manfaat lysine bagi otot tubuh

Manfaat Lysine: Besarkan Otot hingga Cegah Herpes

Lisin atau disebut juga lysine merupakan asam amino esensial penyusun protein yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga tubuh harus mendapatkannya dari luar.

manfaat lysine bagi otot tubuh

Asam amino satu ini digunakan untuk membuat protein yang kita perlukan untuk menghasilkan enzim-enzim, hormon, serta jaringan-jaringan tubuh dan antibodi yang berfungsi melawan infeksi.

Lysine juga penting untuk pertumbuhan tubuh optimal dan berperan penting dalam produksi carnitine, nutrisi yang berfungsi mengubah asam lemak menjadi energi sekaligus membantu menurunkan kolesterol.

Selain itu, lysine juga membantu penyerapan kalsium dalam tubuh, membantu pembentukan kolagen yang diperlukan oleh kulit dan tulang, terutama pada bagian tulang tendon dan tulang rawan.

Kekurangan lysine dapat mengakibatkan kelelahan, pusing, hilangnya napsu makan, anemia hingga gangguan reproduksi. Bagi para vegan (penganut diet vegetarian) kacang-kacangan adalah sumber terbaik lysine.

Cegah Herpes dengan Lysine

Seperti kita ketahui bahwa asam amino merupakan nutrisi penting untuk memaksimalkan pertumbuhan otot tubuh. Namun ada kelebihan lain dari asam amino yang satu ini (lysine) yaitu dapat mencegah penyakit herpes.

Beberapa studi menemukan bahwa mengonsumsi suplemen lysine dala dosis yang dianjurkan dapat mencegah seseorang terkena penyakit flu hingga herpes. monster beats apple accessories Lysine mempunyai efek anti-viral dengan cara menghadang penyebaran Herpes Simplex Virus (HSV).

Cegah Osteoporosis

Selain membantu menghasilkan enzim dan hormon, lysine juga memainkan peran penting yang tak kalah hebatnya bagi pembentukan tubuh, yaitu membantu pembentukan kolagen. Kolagen merupakan komponen yang penting dalam membangun tulang rawan dan tendon yang kuat. Jika digabungkan dengan asam amino lain yaitu L-arginine, maka kemampuan memproduksi kolagen menjadi dua kali lebih besar.

Selain itu, lysine juga berperan membantu tubuh menyerap kalsium lebih baik, sehingga kalsium dapat digunakan tubuh lebih optimal agar terbebas dari risiko osteoporosis.

Otot Makin Besar & Pulih Lebih Cepat

Beberapa tahun lalu para bodybuilder dunia menggunakan suplementasi L-lysine untuk membantu meningkatkan massa otot mereka. Namun, penelitian pada 2011 lalu menunjukkan bahwa pengaruh lysine dalam membangun massa otot tidak sebesar peran lysine dalam memulihkan otot, terutama setelah seseorang melakukan latihan intens. Jadi, suplementasi L-Lysine merupakan cara efektif untuk mempercepat pemulihan otot.

Anti Aging

Sifat lysine yang berperan dalam pembentukan kolagen juga menjadi nilai lebih untuk mencegah penuaan dini. Kolagen menjadi komponen pembangun utama pada dermis, monster beats apple accessories 2 salah satu lapisan terendah pada kulit. Protein ini penting untuk menjaga kulit tetap kencang, lentur dan bebas kerut.

Sumber Lysine dari Makanan

Anda bisa mendapatkan lysine dengan menambah konsumsi daging merah, telur, keju, gandum, ragi yang digunakan untuk membuat bir, dan ikan. Akan tetapi, selain konsumsi lysine, Anda juga harus memperhatikan perbandingan antara lysine dengan asam amino lain dalam tubuh yang dikenal dengan nama arginine.

Kedua asam amino ini saling bersaing untuk diserap dalam usus halus. Jadi, semakin sedikit arginine dalam kandungan diet Anda, maka semakin banyak lysine yang akan diserap. Untuk membatasi jumlah arginine, ada baiknya mengurangi konsumsi makanan yang kaya akan asam amino ini seperti cokelat, monster beats audio adidas kacang-kacangan, dan almond.

Selain melalui makanan sehari-hari, lysine juga bisa Anda dapatkan melalui suplementasi untuk mencukupi kebutuhan lysine harian Anda. Bagi orang yang menderita penyakit kardiovaskuler dan yang berhubungan dengan kadar kolesterol dan atau trigliserida yang tinggi sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter atau ahli kesehatan lainnya sebelum menggunakan suplemen lysine. (dan)

BACA JUGA : 7 Makanan Penurun Berat Badan di Sekitar Kita

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes