Pola Makan

Inilah Pentingnya Konsumsi Suplemen Selama Puasa

Ketika berpuasa, tubuh tidak akan terasupi nutrisi makanan selama beberapa jam. Karena itu, asupan nutrisi tambahan melalui suplemen sangat penting untuk mendukung ibadah puasa Anda.

suplemen puasa

Asupan nutrisi selama berpuasa memang berbeda dengan ketika tidak berpuasa. Nutrisi dalam makanan yang masuk dalam tubuh selama berpuasa adalah saat makan sahur dan berbuka. Namun, sangat penting bagi kita untuk menjaga asupan nutrisi agar puasa tetap lancar.

Kebutuhan nutrisi untuk tubuh

Suplemen puasa

Tubuh memerlukan nutrisi sebagai penyedia energi serta untuk membangun jaringan tubuh baru. Anda dapat mengonsumsi berbagai makanan untuk memenuhi asupan nutrisi yang cukup dan seimbang. Namun ketika pada kondisi puasa, tubuh tidak akan terasupi makanan selama beberapa jam. Untuk itu, sangat penting untuk memenuhi nutrisi agar tubuh tetap berenergi dan bugar meski tengah berpuasa.

>> Nutrisi Penting untuk Pembentukan Tubuh Ideal yang Sering Terlupakan <<

Suplai nutrisi sangat penting bagi tubuh untuk perbaikan dan pertumbuhan jaringan tubuh. Jika nutrisi yang dikonsumsi kurang mencukupi, maka bisa dipenuhi melalui suplementasi. Namun, hindari konsumsi nutrisi yang berlebih karena tubuh hanya akan menyerapnya sebanyak yang dibutuhkan, sisanya akan terbuang.

Suplemen terbaik untuk mendukung puasa Anda

Namun, hindari konsumsi nutrisi yang berlebih karena tubuh hanya akan menyerapnya sebanyak yang dibutuhkan, sisanya akan terbuang.

Pengetahuan Anda tentang suplemen juga sangat menentukan apakah suplemen yang digunakan benar-benar sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Suplemen bukanlah obat, tapi adalah nutrisi tambahan selain dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. [Baca juga: Apakah Anda Membutuhkan Suplemen?]

Anda bisa saja memperoleh gizi lengkap dari makanan, namun seringkali kandungan nutrisi dalam makanan tidak seimbang dengan yang diperlukan tubuh kita. Terutama pada bulan puasa seperti sekarang. Berikut suplementasi terbaik untuk mendukung puasa Anda.

Protein

suplemen puasa

Protein merupakan salah satu nutrisi yang penting dipenuhi selama berpuasa, terutama protein yang berjenis time release (lepas berkala). Artinya, protein diserap oleh tubuh secara perlahan dan konstan sehingga akan sangat membantu puasa Anda. Makanan yang termasuk sumber protein antara lain daging sapi, ikan, telur, tempe dan tahu, serta kacang-kacangan.

Protein lepas berkala akan sangat membantu menjaga tubuh selalu dalam kondisi anabolik atau membentuk otot. Seperti Prostar 100% Whey Protein, suplemen protein berkualitas tinggi dari Ultimate Nutrition ini membantu membentuk, mempercepat proses pemulihan, serta mencegah penyusutan otot selama berpuasa.

Vitamin

suplemen puasa

Mengonsumsi beberapa vitamin akan sangat penting bagi tubuh saat berpuasa. Vitamin-vitamin penting seperti vitamin C untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda, vitamin E untuk antioksidan serta vitamin D untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan sumber vitamin antara lain sayur-sayuran, buah-buahan, jagung, atau minyak ikan.

Anda juga bisa menambahkannya melalui suplemen vitamin C seperti dari Ultimate Nutrition untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda selama berpuasa.

Suplemen baik vitamin maupun protein, waktu yang tepat untuk mengonsumsinya adalah sebelum tidur dan saat sahur. Dan untuk protein, akan sangat tepat dikonsumsi juga saat sebelum dan sesudah latihan. Mengonsumsi protein sebelum latihan bertujuan agar tubuh memiliki bahan bakar selama latihan, serta konsumsi setelah latihan untuk membantu masa pemulihan.

Apa yang terjadi jika kekurangan nutrisi?

suplemen puasa

Nutrisi sangatlah penting bagi tubuh kita. Jika kekurangan nutrisi, tubuh bisa terasa lemas karena kekurangan energi. Hal demikian bisa terjadi ketika berpuasa karena selama 10-14 jam, tubuh tidak terasupi nutrisi melalui makanan.

>> Buka Puasa Lebih Sehat dengan Buah-Buahan <<

Tidak hanya membuat tubuh lemas, kekurangan nutrisi juga bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Seperti insomnia, mudah stres, hilang konsentrasi, hingga munculnya beragam penyakit.

Selain menjaga asupan nutrisi, olahraga secara teratur dan istirahat yang cukup juga akan membantu meningkatkan kebugaran dan kesehatan Anda selama berpuasa. Happy fasting! (ctr)

BACA JUGA: Mudah Merasa ‘Ngantuk’ Setelah Berbuka Puasa?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes