Taurin, Antioksidan Super dengan Segudang Manfaat Sehat

Taurin atau asam 2-aminoethanesulfonik adalah asam organik yang merupakan kandungan utama empedu, dan dapat ditemukan dalam di jaringan tubuh manusia terutama pada otot rangka, jantung, serta dalam sel darah putih dan sistem saraf pusat.

Taurin-Antioksidan-Super-dengan-Segudang-Manfaat-Sehat

Taurin adalah turunan dari asam amino yang mengandung belerang (sulfhidril), cysteine. Berbeda dengan asam amino yang sudah banyak dikenal, taurin, atau L-taurin lebih khususnya, tidak digunakan sebagai protein blok pembangun. Taurin digunakan untuk membantu penyerapan lemak dan vitamin yang larut dalam lemak. Taurin juga membantu mengatur detakan jantung, menstabilkan-membran sel, dan memelihara kelangsungan sel-sel otak.

Sumber Taurin

Taurin terdapat dalam daging, ikan, monster beats apple accessories 2 telur dan produk susu. Karena manusia dewasa mampu memproduksi zat ini sendiri, asupan dari makanan bisa dijadikan alternatif bila kadar produksi taurin dalam tubuh mulai menurun.

Meskipun diet vegetarian tidak mengonsumsi makanan di atas, namun banyak makanan nabati seperti kacang-kacangan dan beberapa sayuran, juga mengandung taurin.

Senyawa ini juga diproduksi secara sintetis untuk digunakan dalam minuman berenergi dan suplemen. Sebuah studi yang digelar pada November 2012 melaporkan bahwa taurin merupakan salah satu nutrisi esensial yang diperlukan tubuh dan berperan penting dalam membantu perkembangan sel-sel tubuh (terutama otot), pendistribusian nutrisi ke seluruh tubuh dan mencegah tubuh dari oksidasi partikel berbahaya yang dapat mengancam kesehatan.

Fungsi Taurin

Taurin Untuk Meningkatkan Performa Mental
Seiring dengan proses penuaan, tingkat konsentrasi taurin di otak akan menurun secara perlahan. Tingkat taurin yang tinggi dalam tubuh akan membuat memori dan fungsi mental Anda menjadi lebih baik. Studi ilmiah menemukan bahwa taurin dapat meningkatkan level kewaspadaan dan penalaran verbal.

Taurin Untuk Meningkatkan Performa Atletik
Para peneliti di Jepang melakukan sebuah studi pada tahun 2003, meneliti 11 laki-laki berusia 18 sampai 20, yang diperintahkan untuk melakukan latihan sepeda sampai energi mereka habis. ugg outlet australia auckland Kemudian para responden tersebut diberikan suplemen taurin selama tujuh hari (setiap kali, sebelum latihan mereka).

Hasilnya? Terdapat peningkatan signifikan dalam VO2 max (kapasitas maksimum tubuh manusia untuk mengangkut dan menggunakan oksigen) dan jangka waktu kelelahan latihan semakin berkurang.

Taurin untuk Mencegah Penuaan Dini
Taurin dapat berfungsi sebagai antioksidan. Tentu Anda sudah tahu mengenai manfaat antioksidan sebagai pelindung sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Taurin dianggap sebagai faktor penting untuk mengontrol berbagai perubahan biokimia yang terjadi selama proses penuaan dan membantu pembuangan radikal bebas.

Taurin untuk Mencegah Gagal Jantung
Taurin digunakan untuk membantu menyerap lemak dan vitamin yang larut dalam lemak serta untuk mengatur detak jantung, menjaga stabilitas membran sel, dan mencegah aktivitas berlebih dari sel otak, juga diyakini berguna dalam melindungi terhadap gagal jantung kongestif.

Efektif Melawan Obesitas
Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan kondisi yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh keseluruhan, terutama karena obesitas menjadi pemicu terjadinya peradangan akibat makin bertambahnya kadar lemak di area tertentu (terutama di perut).

Sebuah penelitian di AS menunjukkan bahwa asupan 3 gr taurin perhari selama 7 minggu dapat membantu mengurangi berat badan pada orang dewasa yang mengalami obesitas. Sebanyak 14 partisipan diketahui mengalami penurunan kadar trigliserida dan indeks atherogenik, sebuah penanda yang dapat memprediksi seseorang mengalami gangguan pembuluh darah atau tidak. moncler jacket acorus

Efek Samping Taurin

Karena terkandung dalam makanan dan tubuh manusia pun bisa memproduksinya sendiri maka taurin dianggap tidak memiliki efek samping. Studi menunjukkan bahwa dosis hingga 0.1oz (3g) per hari aman untuk orang dewasa yang sehat.

Namun, dosis yang aman untuk anak-anak, wanita hamil, atau orang yang menderita kondisi medis tertentu belum diketahui secara pasti. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi atau menggunakan suplemen taurin jika memiliki kondisi medis tertentu. (dan)

BACA JUGA : Asupan Magnesium Tingkatkan Kekuatan Tubuh hingga 20 Persen

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes