cara mengatasi mudah capek saat latihan

Inilah Cara Mengatasi Mudah Capek Saat Latihan

Sering merasa cepat lelah ketika berlatih? Berikut ini adalah cara mengatasi mudah capek saat latihan yang perlu Anda lakukan.

Apa yang akan Anda lakukan jika menginginkan bentuk tubuh yang ideal dengan cepat?

Tentu, jawaban paling sering ditemui adalah dengan berolahraga atau latihan. Baik itu latihan kardio maupun angkat beban.

Pada saat latihan, terutama angkat beban, performa latihan Anda akan maksimal apabila didukung dengan kekuatan otot yang mumpuni.

Kekuatan otot ini bisa ditentukan oleh seberapa cepat tubuh Anda dalam hal memproduksi asam laktat.

Semakin cepat asam laktat diproduksi tubuh, semakin singkat durasi latihan Anda karena kondisi otot sudah terlalu asam/pH (yang ditandai dengan menurunnya kekuatan otot).

Ketika tingkat pH Anda semakin turun ke bawah dari level optimal, praktis Anda akan segera kehilangan power dan tenaga ketika berlatih.

Inilah yang menyebabkan kenapa Anda sering merasa cepat lelah ketika baru berlatih.

Lalu bagaimana cara mengatasi mudah capek saat latihan?

Pilihan yang terbaik adalah dengan mengonsumsi suplemen atau nutrisi tambahan.

Salah satu suplemen yang berguna menjaga keseimbangan pH otot atau tingkat keasaman otot saat latihan adalah beta alanine.

Cara Mengatasi Mudah Capek Saat Latihan dengan Beta Alanine

cara mengatasi mudah capek saat latihan

Jika Anda mengikuti perkembangan tren suplemen, Anda tentu tahu bahwa salah satu suplemen yang cukup sering mendapat banyak perhatian adalah beta alanine.

Cukup banyak makanan yang kaya kandungan suplemen alami ini seperti ayam, daging sapi, dan ikan.

Beta alanine merupakan enzim yang dibutuhkan untuk sintesa karnosin.

Dengan kata lain jumlah karnosin yang dihasilkan tubuh tergantung dari jumlah beta alanine yang tersedia dalam tubuh Anda.

Tanpa cukup pasokan beta alanine, maka sintesa karnosin pun akan menjadi terbatas.

Beta alanine memberikan efek yang luar biasa segera setelah digabungkan bersama dengan beberapa asam amino lain seperti histidin, dan jika keduanya disatukan akan membentuk karnosin.

Lalu mengapa karnosin begitu penting?

Karnosin adalah antioksidan yang terdiri dari histidin dan beta alanine.

Karnosin bermanfaat sebagai mencegah tingkat keasaman otot yang terlalu tinggi, menunda kelelahan otot.

Sehingga memungkinkan Anda untuk berlatih lebih lama, dan juga memaksimalkan pemulihan di antara set latihan intensitas tinggi atau latihan interval.

Secara alami karnosin ditemukan di otak, jantung, ginjal, lambung dan otot rangka.

Intinya jika kebutuhan beta alanine tercukupi maka kadar karnosin dalam tubuh pun akan tetap terjaga dan Anda bisa mendapatkan manfaat sehatnya.

Jika Anda kebetulan merupakan seorang atlet olahraga ketahanan, binaragawan, angkat beban, atau Anda sedang dalam program untuk mendapatkan tubuh lebih besar dan berotot, beta alanine mungkin bisa menjadi salah satu suplemen asam amino pilihan yang bisa Anda konsumsi.

Biasanya, suplementasi beta alanine ini dikombinasikan dengan suplemen creatine untuk mengoptimalkan power dan stamina selama latihan sekaligus membuat otot terlihat ngepump.

Berikut ini manfaat suplementasi beta alanine bagi performa latihan dan kesehatan tubuh Anda:

Efektif Tunda Kelelahan Atlet Daya Tahan

cara mengatasi mudah capek saat latihan

Dalam sebuah studi yang dilakukan di Academy of Nutrition and Dietetics, para peneliti memberikan suplemen beta alanine kepada 13 atlet marathon selama 10 minggu dan 13 sisanya diberi plasebo.

Pada minggu keempat mulai terlihat perbedaan antara atlet yang diberi beta alanine dan plasebo. Para atlet yang mengonsumsi beta alanine diketahui berlari 1-2 putaran lebih lama ketimbang atlet yang hanya diberi plasebo.

Meningkatkan Level Karnosin dalam Tubuh

Seperti yang telah diuraikan di atas bahwa mencukupi kebutuhan beta alanine tubuh akan membantu meningkatkan level karnosin.

Karnosin sangat berguna untuk membantu mengurangi dan menjaga kestabilan asam laktat. Semakin lambat tubuh memproduksi asam laktat semakin lama durasi latihan yang Anda lakukan.

Sebuah studi di Amerika menemukan bahwa konsumsi 4-6 gr suplementasi beta alanin per hari dapat meningkatkan level karnosin tubuh sebesar 60 persen.

Baik untuk Wanita

cara mengatasi mudah capek saat latihan

Biasanya suplemen fitness banyak digunakan oleh pria sehingga wanita merasa enggan untuk menggunakannya. Tidak demikian dengan beta alanine.

Pada penelitian yang dilakukan di Amerika meminta 15 orang mengonsumsi beta alanin dan 15 orang lainnya diberi plasebo selama 28 hari.

Sebelum dan sesudah pemberian suplemen beta alanine, partisipan melakukan tes latihan menggunakan sepeda stasioner hingga mereka merasakan kelelahan.

Dr Jeff Stout dari University of Oklahoma selaku pimpinan penelitian menemukan, bahwa wanita yang mengasup suplemen beta alanine berlatih lebih lama sebelum mereka benar-benar kelelahan daripada wanita yang hanya diberi plasebo.

Cara Mengatasi Mudah Lelah Saat Latihan dengan Kombinasi Suplemen Terbaik

cara mengatasi mudah capek saat latihan

Tentu, asupan suplemen adalah cara bijak untuk membantu menjaga performa latihan Anda tetap maksimal, agar goal Anda segera tercapai.

Selain beta alanine, ada suplemen lain yang juga dapat mendukung latihan Anda jadi lebih lama, yaitu creatine.

Berbagai studi membuktikan bahwa dengan menggabungkan suplemen beta alanine dengan creatine dapat memberikan dampak yang signifikan bagi hasil latihan.

Studi yang ditulis oleh Hoffman,J et al. (2006) menemukan bahwa kelompok pria yang menggunakan kombinasi beta alanine dan creatin mengalami pertumbuhan otot lebih pesat dan lebih mampu mengurangi kadar lemak tubuh mereka ketimbang kelompok pria yang hanya mengonsumsi creatin saja.

Beta alanine yang dikombinasikan dengan creatine karena akan memperkuat stamina dan meningkatkan suplai ATP.

Selain itu, oksida nitrat (NO) ini juga digunakan karena carnosine merupakan prekursor yang berhasil membantuk oksida nitrat, yang merupakan kumpulan enzim pencernaan yang diperlukan untuk memproduksi oksida nitrat.

NO dapat digunakan sebagai suplemen pre-workout atau sebelum latihan yang kuat untuk melebarkan pembuluh darah dan membuat otot menjadi jauh lebih ngepump.

Nah, bagi Anda yang menginginkan hasil optimal, baik untuk pembentukan otot ataupun penurunan berat badan, suplementasi beta alanine sangat layak untuk dipertimbangkan.

Dan akan menjadi lebih sempurna apabila Anda mengombinasikannya dengan suplementasi creatine seperti Creatine Monohydrate dari Ultimate Nutrition yang benar-benar memiliki kualitas terbaik sebagai cara mengatasi mudah capek saat latihan.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes