nyeri punggung

Suplemen Terbaik untuk Mengatasi Nyeri Punggung Anda

Apakah Anda pernah mengalami nyeri punggung setelah berolahraga?

Nyeri punggung dapat diatasi dengan menggunakan suplemen untuk mengurangi peradangan.

Suplemen bekerja dengan baik ketika dikombinasikan dengan diet sehat, olahraga teratur, dan manajemen stres yang baik.

Namun kata “alami” pada suplemen tidak secara otomatis berarti aman, jadi sangatlah penting untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen tersebut.

Beberapa suplemen yang berinteraksi dengan obat lain dapat menyebabkan komplikasi.

Suplemen untuk Meringankan Nyeri Punggung

nyeri punggung

1. Glucosamine dan Chondroitin

Glucosamine dan chondroitin keduanya merupakan senyawa yang terjadi secara alami dalam tubuh. Glukosamin ada dalam cairan di sekitar sendi dan chondroitin ada dalam tulang rawan sendi.

Navid Farahmand, MD, seorang dokter intervensional nyeri di Institute of California di Newport Beach, mengatakan bahwa sementara tidak ada studi tentang efektivitas suplemen glucosamine dan chondroitin untuk penderita sakit punggung, namun sudah ada studi yang menunjukkan dampak suplemen ini pada nyeri lutut kronis.

Namun fakta akhir-akhir ini, kedua suplemen dinyatakan untuk ampuh meredakan nyeri punggung pada beberapa orang.

2. Vitamin D

Jika Anda memiliki sakit atau nyeri punggung, kekurangan vitamin D bisa membuat rasa sakit dan nyeri tersebut lebih buruk. Sebuah studi yang diterbitkan tahun 2013 menemukan bahwa nyeri yang parah dikaitkan dengan prevalensi tinggi karena kekurangan vitamin D pada orang dengan stenosis lumbal tulang belakang, nyeri punggung bawah.

Dokter Anda akan menentukan dosis Anda direkomendasikan berdasarkan kebutuhan harian Anda.

Makanan bervitamin D seperti susu dan paparan sinar matahari di pagi hari juga dapat membantu Anda menjauh dari serangan nyeri punggung.

3. Asam Lemak Omega 3

Meningkatkan asupan asam lemak omega 3 adalah sesuatu yang dapat membantu membatasi peradangan yang dapat menyebabkan sakit dan nyeri punggung.

Suplemen ini tersedia dalam bentuk cair atau kapsul. Konsultasikan dosis yang tepat dengan dokter Anda karena overdosis omega-3 dapat meningkatkan risiko perdarahan. Anda juga dapat meningkatkan asupan omega-3 hanya dengan makan ikan, seperti salmon, sarden, dan tuna, serta sayuran hijau gelap.

4. Kunyit

Kunyit merupakan salah tanaman herbal yang bisa diekstrak menjadi suplemen yang sering direkomendasikan untuk mengurangi nyeri punggung karena sifat anti peradangan yang dimilikinya.

Kunyit dianggap aman untuk kebanyakan orang dewasa, namun penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan gangguan perut.

Namun yang perlu diperhatikan, kunyit tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki penyakit kantung empedu karena dapat membuat kondisi lebih buruk.

5. Capsaicin

Meskipun berasal dari makanan, capsaicin bukan suplemen gizi melainkan mengobati dalam bentuk krim, biasanya dioleskan tiga sampai empat kali sehari.

Capsaicin bekerja pada saluran yang mengirimkan sinyal rasa sakit ke reseptor di otak Anda.

Sebuah penelitian terhadap lebih dari 1.500 orang dengan nyeri kronis, yang diterbitkan pada tahun 2011 dalam Journal of Pain Research, menunjukkan bahwa capsaicin memiliki efek penghilang rasa sakit di 38 persen dari peserta penelitian dengan nyeri muskuloskeletal, dan pengobatan berlangsung selama empat sampai delapan minggu masa tindak lanjut.

Latihan untuk Membantu Meredakan Nyeri Punggung di Semua Bagian

Penyebab nyeri punggung bisa datang darimana saja. Antara lain posisi punggung yang lelah ketika diajak duduk di depan komputer seharian, salah posisi tidur, atau bahkan tidak melakukan gerakan latihan secara sempurna.

Tak hanya punggung, beberapa bagian di sekitar punggung seperti bahu atau leher juga kerap ikut merasa nyeri.

Untuk membantu meringankan rasa sakit akibat nyeri tersebut, ada tiga latihan sederhana yang bisa Anda lakukan. Yaitu wall slides, high rises, dan thoracic rotation.

1. Wall Slides

nyeri punggung

Wall slides adalah salah satu latihan penguatan closed kinetic chain untuk otot quadrisep. Caranya, dengan menempelkan bagian tubuh pada dinding secara vertikal. Kemudian, rentangkan kedua tangan pada posisi menghadap ke atas, serta pastikan siku Anda berada pada posisi 90 derajat dan lengan atas sejajar dengan bahu.

Kemudian, naikkan lengan ke atas dan kembali turunkan hingga posisi lengan kembali sejajar dengan bahu. Ulangi gerakan tersebut 10-15 kali secara berulang.

Latihan ini berguna untuk mengembalikan postur bahu dan punggung agar kembali normal.

2. High Rises

nyeri punggung

High Rises adalah gerakan di mana Anda mengangkat pantat dan memfokuskan berat tubuh pada bagian kaki dan bahu. Ini merupakan gerakan yang wajib Anda lakukan, jika Anda mempunyai intensitas duduk yang lebih sering.

Gerakan ini bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah ke otak, sehingga dapat memaksimalkan kinerja otak. Bukan hanya itu, melalui gerakan ini pula dapat merelaksasikan pinggul Anda, setelah sekian hari banyak menghabiskan waktu untuk duduk ketika Anda bekerja.

3. Thoracic Rotation

nyeri punggung

Seperti kedua gerakan sebelumnya, Thoracic Rotation adalah gerakan yang bagus untuk mengembalikan postur tubuh bagian atas Anda. Dengan melakukan gerakan tersebut, maka Anda akan dapat melatih otot perut, Kuadrisep, otot pantat, dan keseluruhan tubuh Anda.

Dengan berdiri tegak dan condong ke depan pada pinggang, lalu angkatlah satu kaki ke atas dan rentangkan di belakang sambil membusungkan dada. Sehingga, membentuk garis lurus dari kaki hingga kepala. Selanjutnya, rentangkan kedua lengan lurus di hadapan Anda, telapak tangan saling menghadap. Perlahan, buka satu lengan dengan memutarnya ke atas dan memutar posisi dada. Turunkan lengan secara terkontrol dan kembali ke posisi awal tanpa menurunkan kaki.

Semoga artikel kali ini dapat membantu mengusir berbagai masalah nyeri punggung yang sering Anda alami. Stay healthy..

loading…


Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes