadatan tulang dapat terkait dengan peningkatan massa otot. Karena itu, lakukan latihan beban sekarang untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Dan tambahkan creatine agar mendapatkan hasil yang maksimal. [Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik Mengonsumsi Creatine?]

2. Meningkatkan Metabolisme Glukosa

manfaat creatine

Diabetes tipe 2 adalah penyakit kronis yang dialami lebih dari 27 juta orang di Amerika. Aktivitas fisik (latihan) dan mengatur pola makan adalah cara jitu mencegah penyakit ini. Penelitian sebelumnya mengatakan, latihan dapat meningkatkan sensitivitas insulin sementara creatine dapat meningkatkan performa latihan. Creatine juga disebut dapat mengontrol kadar glukosa para penderita diabetes tipe 2.

Sementara itu, penelitian yang dipublikasikan dalam Medicine and Science in Sports and Exercise menemukan bahwa konsumsi creatine dan melakukan latihan rutin dapat meningkatkan kontrol glikemik pada penderita diabetes tipe 2. Simak artikel lain tentang “Tingkatkan Kemampuan Atletik Tubuh Anda dengan Creatine

3. Menambah Stamina dan Mempercepat Recovery

manfaat creatine

Telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi creatine dapat meningkatkan kekuatan, tenaga, dan menambah kualitas latihan. Tidak hanya itu, creatine juga dapat meningkatkan kinerja aerobik bagi atlet ketahanan (endurance).

Pada atlet ketahanan, creatine terbukti dapat mengurangi peradangan dan kerusakan sel saat latihan intens dan berkepanjangan. Studi yang diterbitkan dalam Life Sciences menemukan bahwa atlet yang mengonsumsi creatine lima hari sebelum lomba dengan jarak 30 kilometer, mereka mengalami peradangan dan nyeri otot yang lebih rendah.

Sempat beredar mitos bahwa konsumsi creatine dapat menyebabkan kram dan dehidrasi pada atlet ketahanan. Namun pada penelitian ini hal itu masih merupakan mitos. Studi lain juga menunjukkan bahwa creatine dapat menjaga suhu dan hidrasi tubuh.

Note: Selain dapat meningkatkan ukuran sel otot Anda, suplementasi creatine juga dapat memberikan tambahan tenaga dan stamina >> Creatine Monohydrate dari Ultimate Nutrition

[sc:JohnsonBoxCreatine61 ]

4. Meningkatkan Kinerja Otak

Otot dan otak. Otot Anda akan mengalami kelelahan jika telah melakukan 9-10 repetisi. Begitu pula otak. Otak akan lelah jika terlalu lama dihadapkan pada tugas mental yang berat. Karena itu, creatine tidak hanya dapat dijadikan sebagai bahan bakar latihan, tapi juga bahan bakar untuk otak Anda.

Masih dalam sumber yang sama, hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi creatine secara signifikan dapat mengurangi kelelahan mental dan meningkatkan penggunaan oksigen dalam otak.

>> Bagaimana Creatine Meningkatkan Power Anda Selama Latihan? <<

5. Mengurangi Stres Oksidatif

manfaat creatine

Radikal bebas dapat berdampak buruk seperti otot lelah, penurunan tingkat protein, dan tentunya akan menghambat pertumbuhan otot. Lalu bagaimana cara termudah mengatasinya? Konsumsilah creatine!

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning menemukan bahwa penggunaan creatine dapat menurunkan risiko kerusakan DNA dan stres oksidatif setelah latihan. Penurunan ini tentunya akan dapat mempercepat proses pemulihan sehingga Anda dapat berlatih dengan keras lagi ke depannya.

6. Mempercepat Recovery Cedera Kepala

manfaat creatine

Gegar otak merupakan salah satu Traumatis Brain Injury (TBI). Dan sebuah studi menyebutkan bahwa diet yang diperkaya creatine dapat meningkatkan perlindungan substansial otak sehingga mencegah terjadinya pembengkakan otak, peradangan, bahkan hingga kematian.

Peneliti dari University Hospital of Heraklio (Yunani), penambahan creatine pada anak-anak dan remaja yang mengalami cedera otak traumatis dapat meningkatkan waktu pemulihan, komunikasi, mengurangi rasa pusing, dan juga kelelahan. Bahkan, penelitian ini juga tidak menemukan efek samping dari penggunaan creatine.

Suplementasi creatine sesuai dosis serta diimbangi dengan latihan rutin dan pola makan sehat adalah cara terbaik agar mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat. (ctr)

[sc:JohnsonBoxCreatine62 ]

BACA JUGA: Jika Ingin Turunkan Berat Badan, Ini Alasan Kenapa Anda Membutuhkan Matcha

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes