Inilah Alasan Mengapa Anda Perlu Coenzyme Q10

Coenzyme Q10 (CoQ10) merupakan senyawa yang ditemukan secara alami di dalam energi. CoQ10 terlibat dalam membuat molekul penting yang dikenal sebagai adenosin trifosfat (ATP). ATP berfungsi sebagai sumber energi utama sel dan mengontrol sejumlah proses biologis, termasuk kontraksi otot dan produksi protein.

Inilah-Alasan-Mengapa-Anda-Perlu-Coenzyme-Q10

Secara alami, CoQ10 terdapat dalam setiap sel tubuh. Fungsinya sebagai pembawa pesan di suatu unit yang dinamakan mitokondria, yang merupakan gudang energi sel, dimana terjadi oksidasi makanan yang masuk dan menghasilkan energi dari pembakaran tersebut. Proses inilah yang biasanya disebut respirasi.

Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Suplemen CoQ10

Suplementasi CoQ10 memiliki berbagai manfaat penting bagi kesehatan Anda, di antaranya:

Cegah Penyakit jantung
Penelitian tentang CoQ10 menyebutkan bahwa mengkonsumsi CoQ10 dalam jumlah yang cukup berguna untuk mencegah dan bahkan mengobati penyakit jantung. CoQ10 bekerja dengan cara meningkatkan produksi energi dalam sel dan bertindak sebagai antioksidan yang kuat dalam tubuh. Studi terbaru juga menyebutkan bahwa mengkonsumsi suplemen CoQ10 selama 3 hari setelah terkena serangan jantung, dapat menurunkan risiko untuk terkena serang jantung berikutnya.

Cegah Tekanan Darah Tinggi
Coenzim Q10 juga memiliki manfaat yang besar bagi mereka yang mengalami tekanan darah tinggi. Kekurangan CoQ10 dalam tubuh menjadi salah satu faktor penyebab hilangnya elastisitas otot jantung, jika dibiarkan terlalu lama dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi. Penelitian menyebutkan bahwa pasien yang diberikan suplementasi CoQ10 secara teratur menunjukkan adanya peningkatan elastisitas otot jantung, sehingga efektif untuk mencegah tekanan darah tinggi dan menjaga kesehatan jantung.

Ringankan Kanker Payudara
Penelitian juga dilakukan pada wanita yang menderita kanker payudara. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan suplemen CoQ10 (diiringi dengan penggunaan antioksidan) dapat mengecilkan tumor dan mengurangi rasa sakit pada beberapa pasien kanker payudara. Antioksidan tambahan yang digunakan dalam studi ini termasuk vitamin C, E, dan selenium.

Cegah Pembengkakan Gusi
Penyakit gusi adalah masalah yang berhubungan dengan pembengkakan, pendarahan dan kemerahan pada gusi. Studi klinis menunjukkan bahwa orang dengan penyakit radang gusi cenderung memiliki tingkat CoQ10 yang rendah dalam tubuh mereka. Suplemen CoQ10 bekerja dengan cara membantu perbaikan jaringan sehingga penyembuhan bisa terjadi lebih cepat. CoQ10 dalam bentuk obat kumur sering digunakan untuk mengatasi kondisi ini. Studi lebih lanjut masih terus dilakukan untuk mengetahui manfaat CoQ10 ini bagi kesehatan rongga mulut.

Mengingat peran Co Q10 yang sangat besar bagi kesehatan Anda, tidak berlebihan jika Anda menjaga tubuh agar tidak kekurangan nutrisi penting ini. Konsultasikan dengan pakar kesehatan untuk mengetahui penggunaan dalam dosis yang tepat sebelum Anda menggunakan suplemen Co Q10. (dan)

BACA JUGA : Jika Anda Depresi, Rematik & Mudah Pikun, Mungkin Anda butuh Suplemen ini

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes