Vitamin B Komplex

Manfaat Lengkap dari Vitamin B Komplex

Yang dimaksud dengan vitamin B kompleks adalah vitamin B delapan – B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B12 – yang memainkan peran penting dalam menjaga tubuh kita untuk tetap berjalan seperti mesin yang diminyaki. Nutrisi penting ini membantu mengubah makanan menjadi bahan bakar dalam tubuh, dan memungkinkan kita untuk tetap bersemangat sepanjang hari.

jEBDELA b COMPLEX

Meskipun banyak vitamin ini yang bekerja bersama-sama, akan tetapi masing-masing memiliki manfaat yang spesifik – dari mempromosikan kesehatan kulit dan rambut untuk mencegah kehilangan memori atau migrain. Baca terus untuk mencari tahu mengapa setiap vitamin B sangat penting, dan pastikan Anda makan makanan yang tepat untuk mendapatkan banyak manfaat dari mereka di dalam diet Anda.

Berikut ini beberapa macam vitamin yang termasuk ke dalam vitamin B kompleks:

B1 (Tiamin)

B1 membantu tubuh yang sehat membuat sel baru. Vitamin ini sering disebut vitamin anti-stres karena kemampuannya untuk melindungi sistem kekebalan tubuh. Ketika karbohidrat mulai dicerna oleh tubuh, vitamin ini sangat diperlukan untuk membantu memecah karbohidrat sederhana tersebut. Anda bisa menemukan vitamin ini dari padi-padian, kacang-kacangan, bayam, dan gandum.

B2 (Riboflavin)

Vitamin B ini bekerja sebagai antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas (partikel dalam tubuh yang merusak sel) dan dapat mencegah penuaan dini serta perkembangan penyakit jantung. Riboflavin juga penting untuk produksi sel darah merah yang diperlukan untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Beberapa studi menunjukkan B2 juga dapat membantu mencegah migrain. Dan berhati-hatilah, meskipun sinar matahari baik untuk tubuh, sinar ultraviolet dari matahari dapat mengurangi kandungan riboflavin dalam sumber makanan. Susu, misalnya. Kebanyakan susu dikemas dalam kemasan yang tidak transparan untuk menjaga kandungan di dalamnya. Anda bisa menemukan vitamin ini dari kacang almond, nasi, susu, yoghurt, telur, kubis, bayam, dan kedelai.

B3 (Niacin)

Salah satu kegunaan utama niacin adalah untuk meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik). Karena semakin tinggi HDL seseorang, kolesterol jahat akan semakin sedikit dalam darah Anda. Kekurangan vitamin B3 sangat langka terjadi di negara-negara maju. Niacin, dapat mudah dicerna dan bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Meminum alkohol bisa menurunkan kadar niacin dalam darah Anda. Anda bisa menemukan vitamin ini dari daging merah, susu, telur, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Anda juga bisa mendapatkan vitamin ini pada susu gainer untuk menambah massa otot dan berat badan terbaik dan terlengkap dari Ultimate Nutrition, IsoMass Xtreme Gainer.

B5 (Asam Pantotenat)

Pantothenic berasal dari kata pantothen Yunani, yang berarti “dari mana-mana.” Selain untuk menghancurkan dan mengubah lemak dan karbohidrat menjadi energi, vitamin ini bertanggung jawab untuk memproduksi hormon seks dan stres yang berkaitan dengan testosteron. Studi menunjukkan B5 juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dengan kemampuannya untuk mengurangi tanda-tanda penuaan kulit seperti kemerahan dan bintik-bintik di kulit. Anda bisa menemukan vitamin ini dari alpukat, yoghurt, telur, daging dan kacang-kacangan.

B6 (Pyridoxine)

Jika vitamin ini bekerja seiringan dengan vitamin B12 dan B9, B6 dapat membantu mengatur kadar asam amino homocysteine (berhubungan dengan penyakit jantung). Pyridoxine adalah pemain utama dalam suasana hati dan pola tidur karena vitamin ini membantu tubuh untuk memproduksi serotonin, melatonin, dan satu hormon stress, norepinefrin. Beberapa studi menunjukkan vitamin B6 dapat mengurangi peradangan bagi orang-orang dengan kondisi seperti arthritis rheumatioid. Anda bisa menemukan vitamin ini dari ayam, kalkun, tuna, salmon, kacang, biji bunga matahari, keju, beras merah, dan wortel.

B7 (Biotin)

Vitamin ini sangat erat hubungannya dengan kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Vitamin B ini juga dikenal dengan “vitamin kecantikan.” B7 juga dapat membantu penderita diabetes mengontrol kadar glukosa darah yang tinggi. Vitamin B ini sangat penting dikonsumsi selama kehamilan karena B7 sangat penting untuk pertumbuhan normal bayi. Anda bisa menemukan vitamin ini pada ayam, ikan, kentang, kembang kol, kuning telur dan kacang-kacangan.

B9 (Folat)

Anda mungkin pernah mendengar nama lain untuk B9 yaitu, asam folat. Asam folat yang merupakan bentuk sintetis yang digunakan dalam suplemen dan makanan seperti sereal dan roti. Studi menunjukkan folat dapat membantu mencegah depresi dan mencegah menurunnya daya ingat Anda. Vitamin ini juga sangat penting bagi perempuan yang hamil karena mendukung pertumbuhan bayi dan mencegah cacat lahir secara neurologis. Anda bisa menemukan vitamin ini dari sayuran berwarna hijau gelap, asparagus, bit, salmon, susu, gandum, dan kacang-kacangan

B12 (Cobalamin)

Cobalamin bekerja dengan vitamin B9 untuk memproduksi sel-sel darah merah dan membantu zat besi melakukan tugasnya seperti membuat oksigen yang dibawa protein, hemoglobin. Karena vitamin B12 hanya ditemukan di produk hewani, studi menunjukkan kekurangan B12 pada non pemakan daging. Dan jika Anda seorang vegetarian, maka Anda bisa melengkapi diet Anda dengan suplemen yang mengandung vitamin B12. Anda bisa menemukan vitamin ini pada ikan, kerang, susu, telur, daging sapi.

Mengingat banyaknya manfaat vitamin B kompleks ini, maka tidak salah jika Anda harus memnuhi asupan vitamin ini setiap hari. Untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari Anda akan vitamin B kompleks, Anda bisa mendapatkannya dari suplemen multivitamin dan multimineral yang diformulasikan khusus untuk membantu memulihkan kebugaran tubuh serta berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Semoga bermanfaat. (mee)

BACA JUGA: Variasi Latihan Inti Untuk Memperbaiki Postur Tubuh

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes