membentuk tubuh ideal tanpa ke gym

Bentuk Tubuh Ideal Tanpa ke Gym? Ini Suplemen Terbaik untuk Membantu Anda

Apakah Anda ingin punya tubuh ideal sesuai dengan impian, bahkan tanpa harus pergi ke gym? Bisa, dengan cara latihan di rumah. Dan yang tak kalah penting untuk dilakukan jika ingin membentuk tubuh ideal tanpa ke gym adalah suplementasi.

Ya, semua pasti sudah tahu bahwa latihan atau fitnes di gym adalah cara terbaik untuk Anda yang ingin membentuk tubuh ideal.

Tapi apakah harus selalu ke gym?

Adakah cara membentuk tubuh ideal tanpa ke gym?

Tentu ada. Yakni dengan rutin berlatih di rumah dengan bodyweight training atau menggunakan alat yang sederhana seperti dumbbell, resistance band, dan lain-lain.

Apakah sudah cukup hanya itu?

Ada beberapa hal yang harus dilakukan selain latihan bila ingin membentuk tubuh ideal tanpa ke gym, yaitu mengatur pola makan (diet), istirahat yang cukup, dan suplementasi.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas suplemen untuk mendukung latihan dan diet Anda dalam tujuan untuk membentuk tubuh ideal sesuai dengan yang diinginkan.

Suplemen Pre-Workout untuk Membentuk Tubuh Ideal Tanpa ke Gym

Mengonsumsi suplemen saat pre-workout adalah cara yang baik untuk meningkatkan fokus dan intensitas melawan kelelahan otot.

Lebih dari kategori suplemen lainnya, suplemen pre-workout akan memberikan perbedaan yang bisa Anda rasakan dalam kinerja latihan bodyweight Anda.

Lalu suplemen apa yang tepat? Jawabnya adalah kafein.

Kafein merupakan senyawa dasar pada sebagian besar suplemen pre-workout.

Selain itu kafein juga memiliki berbagai manfaat termasuk meningkatkan efesiensi neuromuskuler dan meredam nyeri lebih banyak.

Efektivitas kafein telah terbukti pada banyak studi klinis, akan tetapi tidak semua orang mendapatkan nilai asupan yang sama.

Gunakan produk suplementasi nutrisi yang jumlah kafeinnya tertera pada label produk, sehingga Anda dapat mendapatkan dosis yang tepat untuk tubuh Anda.

Kapan Harus Konsumsi Kafein

Kafein membutuhkan waktu sekitar 45-60 menit untuk mencapai puncaknya pada darah Anda, jadi jangan menunggu sampai Anda memulai latihan.

Sebaiknya, konsumsilah kafein satu jam sebelum Anda memulai latihan.

Selain itu, sangat penting juga diperhatikan kandungan-kandungan lain yang terdapat pada produk tersebut agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi tubuh Anda.

Suplemen Post-Workout untuk Percepat Pemulihan

Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa mengambil protein setelah latihan dapat meningkatkan sintesis protein dalam tubuh sehabis latihan.

Whey protein adalah pilihan yang tepat, karena whey protein lebih mudah dan lebih cepat dicerna oleh tubuh.

Carilah suplemen whey yang lebih banyak mengandung protein, whey protein isolate adalah salah satunya karena lebih banyak mengandung protein murni.

Berapa Banyak dan Kapan Konsumsi Whey Protein?

Sekitar 25-30 gram setelah Anda melakukan latihan, whey protein sangat ideal dikonsumsi pada post-workout karena mengandung leusin yang relatif tinggi.

Leusin adalah salah satu amino kunci untuk memproses sintesis protein dalam tubuh.

Whey protein juga sangat cepat diserap dan dicerna oleh tubuh, sehingga memberikan Anda lonjakan besar dan waktu yang tepat dalam kadar asam amino darah Anda.

Pada siang hari gunakan whey protein sebagai tambahan nutrisi protein pada makan siang Anda, agar asupan protein dalam tubuh Anda meningkat, juga bisa menjadi makanan pengganti protein Anda.

Sejumlah hasil penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi asam amino esensial antara waktu makan, diketahui dapat meningkatkan peluang Anda untuk merangsang proses sintetis protein dalam tubuh, namun juga tidak akan meredam sintetis protein dari nutrisi makanan Anda, justru malah melipat gandakan.

Dalam hal ini Anda membutuhkan setidaknya 2,5-3 gram leusin per porsi pada suplemen asam amino, penelitian menyebutkan bahwa takaran tersebut adalah batas untuk memaksimalkan proses sintetis protein dalam tubuh.

BCAA merupakan asam amino yang paling tepat untuk masalah ini karena telah terbukti memiliki sifat anti-kelelahan dan dapat membantu pembersihan sisa-sisa metabolisme selama latihan.

Ambil dosis yang tepat suplemen BCAA antara waktu makan Anda untuk menjaga sintetis protein Anda sepanjang hari. Untuk lebih mengoptimalkan pertumbuhan otot dalam latihan yang Anda lakukan, menambahkan dosis suplemen BCAA pada pre-workout juga lebih baik karena dapat membantu meredam efek kanabolik dari latihan intesif Anda.

Selain itu juga dapat memberikan cukup waktu pada kadar asam amino dalam darah untuk kembali normal sebelum menerima asam amino dari whey protein setelah Anda latihan.

Sudah siap untuk membentuk tubuh ideal tanpa ke gym? Jangan lupa siapkan suplemen terbaik di atas untuk optimalkan hasil latihan Anda.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes