makanan tinggi protein

Jangan Asal Minum Protein, Ketahui Dulu Aturannya

Mungkin Anda sudah tahu bahwa protein adalah nutrisi yang sangat penting dalam memperbaiki sel-sel otot terutama bagi fitnessmania.

minum-susu-protein

Kali ini kami akan memberikan tips penting seputar konsumsi protein agar Anda bisa mendapatkan manfaat terbaik dari sumber protein yang Anda konsumsi.

Ketahui Kapan Makan dan Minum Protein

Protein yang baik bisa didapatkan dari daging sapi, ayam, unggas, ikan dan lainnya. Pada dasarnya tubuh kita dapat memecah semua jenis protein dari makanan tersebut menjadi 9 jenis asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi tubuh.

Tetapi ada saatnya mengonsumsi makanan utuh bukan pilihan yang tepat, yakni pada waktu bangun pagi, sebelum olahraga, dan sebelum tidur.

Whey Protein Dulu

Whey adalah protein yang sangat penting bagi tubuh. Whey protein mudah dicerna dan bisa Anda dapatkan dengan mudah. Whey protein mengandung banyak asam amino yang dibutuhkan otot ketika Anda bangun dari tidur dan setelah laithan.
Berbagai penelitian membuktikan bahwa whey protein adalah pilihan yang tepat untuk meningkatkan perkembangan otot. Sifatnya yang mudah diserap tubuh ini menjadikan whey protein sebagai nutrisi yang lebih mudah didistribusikan ke seluruh tubuh.

Kasein Selanjutnya

Kasein dan whey sama-sama terbuat dari susu, tetapi yang membedakan adalah whey protein dicerna lebih cepat sedangkan kasein lebih lambat cerna.

Ketika kasein masuk ke dalam tubuh, ia akan menjadi gumpalan seperti gel sehingga enzim pencernaan butuh waktu lebih lama untuk mencernanya. Karena proses pencernaan yang lambat inilah, kasein dapat menyuplai tubuh Anda dengan protein secara berkala.

Pemecahan kasein yang membutuhkan waktu lama inilah yang mencegah hilangnya massa otot saat tidur atau puasa. Sehingga kasein dapat mencegah efek katabolik (penyusutan otot) yang dapat terjadi apabila tubuh kekurangan asupan protein.

Bahkan sebuah studi menyebutkan, seseorang yang mengonsumsi campuran whey dan kasein sebelum latihan dapat meningkatkan massa otot sebanyak 25 persen dalam waktu 10 minggu ketimbang mereka yang hanya mengonsumsi whey protein saja.

Jangan Lupakan Kedelai

Bagi Anda yang vegetarian dan tidak tahan dengan kandungan laktosa susu, Anda bisa mendapatkan sumber protein dari kedelai. Penelitian membuktikan bahwa protein kedelai dapat menambah massa otot layaknya whey protein.

Bahkan susu kedelai juga mengandung Nitric Oxide (NO). Peneliti mengatakan bahwa kandungan genistein dari phytoestrogen kedelai mampu menambah jumlah nitric oxide synthase (NOS) yang diproduksi pembuluh darah.

NOS menghasilkan arginine dan mengubahnya menjadi NO. Ditambah genistein yang membuat produksi NO pada tingkat tertinggi. Apa yang Anda dapatkan jika NO (nitric oxide) berada pada level tertinggi?

Mempercepat Recovery
Nitric Oxide membantu melancarkan jumlah aliran darah menuju jaringan tubuh dengan cara mendorong otot-halus untuk rileks, sehingga memungkinkan pengiriman oksigen lebih banyak untuk sampai kepada otot yang dilatih. Jika jumlah oksigen dan nutrisi yang menuju otot tercukupi maka, tubuh Anda akan pulih lebih cepat.

Mengurangi Kelelahan
Cepat lelah merupakan salah satu faktor yang dapat menghalangi usaha Anda untuk mendapatkan hasil latihan maksimal. Saat latihan tubuh akan cepat kehilangan oksigen. Ketika oksigen berkurang, maka asam laktat akan meningkat. Hasilnya, Anda pun akan cepat lelah dan tidak dapat melanjutkan latihan. NO bekerja dengan cara meningkatkan aliran oksigen ke seluruh jaringan otot. Jika oksigen meningkat maka asam laktat akan berkurang dan Anda dapat berlatih lebih lama.

Mencegah Overheating
Latihan yang intens dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan suhu tubuh meningkat dan terjadi overheating. Secara otomatis tubuh akan mendinginkan bagian yang panas tersebut dengan mengalirkan darah menuju daerah yang ‘panas’. NO membantu melancarkan proses distribusi darah menuju jaringan, sehingga Anda bisa berlatih lebih lama dan terhindar dari overheating.

Membuat Otot Lebih PUMP!
Siapa yang tak ingin melihat ototnya lebih pump setelah latihan? Semua orang pasti menginginkannya. Otot yang nge-pump merupakan hasil dari peningkatan aliran darah menuju otot yang dilatih. NO membantu meningkatkan aliran darah dan membuat otot Anda terlihat lebih jelas dari sebelumnya. Tentunya hal ini akan memotivasi Anda agar makin giat berlatih.

Ketahui Kebutuhan Protein Harian Anda

Para ahli nutrisi merekomendasikan bahwa kebutuhan protein harian rata-rata adalah 1-1,5 gram protein per berat badan. Namun angka ini bisa berubah tergantung tingkat aktivitas yang Anda lakukan. Jika Anda rajin berolahraga maka Anda harus menambah takarannya. Intinya, untuk mencukupi kebutuhan protein harian tubuh sesuaikan asupan protein dengan tingkat aktivitas Anda. (dan)

Whey Protein di Duniafitnes Store –> Prostar 100% Whey Protein

BACA JUGA : KOMBINASI SUPLEMEN YANG TEPAT UNTUK TURUNKAN BERAT BADAN

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes