Suplemen Pra-Latihan untuk Ledakan Energi Anda

Suplementasi memang disarankan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian kita, terlebih ketika harus melakukan latihan. Namun, suplemen apa saja yang dibutuhkan sebelum latihan?

Pada hari latihan atau jadwal latihan, praktis tubuh kita membutuhkan nutrisi penting agar latihan berjalan dengan intens dan maksimal. Selain itu, nutrisi yang tepat akan sangat membantu proses recovery tubuh Anda pasca latihan.

Kebutuhan nutrisi akan bertambah seiring dengan latihan yang dilakukan. Apabila kebutuhan nutrisi yang Anda rasa kurang mencukupi, maka Anda dapat melakukan penambahan nutrisi dengan jalan suplementasi.

Pada intinya, suplemen yang Anda butuhkan sebelum latihan harus memenuhi beberapa area, yaitu kekuatan atau daya tahan otot dan energi. Dengan energi yang eksplosif serta daya tahan otot yang mumpuni akan menjaga kualitas latihan Anda yang tentu akan berdampak pada hasil yang optimal.

Terdapat ratusan suplemen yang bisa Anda temukan di pasaran, namun hanya segelintir yang benar-benar memberikan manfaat luar biasa selama dikonsumsi dalam jumlah yang ditentukan.

Dalam artikel berikut ini akan dipaparkan mengenai suplemen apa saja yang diperlukan oleh tubuh Anda sebelum latihan.

1. Kafein

Supplemen3

Kafein mungkin adalah stimulan yang paling populer saat ini. Beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa kafein dapat meningkatkan energi dan fokus. Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta menunda kelelahan.

Sensitivitas masing-masing individu bervariasi karena itu pastikan kondisi tubuh Anda toleran terhadap kafein sebelum mengonsumsinya.

>> Kafein, Menambah Daya Ingat Hingga Maksimalkan Pembakaran Lemak <<

2. BCAA

Supplemen6

BCAA atau Branched-Chain Amino Acid adalah salah satu suplemen yang sangat penting baik sebelum, selama, maupun setelah latihan. BCAA menyediakan sumber bahan bakar untuk jaringan otot Anda Tidak seperti protein dalam makanan, BCAA mudah diserap dalam aliran darah sehingga sintesis protein tubuh berjalan lancar.

Selain itu, suplementasi BCAA juga dapat mengurangi rasa nyeri otot serta pemulihan yang lebih cepat. Salah satu dari tiga asam amino pembentuk BCAA, leusin, merupakan inisiator utama sintesis protein dan membantu menekan pemecahan protein di otot sekaligus mengurangi rasa nyeri pada otot.

BCAA juga berfungsi untuk membantu mempercepat masa pemulihan Anda. Saat latihan dapat meningkatkan hormon serotonin (apabila dalam kadar yang tinggi dapat menyebabkan tubuh kelelahan). BCAA dapat membantu mengurangi penyerapan triptofan yang dikonversi menjadi serotonin sehingga dapat menunda kelelahan.

Baca Juga: Optimalkan Perkembangan Otot dengan BCAA

3. Creatine

Supplemen3

Creatine merupakan molekul yang diproduksi oleh tubuh Anda. Creatine juga dapat ditemukan dalam beberapa makanan seperti daging merah, telur, dan ikan.

Selama latihan dengan intens, tubuh Anda menggunakan ATP atau adenosin trifosfat sebagai energi yang selanjutnya dipecah menjadi ADP atau adenosin difosfat yang dapat mengakibatkan kelelahan lebih cepat. Suplemen creatine berfungsi untuk merangsang regenerasi ATP agar otot berkontraksi lebih cepat dan keras.

4. Beta Alanin

Supplement5

Suplemen ini merupakan modifikasi dari asam amino alanin dan salah satu dari dua peptida pembentuk carnosine selain histidin. Carnosine sendiri berfungsi sebagai penjaga tingkat asam tubuh Anda. Ketika berlatih, otot-otot Anda menjadi jauh lebih asam karena akumulasi ion hidrogen. Penurunan pH dalam jaringan otot merupakan salah satu penyebab utama otot Anda kelelahan dan nyeri.

So, dengan meningkatnya produksi carnosine dalam jaringan otot akan menyebabkan peningkatan daya tahan otot karena otot Anda memiliki kemampuan untuk menjaga keasaman.

Suplementasi memang direkomendasikan apabila nutrisi harian Anda melalui makanan tidak atau kurang mencukupi. Namun perlu diingat, konsumsilah suplemen sesuai dosis yang ditentukan dan jangan berlebihan. Selamat berlatih (ctr)

BACA JUGA: Lindungi Otot dan Sendi Anda Selama Latihan dengan Suplemen yang Tepat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes