10 Cara agar Latihan Anda tidak Sia-sia

10 Cara agar Latihan Anda tidak Sia-sia

Berlatih secara rutin memiliki dampak positif bagi tubuh. Selain untuk membentuk otot ataupun membakar lemak, rutinitas latihan baik untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Namun, banyak dari Anda tidak mengetahui bagaimana cara berlatih yang benar, sehingga Anda tidak mendapatkan hasil maksimal dari latihan yang Anda lakukan.

10 Cara agar Latihan Anda tidak Sia-sia

Pernahkah Anda menghitung berapa banyak waktu Anda terbuang dengan melakukan latihan yang sia-sia? Banyak dari Anda merasa nyaman dengan latihan yang Anda lakukan, tapi kualitas latihan Anda tidak memberikan hasil yang maksimal bagi pembentukan otot ataupun kesehatan tubuh Anda. Berikut 10 cara yang dapat meningkatkan kualitas latihan agar latihan Anda tidak sia-sia.

  1. Lakukan Variasi Latihan

    Jenis latihan yang sama yang Anda lakukan tidak akan memberikan kemajuan yang berarti bagi Anda. Untuk meningkatkan kemajuan Anda, lakukan jenis latihan yang lain dengan intensitas yang berbeda pula. Dengan cara ini tubuh Anda akan beradaptasi dengan gerakan-gerakan baru dan memungkinkan lebih banyak otot terlibat dalam variasi latihan Anda.

  2. Mintalah Bantuan Personal Trainer

    Seorang personal trainer yang bersertifikat, dapat membantu Anda mendapatkan menu latihan yang sesuai. Ia juga akan memperkenalkan jenis-jenis latihan baru yang lebih bervariasi untuk melatih otot tubuh Anda secara merata dan seimbang.

  3. Cukupi Kebutuhan Makan dan Minum

    Jangan biarkan perut Anda kosong, makanlah sebelum dan sesudah latihan. Tubuh Anda perlu bahan bakar untuk mendapatkan hasil maksimal dari latihan Anda. Nutrisi juga diperlukan untuk membangun otot dan memperbaiki jaringan yang rusak. Selain mencukupi makan, Anda juga harus minum 8-9 gelas air per hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama latihan.

  4. Cegah Overtraining
    Latihan terlalu sering dapat membuat Anda overtraining. Tubuh Anda butuh istirahat dan waktu pemulihan untuk memperbaiki jaringan otot yang rusak setelah Anda berlatih. Cegah overtraining untuk menghindari risiko cedera.
  5. Lakukan Mind-Body Training

    Taichi dan yoga merupakan latihan mind body training yang populer saat ini. Latihan ini baik untuk Anda lakukan karena memiliki beberapa manfaat yaitu, meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas otot dan kordinasi otot. Selain itu, mind body training juga dapat meningkatkan ketajaman mental Anda.

  6. Temukan Waktu Yang Tepat Untuk Berlatih

    Anda pasti memiliki waktu favorit untuk melakukan latihan. Waktu favorit ini berperan besar dalam meningkatkan latihan Anda. Jika Anda tidak memilih waktu yang tepat untuk latihan, maka setiap gerakan latihan yang Anda lakukan terasa menjadi beban bagi Anda. Tentukan waktu latihan yang tepat bagi Anda agar saat melakukan latihan, Anda mendapatkan perasaan yang lebih baik.

  7. Temukan Partner Yang Baik

    Berlatih bersama keluarga atau teman dapat membantu Anda mendapatkan motivasi lebih. Terlebih lagi jika partner berlatih Anda memiliki pengetahuan yang baik seputar latihan yang Anda lakukan. Anda dapat terhindar dari kesalahan yang tidak perludan Anda bisa melakukan latihan dengan lebih baik.

  8. Atur Napas Anda
  9. Saat berolahraga cobalah untuk bernapas secara rileks dengan menghirup napas lewat hidung dan mengeluarkannya secara perlahan-lahan melalui mulut dan tidak perlu menahan napas. Menghirup dan membuang napas secara perlahan bisa membuat seseorang merasa lebih segar.

  10. Gunakan Heart Rate Monitor

    Anda bisa menggunakan heart rate monitor untuk memantau detak jantung Anda. Dengan penggunaan monitor denyut jantung Anda dapat melihat detak jantung Anda setiap saat dan dapat menentukan tingkat intensitas latihananda.

  11. Dengarkan Musik

    Saat Anda membutuhkan ledakan energi dan mengusir kebosanan. Mendengarkan musik bisa menjadi jawaban Anda. Mendengarkan musik dapat membantu Anda lebih rileks dan dapat memberikan hiburan yang cukup saat Anda merasa bosan saat latihan.

  12. Tingkatkan performa latihan Anda untuk mendapatkan manfaat terbaik dari latihan yang Anda lakukan. Jangan biarkan waktu Anda terbuang percuma hanya dengan melakukan latihan yang kurang memberikan manfaat bagi kesehatan Anda. (dan)

    BACA JUGA : Lagu Apa yang Cocok untuk Fitnes?

    Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes