vitamin A baik untuk meningkatkan massa otot

Vitamin A Juga Penting untuk Meningkatkan Massa Otot

Ketika berbicara tentang dietnya para bodybuilder maka yang terlintas di benak kita adalah makronutrien penting seperti protein, karbohidrat dan lemak.

vitamin A baik untuk meningkatkan massa otot

Padahal kebutuhan mikronutrien seperti vitamin dan mineral juga tidak pernah ditinggalkan oleh para bodybuilder. Ini artinya apapun tujuan yang ingin mereka capai, memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh mutlak diperlukan sebagaimana mereka membutuhkan protein, karbohidrat dan lemak.

Studi menunjukkan bahwa asupan vitamin dan mineral dapat membantu para bodybuilder meningkatkan massa otot. Ini berarti tubuh para bodybuilder membutuhkan asupan vitamin melalui cara apapun untuk memaksimalkan pembentukan otot di samping latihan yang mereka lakukan.

Ada berbagai varian vitamin yang dibutuhkan para bodybuilder untuk membantu pembentukan ototnya. Kali ini kita akan mengupas lebih dalam tentang manfaat vitamin A bagi para bodybuilder dan mengapa mereka membutuhkan vitamin ini.

Apa Sebenarnya Vitamin A?

Bisa jadi vitamin A adalah vitamin yang kurang diperhitungkan dalam dunia kebugaran. Kebanyakn orang lebih memilih vitamin C, B dan E.

Vitamin A adalah jenis vitamin yang aktif dan larut dalam lemak yang disimpan dalam hati. Vitamin A terdiri dari dua bentuk yaitu: vitamin A pra-bentuk dan Pro-vitamin A. Vitamin A pra-bentuk terbagi menjadi 4, yaitu: retinol, retinal, asam retinoat dan ester retinil. Sedangkan provitamin A dikenal sebagai beta karoten.

Vitamin A pada umumnya bersifat stabil terhadap panas, asam dan alkali. Namun sayangnya Vitamin A juga mempunyai sifat mudah teroksidasi oleh udara dan akan rusak bila dipanaskan pada suhu tinggi bersama udara, sinar dan lemak yang sudah tengik.

Sayuran dan buah-buahan yang berwarna hijau atau kuning biasanya banyak mengandung karoten. Semakin hijau daun tersebut semakin tinggi kadar karotennya. Walau begitu, makanan yang menjadi sumber vitamin A terbaik adalah yang berasal dari hewan seperti minyak ikan cod, hati ikan halibut, telur, susu, produk olahan susu.

Mengapa Bodybuilder Perlu Vitamin A?

Vitamin A membantu perbaikan dan pertumbuhan jaringan tubuh. Dua hal utama inilah yang mutlak dibutuhkan oleh para bodybuilder. Fungsi penting lainnya adalah menjaga kesehatan sistem reproduksi, kesehatan kulit dan terutama kesehatan mata.

Bagaimana pun juga, aktivitas fisik yang berat dan intensif dapat mengganggu penyerapan vitamin A dan memperburuk kondisi kekurangan vitamin A yang banyak dialami para bodybuilder. Diet rendah lemak juga dapat mempengaruhi kadar vitamin A dalam tubuh. Pada orang yang melakukan diet rendah lemak, vitamin A dan karoten akan dikeluarkan melalui feses. Lemak adalah penjaga vitamin A di dalam tubuh. Ia akan memastikan bahwa lemak akan diserap dan dipergunakan tubuh dengan baik. Diet rendah lemak akan mengurangi fungsi lemak menjaga vitamin A.

Vitamin A juga membantu mengendalikan sistem kekebalan tubuh melalui limfosit, yakni sel darah putih yang melawan infeksi agar berfungsi lebih baik. Beberapa karotenoid juga terbukti berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dan selanjutnya meningkatkan sistem daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

Kondisi yang Dapat Menurunkan Kadar Vitamin A dalam Tubuh

Ada beberapa kondisi yang dapat menurunkan dan merusak kadar vitamin A dalam tubuh sehingga Anda tidak mendapatkan manfaat terbaik dari vitamin A. Berikut di antaranya:

  • Merokok
  • Cedera atau sakit
  • Hidup di daerah yang tercemar
  • Diabetes
  • Kehamilan / menyusui
  • Konsumsi Alkohol
  • Diet rendah lemak (seperti yang dibahas)

Tanda-tanda kekurangan vitamin A adalah:

  • Kering, kulit bersisik
  • Penglihatan menurun (terutama pada malam hari)
  • Kecenderungan infeksi (terutama pada paru-paru, saluran pencernaan dan saluran kemih)

Sumber Vitamin A

Sumber makanan yang mengandung vitamin A bisa didapatkan dari produk hewani dan nabati seperti; hati sapi, telur, keju, susu. Sedangkan dari tumbuhan bisa Anda dapatkan dari, wortel, ubi, labu, brokoli, bayam, kangkung, melon, mangga, kacang polong dan masih banyak lagi.

Para ahli merekomendasikan asupan vitamin untuk orang dewasa laki-laki dan perempuan adalah 1000 dan 800 mikrogram perhari. Bodybuilder mungkin membutuhkan jumlah yang lebih besar karena tingkat aktivitas yang jauh lebih tinggi. Namun ini tergantung dari jenis vitamin A yang dikonsumsi, karena retinol dapat menjadi racun jika dikonsumsi dalam dosis besar.

Sedangkan karotenoid yang banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan akan dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh dan dapat dikonsumsi tanpa takut keracunan.

Efek Samping Vitamin A dalam Dosis Besar

Hypervitaminosis A atau over dosis vitamin A dalam tubuh dapat menyebabkan kelainan fungsi hati, cacat lahir dan menurunnya kepadatan tulang dan berisiko osteoporosis. Hypervitaminosis A biasanya terjadi ketika seseorang mengonsumsi suplemen vitamin A secara berlebihan, bukan dari asupan makanan.

Mual, muntah, sakit kepala, pusing, penglihatan kabur dan gangguan kordinasi otot mungkin dialami penderita Hypervitaminosis A.

Berlatih keras itu penting, sama pentingnya dengan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh, termasuk vitamin A. Nah, mulai sekarang sebaiknya Anda masukkan menu makanan yang kaya vitamin A untuk menunjang pembentukan tubuh Anda. (dan)

BACA JUGA : Carbo Loading, Rahasia Tampil Prima di Hari Pertandingan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes