manfaat suplemen

Tanyakan Hal Ini Sebelum Mengonsumsi Suplemen

Berlatih atau berolahraga dan menjaga makan belumlah cukup untuk menjaga kesehatan Anda. Adakalanya Anda perlu mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan hasil latihan yang Anda jalani. Berbagai suplemen memang banyak menjadi daya tarik bagi para atlet dan bahkan bagi orang dengan profesi yang bermacam-macam.

konsumsi suplemen

Suplemen seperti whey protein, creatine, asam amino dan oksida nitrat berjanji untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mencoba mengonsumsi suplemen tersebut. Tanyakan pertanyaan-pertanyaan berikut pada diri Anda:

1. Apakah Anda Tidak Pernah Melewatkan Sarapan?

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Kellogg, sebuah perusahaan makanan di Amerika menemukan bahwa hanya 36 persen remaja di Amerika melakukan sarapan setiap pagi. Jika Anda kekurangan asupan gizi terutama di pagi hari, kinerja atletik atau latihan Anda tidak akan maksimal. Bila Anda melewatkan sarapan di pagi hari, maka Anda akan secara otomatis membuat tubuh kehilangan kesempatan untuk mendapatkan kalori berkualitas. Dan suplemen tidak bisa sepenuhnya menggantikan hal ini. Oleh karena itu, mulai sekarang jangan pernah meninggalkan sarapan karena suplemen hanya memenuhi asupan gizi yang tidak diperoleh dari makanan, bukan menggantikan fungsi makanan.

2. Apakah Anda Sudah Tidur Cukup?

Menurut survei perilaku berisiko pada tahun 2007, 10 persen orang-orang tidur hanya lima jam per malam, sedangkan 23 persen tidur hanya enam jam. Padahal rata-rata orang membutuhkan tujuh hingga delapan jam tidur setiap malam. Istirahat sangatlah penting untuk pertumbuhan otot. Tubuh Anda melepaskan hormon pertumbuhan dalam jumlah besar saat tidur. Kurangnya kualitas tidur dapat menurunkan kekuatan, daya produksi dan meningkatkan konsentrasi hormon katabolik, yang menyebabkan kelelahan dan nyeri pada otot dan sendi.

3. Apakah Anda Sudah Memilih Latihan Yang Tepat?

Lihat ke ruang latihan beban, dan Anda akan melihat orang-orang melakukan yang sedang melakukan set tak berujung seperti bicep curls, tricep extensions dan calf raises. Latihan isolasi seperti ini dapat melengkapi program latihan Anda, tetapi hanya dalam dosis kecil. Jika tujuan Anda adalah untuk membangun otot dan mendapatkan kekuatan untuk meningkatkan performa latihan, Anda harus fokus pada latihan kekuatan Anda dalam compound exercise. Latihan lifting dasar seperti squat, bench press, deadlift, dan chin-up melibatkan massa otot paling banyak dan memberikan potensi terbesar untuk pertumbuhan otot. Dan juga ketika Anda memiliki riwayat latihan yang rendah, menambahkan sedikit beban ke dalam latihan akan memberikan dampak yang jauh lebih signifikan untuk mengiringi pengonsumsian suplemen.

4. Apakah Anda Sudah Mengonsumsi Makanan Yang Tepat?

Junk food seperti pizza, pasta, hot dog dan mengonsumsi makan malam sambil menonton TV hanya akan memperlambat kualitas pencernaan Anda. Sebaliknya, makanan yang dilengkapi dengan sumber protein seperti daging tanpa lemak, ikan dan telur akan menjadi bahan bakar bagi pertumbuhan otot. Mengonsumsi makanan yang mengandung sumber protein yang baik akan meningkatkan kinerja latihan dan otot Anda.

5. Berapa Banyak Kegiatan Yang Anda Lakukan?

Meskipun berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sangatlah baik, Anda juga harus mengizinkan tubuh Anda untuk memulihkan dirinya. Melakukan latihan hingga lima atau enam hari dalam seminggu selama satu tahun penuh bukanlah hal yang baik bagi kesehatan Anda, karena Anda berpeluang dan berisiko dengan cedera, overtraining dan kelelahan lebih banyak. Carilah periode waktu yang tepat dalam setahun untuk fokus pada pemulihan dan tingkatkan daerah tubuh yang lemah seperti berlatih kekuatan dan kecepatan.

Dengan menanyakan hal-hal di atas, pengonsumsian suplemen yang akan Anda lakukan diharapkan memberikan hasil maksimal terhadap tubuh dan membuat Anda mencapai gol yang Anda inginkan. Semoga bermanfaat. (mee)

BACA JUGA: Berapa Lama Anda Menunggu Untuk Berlatih Setelah Makan?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes