manfaat minum kopi

Sudah Tahu Manfaat Minum Kopi Buat Latihan Anda?

Konsumsi kopi sebelum latihan akan bantu buat performa latihan Anda lebih optimal. Selain itu, apa saja manfaat minum kopi saat latihan?

Kopi bukanlah sesuatu yang awam lagi buat Anda fitnes mania. Ya, kopi sering dijadikan teman ‘spesial’ bagi Anda yang gemar berolahraga karena diyakini dapat meningkatkan tenaga saat latihan.

Memang, beberapa studi telah membuktikan bahwa kafein dalam kopi bisa membuat performa Anda lebih maksimal saat latihan dan itu merupakan salah satu manfaat minum kopi yang bisa Anda dapat.

Lalu apa saja manfaat minum kopi untuk mendukung latihan?

1. Manfaat Minum Kopi, Meledakkan Energi Saat Latihan

manfaat minum kopi

Kafein yang terkandung dalam kopi, akan sangat membantu tubuh Anda lebih berenergi selama latihan.

Dengan demikian, Anda bisa melakukan lebih banyak repetisi, set, dan juga meningkatkan beban angkatan pada latihan Anda.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research tahun 2012 lalu, menemukan bahwa 180 miligram kafein yang dikonsumsi 60 menit sebelum latihan beban dapat membantu meningkatkan repetisi latihan. Seperti pada latihan bench press, deadlift, back squat, dan row. Yang mana, latihan tersebut adalah latihan compound atau latihan yang melibatkan banyak kelompok otot.

Untuk mendapatkan manfaat minum kopi yang maksimal, sebaiknya konsumsinya hanya ketika akan latihan. Apabila Anda terbiasa minum kopi, maka semakin kecil Anda akan merasakan efek dari kafein. Untuk itu, konsumsilah kopi atau kafein ketika akan latihan atau berencana untuk melakukan aktivitas yang cukup berat.

>> Kopi: moncler shirts shoes 2 html” target=”_blank”>Tingkatkan Performa Latihan Hingga Turunkan Berat Badan <<

2. Manfaat Minum Kopi, Membuat Anda Lebih Fokus

manfaat minum kopi

Kafein dalam kopi dikenal sebagai stimulan yang dapat membantu mengurangi neurotransmiter seperti dopamin dan serotonin yang dapat membuat Anda merasa cepat lelah dan mengantuk.

Selain membantu Anda untuk tetap terjaga serta mendukung aktivitas rutin Anda, manfaat minum kopi lain adalah dapat membuat Anda tetap fokus selama latihan.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning menemukan bahwa konsumsi kafein sebelum latihan intens, bisa bantu mempertahankan intensitas latihan dan meningkatkan konsentrasi Anda.

Dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition, disebutkan bahwa asupan kafein dapat membantu meningkatkan reaksi atlet olahraga yang membutuhkan reaksi cepat. Seperti atlet sepakbola, baseball, atau bola basket.

3. Manfaat Minum Kopi, Kurangi Nyeri Otot Pasca Latihan

manfaat minum kopi

Biasanya, setelah latihan tubuh Anda akan terasa nyeri. Hal ini wajar dan biasa disebut dengan DOMS (delayed onset muscle soreness).

Studi yang dilakukan pada tahun 2013 mengatakan bahwa fitnes mania yang mengonsumsi kafein sebelum latihan, rasa nyeri setelah latihan dirasakan lebih ringan daripada mereka yang tidak mengonsumsi kafein.

Hal ini dikarenakan kafein dapat mengurangi aktivitas adenosine, zat dalam tubuh yang berhubungan dengan peningkatan rasa lelah saat latihan atau cedera.

Jika DOMS semakin rendah yang dirasakan, pastinya akan meningkatkan performa latihan Anda. Hal ini juga dapat membantu pertumbuhan otot Anda lebih besar.

Baca Juga: 6 Langkah Tepat untuk Meredakan Nyeri Otot Pasca Latihan

4. Manfaat Minum Kopi, Menambah Cadangan Energi Lebih Besar

manfaat minum kopi

Sudah banyak yang mengetahui bahwa manfaat minum kopi atau kafein sebelum latihan dapat meningkatkan performa. ugg outlet australia auckland Namun tidak hanya itu, manfaat minum kopi atau kafein juga bisa memberikan efek yang luar biasa setelah latihan. Yaitu mengisi ulang energi Anda lebih cepat setelah latihan.

Dipublikasikan dalam Journal of Applied Physiology, konsumsi kafein dan juga karbohidrat setelah latihan dapat meningkatkan sintesis glikogen. Ini artinya, bahan bakar Anda akan cepat terpenuhi untuk sesi latihan berikutnya.

Konsumsi kopi rendah kalori dan lemak seperti JavaPrime Coffee, yang mengandung kafein untuk bantu tingkatkan metabolisme tubuh dan ledakkan energi Anda. Spesialnya, kopi ini juga mengandung L-Carnitine yang sangat dukung pembakaran lemak tubuh Anda.

5. Manfaat Minum Kopi, Mendukung Pembakaran Lemak

manfaat minum kopi

Banyak penelitian dan studi yang telah menunjukkan bahwa salah satu manfaat minum kopi atau kafein adalah meningkatkan oksidasi lemak selama latihan. Yaitu, kemampuan tubuh memecah lemak yang tersimpan untuk dijadikan sumber energi.

Kafein merangsang sistem saraf dan meningkatkan kadar hormon epinefrin untuk memecah lemak. Dengan kombinasi nutrisi yang tepat, maka akan membuat pembakaran lemak lebih maksimal serta meningkatkan kebugaran tubuh Anda.
Waktu yang Tepat untuk Dapat Manfaat Minum Kopi

Jadi, kapan konsumsi terbaik untuk mendapatkan manfaat minum kopi?

manfaat minum kopi

Rekomendasinya adalah konsumsi kafein 1-2 miligran per pon berat badan Anda 30-60 menit sebelum latihan. Namun, sebaiknya jangan sampai mengonsumsi 400 miligram per hari. Jika dikonsumsi secara berlebih, maka akan dapat menggangu pencernaan, sakit perut, mual, hingga merasa gugup. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung, moncler shirts shoes 2 darah tinggi, maag, sedang hamil atau menyusui, sebaiknya hindari kafein.

Untuk manfaat terbaik dari kafein, juga bisa Anda dapatkan dengan konsumsi suplemen. Ultra Ripped Fast Acting Formula adalah suplemen tepat yang mengandung tinggi kafein. Tentunya ini akan sangat membantu bagi Anda yang ingin memiliki tubuh ideal karena fungsinya adalah untuk meningkatkan energi, bakar lemak berlebih, serta menekan nafsu makan.

TINGKATKAN ENERGI ANDA SAAT LATIHAN

  • Menambah Energi dan Stamina
  • Membakar Lemak Tubuh
  • Menekan Nafsu Makan
  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Tambah energi dan buat performa Anda lebih optimal sekarang juga!BELI DI SINI!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes