tetap bugar selama mudik

Rahasia Tubuh Biar Tetap Bugar Selama Mudik

Ada yang sudah bersiap mudik dalam perayaan lebaran tahun ini? Bagaimana cara menjaga tubuh agar tetap bugar selama mudik? Baca artikel ini dan temukan rahasianya.

Setelah menjalankan ibadah puasa, apa yang menjadi ciri khas pada saat perayaan lebaran?

Yakni mengikuti arus mudik dan arus balik.

Ini adalah salah satu tradisi sebagian besar masyarakat Indonesia dalam menyambut perayaan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

Pada saat menyambut lebaran, banyak orang berbondong-bondong pergi ke kampung halaman untuk merayakan lebaran bersama sanak saudara dan juga teman-teman tercinta.

Pasalnya, tidak sedikit orang yang rela jauh dari keluarga untuk mencari nafkah maupun hal lain.

Dan libur lebaran adalah momen yang ditunggu-tunggu banyak orang untuk kembali ke kampung halaman dengan melakoni arus mudik.

Ketika mudik, sebagian besar menggunakan moda transportasi umum seperti bus, kereta api, atau pesawat terbang.

Namun, tidak jarang juga yang menggunakan transportasi pribadi seperti kendaraan roda empat maupun roda dua.

Tak tanggung-tanggung, ratusan bahkan ribuan kilometer mereka lakoni hanya demi pulang ke kampung halaman untuk bertemu saudara saat lebaran.

Karena perjalanan yang cukup jauh, bukan hanya kendaraan maupun materi yang perlu dipersiapkan, melainkan juga kondisi tubuh yang tetap bugar pada saat sebelum maupun setelah lebaran.

Pastikan Kondisi Tubuh Tetap Bugar Selama Mudik

tetap bugar selama mudik

Kondisi tubuh yang bugar dan fit akan membuat perjalanan mudik terasa lancar dan menyenangkan.

Namun sebaliknya, bila kondisi tubuh Anda menurun dan tetap nekad untuk mudik, bukan tidak mungkin perjalanan Anda akan terhambat.

Bisa berakibat tubuh lemas, sakit, atau bahkan terlibat kecelakaan selama dalam perjalanan. Na’udzubillahi mindzalik.

Lalu bagaimana cara menjaga tubuh agar tetap bugar selama mudik maupun libur lebaran ini?

Yang pasti adalah dengan selalu menjaga pola makan (diet). Pastikan tubuh Anda terasupi nutrisi sesuai kebutuhan harian tubuh Anda. Protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin.

Konsumsi makanan-makanan yang sehat dan teratur adalah cara paling mudah untuk menjaga tubuh tetap bugar.

Kalaupun Anda masih berpuasa selama perjalanan, pastikan untuk menjaga pola makan pada saat sahur maupun berbuka. Agar ketika dalam perjalanan nanti, tubuh Anda tetap bugar meskipun melakoni perjalanan mudik yang cukup jauh.

Selanjutnya adalah dengan tetap berolahraga ringan.

Olahraga adalah cara ampuh untuk meningkatkan kondisi tubuh agar tetap bugar dan prima.

Tidak harus olahraga yang berat. Bisa dengan olahraga yang ringan seperti jogging, push up, atau bodyweight lainnya yang bisa Anda lakukan dimanapun Anda berada.

Tak ketinggalan adalah istirahat yang cukup.

Jangan sampai ketika Anda sudah berencana berangkat mudik esok hari, namun malam harinya Anda begadang hingga larut malam.

Ini akan membuat tubuh Anda cepat lelah dan mengantuk pada saat mudik esok hari. Dan ini BAHAYA bila dilakukan.

Bila Anda merasa lelah dalam perjalanan, jangan ragu untuk beristirahat sejenak demi menjaga keselamatan Anda maupun orang lain selama perjalanan.

Dan yang disarankan adalah konsumsi suplemen untuk menjaga tubuh agar tetap bugar selama mudik.

Suplemen adalah nutrisi tambahan yang tidak atau kurang Anda dapatkan dari makanan sehari-hari.

Bukan hanya pada saat fitnes, suplemen juga dapat membantu melancarkan perjalanan mudik Anda. Tidak percaya?

Baca artikel ini sampai habis maka pikiran Anda akan terbuka betapa pentingnya suplemen untuk menjaga tubuh agar tetap bugar.

Vitamin C, Bangkitkan Kondisi Tubuh Anda

tetap bugar selama mudik

Selain beberapa hal pokok di atas, yang tak kalah penting adalah tambahan nutrisi dari suplemen.

Ya, vitamin C adalah salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda, tak terkecuali ketika mudik.

Pada saat mudik, tubuh Anda akan mudah lelah karena terlalu lama di jalan. Konsentrasi yang tinggi selama perjalanan, belum lagi ditambah perang melawan kondisi jalan dan cuaca, dapat membuat kondisi tubuh Anda menurun.

Disinilah peran suplemen vitamin C. Suplemen ini akan membantu menjaga tubuh Anda tetap prima selama perjalanan.
Suplemen multivitamin dan multimineral yang diformulasikan khusus untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan menjaga agar tubuh tetap berfungsi optimal seperti vitamin C, akan memperlancar perjalanan mudik Anda.

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang cukup populer di telinga banyak orang. Salah satu perannya yang ampuh adalah untuk membantu meningkatkan daya tahan dan daya pulih tubuh.

Vitamin ini juga berperan dalam sintesis neurotransmiter, yang mana ini dapat mempengaruhi suasana hati (mood).
Selain itu, vitamin ini juga berfungsi sebagai sintesis carnitine, sebuah molekul yang penting untuk transportasi lemak untuk dikonversi menjadi energi.

Sehingga vitamin C juga dapat membantu menjaga stamina tubuh Anda selama melakukan perjalanan mudik maupun arus balik.

Selain itu, apa saja manfaat vitamin C?

#1. Mempercepat Pemulihan

Vitamin C dibutuhkan oleh semua orang, baik orang yang ingin fit dalam melakukan rutinitas sehari-hari, maupun seorang atlet professional. Vitamin C membantu menjaga kekebalan tubuh dan membantu olahragawan dalam proses pemulihan tubuhnya setelah melakukan latihan yang berat.

#2. Membantu Pertumbuhan

Vitamin C diperlukan tubuh untuk pertumbuhan dan memperbaiki jaringan seluruh bagian tubuh. Vitamin C digunakan untuk membentuk collagen, protein untuk pembentukan kulit,tendon, ligamen dan pembuluh darah. Selain itu juga digunakan untuk proses penyembuhan luka, dan maintenance tulang dan gigi.

#3. Mencegah Penuaan

Vitamin C juga merupakan antioksidan yang sangat efektif untuk melawan radikal bebas. Bahkan dalam jumlah kecil, vitamin C dapat melindungi molekul penting, seperti protein, lipid (lemak), karbohidrat, dan asam nukleat (DNA dan RNA) dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas, racun, ataupun polusi. Radikal bebas adalah salah satu faktor penyebab penuaan dini.

#4. Memperbaiki Mood

Vitamin C membantu memperbaiki mood dengan cara mengurangi stres. Saat stres, tubuh akan memproduksi radikal bebas dalam jumlah besar dibandingkan biasanya. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat yang mampu menangkal radikal bebas dengan efektif.

Selain membantu Anda mengurangi stres, vitamin C dalam tubuh yang cukup juga membantu mengembalikan tekanan darah dan kortisol (hormon stres) ke tingkat normal.

#5. Mengendalikan Kadar Kolesterol

Fungsi Vitamin C selanjutnya adalah, membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu, yang mungkin memiliki implikasi untuk tingkat kolesterol darah dan timbulnya batu empedu.

#6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Vitamin C telah terbukti menjadi faktor penting terjadinya biosintesis molekul kecil seperti protein yang disebut carnitine. Carnitine berperan mengarahkan molekul lemak ke sel-sel jaringan di mana pembakaran lemak terjadi.

Kurangnya molekul lemak selama proses metabolisme dapat menyebabkan penurunan energi dan kelelahan. Oleh karena itu, jika kadar carnitine dalam tubuh menurun maka akan terjadi penimbunan lemak.

Setelah mengetahui semua manfaat vitamin C bagi tubuh, kini saatnya Anda memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda.

Apapun tujuan Anda, baik menambah stamina, menjaga kondisi tubuh, ataupun untuk vitalitas, vitamin C adalah salah satu vitamin yang akan membantu Anda meraih kebugaran pada saat Anda mudik.

loading…


Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes