Kenapa Tablet L-Carnitine Saya Berubah Jadi Serbuk? Ini Jawabannya!

Pertanyaan itu pernah beberapa kali disampaikan dalam berbagai forum seputar fitnes dan suplemen. Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita pelajari lebih dulu karakter L-Carnitine dan seluk beluknya di artikel berikut ini.
l-carnitine-berubah-jadi-serbuk
L-Carnitine telah lama dikenal manfaatnya bagi kesehatan. Selain membantu mengurangi tumpukan lemak dalam tubuh, L-Carnitine juga menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, membantu meningkatkan performa atletik, meningkatkan fungsi otak, hingga membantu memperbaiki kualitas sperma.

Alasan Tubuh Sangat Membutuhkan L-Carnitine

L-Carnitine memiliki peran yang sangat penting dalam proses produksi energi di setiap sel dalam tubuh kita. L-Carnitine akan membawa lemak, dalam bentuk asam lemak, menuju membran dalam mitokondria di mana energi diproduksi. Tanpa L-Carnitine, pembakaran lemak pun tidak dapat berlangsung.

Meski L-Carnitine dapat dibiosintesis atau diproduksi dalam tubuh, tetapi seringkali kita membutuhkan tambahan asupan L-Carnitine dalam bentuk suplementasi. Beberapa kondisi yang membuat kita membutuhkan suplementasi L-Carnitine antara lain atlet, obesitas dan kelebihan berat badan, moncler jacket acorus 2 defisiensi vitamin dan mineral, gangguan kesuburan, hingga pasien yang hanya mendapat nutrisi parenteral (infus.red).

Seluk Beluk Suplemen L-Carnitine

Suplemen L-Carnitine yang beredar di pasaran tersedia dalam berbagai bentuk (struktur kimia), antara lain acetyl L-carnitine, L-carnitine tartrate, L-carnitine fumarate, dan yang paling umum kita temui adalah L-Carnitine base (free form/bentuk bebas) atau yang sering disebut dengan L-Carnitine.

Nah, L-Carnitine dalam bentuk bebas atau tanpa berikatan dengan zat lainnya secara alami memang memiliki sifat higroskopis yang sangat tinggi sehingga sangat mudah menyerap kelembaban. Ini menjadikan L-Carnitine base kurang stabil dan jika dibuat dalam sediaan atau bentuk tablet akan menjadi rapuh dan mudah hancur.

Tablet L-Carnitine Hancur, Apa yang Harus Dilakukan?

Jika Anda mengalami hal ini pada suplemen L-Carnitine tablet Anda, maka jangan khawatir, nfl jerseys all teams alibaba karena ini adalah hal yang wajar terjadi, terutama di daerah dengan kelembaban udara yang cukup tinggi. Oleh karena itu, pastikan untuk menyimpan tablet L-Carnitine Anda di tempat dan sejuk dan kering, serta hindarkan dari udara yang lembab untuk menjaga agar suplemen Anda tidak mengalami perubahan bentuk.

Memang ketika kita mengonsumsi L-Carnitine, tubuh kita tidak menyerap seluruhnya. Ini bergantung pada daya serapnya. Bioavailability (BA) atau daya serap dari L-Carnitine merujuk pada berapa banyak zat L-Carnitine yang benar-benar mampu dikirimkan ke berbagai jaringan tubuh. Akan tetapi, ternyata daya serap L-Carnitine akan menurun seiring dengan semakin tingginya dosis L-Carnitine yang kita konsumsi.

Menurut Stephen T. Sinatra dalam bukunya yang berjudul “The Sinatra Solution: Metabolic Cardiology, BA,” dari 2 gram L-Carnitine yang dikonsumsi sekaligus adalah antara 9-25%, sedangkan pada dosis 4-6 gram L-Carnitine memiliki BA sebesar 4-10%. Ini artinya penyerapan L-Carnitine ternyata lebih rendah jika dikonsumsi dalam dosis besar. Itulah sebabnya disarankan untuk mengonsumsi L-Carnitine dalam dosis kecil (500-1000 mg) sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil optimal.

Meskipun L-Carnitine dalam bentuk L-Carnitine Tartrate dan L-Carnitine Fumarate sering menjadi pilihan untuk dijadikan suplemen dalam bentuk tablet, moncler armoise albizia 2 dengan tujuan untuk menghindari perubahan bentuk seperti yang terjadi pada L-Carnitine base, namun demikian kedua bentuk suplemen L-Carnitine ini juga memiliki kekurangan.

L-Carnitine Fumarate hanya memiliki kandungan L-Carnitine sebanyak 58% dan 42% lainnya berupa asam fumarat. Sedangkan L-Carnitine Tartrate memiliki kandungan L-Carnitine sebanyak 67% dan 33% berupa asam tartrat. Oleh karena itu, untuk mendapatkan asupan L-Carnitine secara maksimal ke dalam tubuh kita, L-Carnitine murni dalam bentuk bebas (L-Carnitine base) tetap menjadi pilihan terbaik.

Semoga memberi pencerahan. (dee)

L-CARNITINE di Duniafitnes Store –> L-CARNITINE

BACA JUGA : MENGUBAH TUBUH MENJADI MESIN PEMBAKAR LEMAK

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes