Fungsi suplemen, jenis suplemen, macam suplemen, manfaat suplemen

Jangan Minum Sembarang Suplemen, Ketahui Dulu Fungsinya!

Suplemen bukanlah sebagai pengganti nutrisi yang tepat, melainkan suplemen dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan kebugaran Anda lebih cepat.

SUPLEMENT

Suplemen dapat melengkapi diet Anda untuk membantu menutupi asupan gizi yang kurang. Tak peduli tujuan latihan, penggunaan suplemen yang tepat dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kinerja fisik. Penggunaan suplemen tentu harus diimbangi dengan informasi-informasi yang tepat. Jangan sampai, Anda sembarangan mengonsumsi suplemen, namun masih belum mengetahui fungsi dan dampaknya bagi tubuh Anda. Nah, bagi Anda yang masih belum tahu jenis-jenis suplemen dan fungsinya untuk tubuh, berikut adalah penjelasannya.

Protein

Banyak literatur tentang gizi tidak menyebutkan jumlah protein pasti yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun beberapa ahli memperkirakan, tubuh manusia membutuhkan 10 hingga 15 persen dari asupan protein yang berasal dari makanan yang Anda makan. Namun, jika Anda adalah seorang atlet yang ingin memaksimalkan pembentukan massa otot yang ada pada tubuh Anda, maka dibutuhkan setidaknya 20 sampai 30 persen asupan protein.

Langkah yang paling nyata untuk memperoleh protein harian adalah melalui sumber makanan hewani yang memiliki protein paling lengkap. Protein akan lebih banyak didapatkan jika kita makan setiap 2-3 jam sekali. Namun, tidak semua orang memungkinkan untuk makan terlalu sering. Itulah sebabnya, suplemen sangat dibutuhkan untuk menutupi kekurangan asupan protein sehari-hari dalam tubuh, terutama setelah olahraga.

Whey protein bahkan lebih menguntungkan daripada kita hanya mengandalkan asupan protein pada makanan. Hal ini disebabkan, whey protein lebih mudah dan cepat dicerna dibandingkan dengan protein yang terkandung dalam makanan. Jika Anda membutuhkan suplemen protein, maka kami mempunyai rekomendasi bagi Anda. Iso Cool dari Ulimate Nutrition adalah shake yang mengandung protein isolate 100 persen murni dengan 0 gr gula dan 0 gr lemak yang berguna untuk membantu Anda membentuk otot bebas lemak. Kualitas proteinnya merupakan protein yang dapat dicerna dan diserap sangat cepat, sehingga dapat memaksimalkan proses pemulihan dan pertumbuhan otot.

Minyak Ikan

Minyak ikan merupakan kadar tinggi dari omega 3 asam lemak, terutama EPA dan DHA. Omega 3 dianggap asam lemak esensial yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan manusia, namun tidak dibentuk oleh tubuh. Omega 3 ditemukan paling banyak dalam minyak ikan, telur, dan daging sapi. Omega 3 asam lemak juga hadir dalam berbagai produk non-hewan, seperti kacang brazil, walnut, dan biji rami.

Karena kandungan EPA dan DHA yang kaya, suplemen minyak ikan adalah sumber omega 3 yang ideal. Minyak ikan adalah suplemen yang penting untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Seperti yang ada pada Omega 3 dari Ultimate Nutrition yang dapat membantu Anda mencegah penyakit jantung, menurunkan kolestrol, dan tekanan darah tinggi. Omega 3 dari Ultimate Nutrition juga berguna untuk menguatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan kesehatan Anda.

Asam Amino

Asam Amino (amino acid) merupakan komponen utama penyusun protein yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu asam amino esensial dan non esensial. Asam amino esensial tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga lebih sering didapatkan melalui makanan atau suplemen. Sedangkan asam amino non-esensial dapat diproduksi oleh tubuh. Manfaat asam amino di antaranya untuk meningkatkan massa otot, meningkatkan hormon pertumbuhan, mengurangi asam laktat, dan mencegah penyusutan otot. Sebaliknya, jika kita kekurangan asam amino, maka akan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan sel dan jaringan tubuh sehingga sistem tubuh tidak akan berjalan optimal.

Asam amino mempunyai banyak jenis. Namun dari asam amino esensial, glutamin merupakan yang paling banyak diproduksi di dalam tubuh. Meskipun glutamin dapat diproduksi di dalam tubuh, namun pasokan glutamin dari suplemen tetap diperlukan untuk menjaga konsistensi perkembangan otot tubuh, karena kadar glutamin tubuh akan cenderung menurun seiring intensitas latihan yang dilakukan. Terutama pada saat latihan beban.

Oleh karena itu, menjaga kadar asam amino glutamin dalam tubuh mutlak diperlukan untuk menjaga proses perkembangan otot lebih optimal.

Creatine

Creatine adalah jenis asam amino yang dihasilkan secara alami di pancreas, ginjal, dan hati. Hampir sebagian besar, creatine tersimpan di dalam jaringan otot. Itulah sebabnya, creatine terkenal sebagai sumber energI untuk otot dan dapat membantu pertumbuhan otot. Bukan hanya itu, creatine juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif atau daya ingat.

Creatine tidak hanya terdapat secara alami di dalam tubuh, namun juga dapat diperoleh dari mengkonsumsi protein hewani, seperti ikan dan daging sapi. Ada pula suplemen kesehatan yang mengandung creatine, seperti halnya Creatine Monohydrate dari Ultimate Nutrition yang berguna untuk meningkatkan ukuran sel otot dan member tambahan tenaga dan stamina.

Hingga saat ini, belum ada standar pasti untuk mengonsumsi creatine. Tetapi pada umumnya, orang dewasa di Amerika mengonsumsi 1 hingga 2 gram creatine setiap harinya. Para atlit yang baru mengonsumsi creatine biasa memulai dengan 10 hingga 30 gram creatine per hari, kemudian menjadi 2 hingga 5 gram jika telah teratur.

Suplemen memang berguna untuk membantu menutupi asupan gizi yang kurang. Namun, jika tujuan Anda ingin menambah massa otot, maka tidak bisa hanya mengandalkan suplemen saja. Anda masih harus melakukan latihan dan mengatur pola makan yang sehat. (gie)

BACA JUGA: Minuman Energi Sebabkan Insomnia Dan Rasa Gugup?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes