10 Langkah Menjadi Partner Sempurna Ketika Latihan

Manusia adalah makhluk sosial. Oleh sebab itulah, manusia tak bisa hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Bukan hanya ketika hidup bermasyarakat, bahkan ketika kita sedang melakukan latihan di gym pun kita juga membutuhkan bantuan partner untuk latihan.

Jendela

Memang benar, Anda tidak selalu membutuhkan bantuan partner dalam melakukan latihan. Namun, terdapat beberapa gerakan dalam latihan yang tidak dapat Anda lakukan sendiri. Begitu juga dengan orang lain, yang kadang kala memerlukan bantuan Anda.

Partner begitu berperan penting dalam latihan. Misalnya, Anda sedang melakukan latihan angkat beban ekstrem, di mana pada set tertentu Anda tidak kuat menahan beban tersebut. Pada bagian inilah partner begitu dibutuhkan dan berperan besar agar Anda terhindar dari cedera. Dalam hal ini, rasa percaya kepada partner begitu dibutuhkan.

Berikut adalah sepuluh langkah menjadi partner sempurna ketika latihan.

1. Memiliki Tujuan Serupa

Fondasi paling awal untuk mendapatkan partner yang benar-benar bisa dipercaya dalam membantu Anda ketika latihan adalah dengan memiliki tujuan yang sama. Artinya, partner dan Anda haruslah memiliki visi dan misi yang serupa. Jika Anda memiliki tujuan untuk mendapatkan tubuh yang lebih proporsional, kekar, dan berotot, paling tidak partner Anda juga menginginkan hal tersebut. Hal ini bertujuan untuk saling memotivasi agar Anda dan partner Anda lebih cepat memperoleh tujuan tersebut.

2. Menjadi Tepat Waktu di Setiap Waktu

Kebiasaan buruk dari kita adalah seringnya terlambat ketika menepati janji. Hal itu pula lah yang dapat menghambat kerja sama antara Anda dan partner Anda ketika latihan. Bayangkan, bagaimana jika Anda begitu diandalkan oleh partner Anda, namun Anda datang terlambat di waktu yang telah disepakati bersama. Hal itu tentunya akan menjadi preseden yang buruk bagi Anda. Pastikan Anda muncul beberapa menit lebih awal, sehingga Anda sudah siap untuk melatih waktu yang Anda sudah jadwalkan.

3. Tahu Bagaimana Kapasitas Partner Anda

Ada beberapa orang yang memiliki ego terlalu besar dan tidak ingin orang lain melihat kegagalannya. Itulah sebabnya, ketika mengangkat beban ekstrem, beberapa orang menunggu agar sekitarnya sepi terlebih dahulu. Jika Anda adalah salah satu orang tersebut, maka jangan biasakan hal tersebut. Disini, peran partner begitu dibutuhkan. Oleh sebab itulah, partner latihan juga harus mengetahui seberapa besar kapasitas kekuatan Anda. Sehingga, partner bisa mengatur strategi kapan dirinya harus mendekat dan membantu Anda ketika kegagalan datang menghampiri.

4. Perhatikan Cara Latihannya

Ilmu akan lebih bermanfaat jika Anda mengamalkannya. Artinya, Anda jangan pelit untuk membagi ilmu kepada partner Anda. Oleh sebab itulah, perhatikan cara partner Anda melakukan latihan. Ketika terdapat sesuatu yang salah, maka tegur dan berikan masukkan yang benar. Namun dengan hal ini, bukan berarti Anda selalu mengkritik dan menyalahkan setiap latihan yang dilakukan oleh partner Anda. Kalaupun memang ada yang salah, tegurlah dengan nada yang baik-baik agar partner Anda tak tersinggung.

5. Terima Kritik

Kadang kala, kritikan adalah guru terbaik yang membuat kita lebih belajar dalam menghadapi setiap masalah. Jika Anda ingin partner yang baik untuk membantu Anda dalam latihan, Anda harus mengambil yang baik dan yang buruk. Pada beberapa kesempatan, Anda akan melihat partner Anda melakukan sesuatu yang salah dan membiarkan Anda tahu itu.

Itulah sebabnya, Anda perlu untuk memberikan saran dan kritik. Namun, hal ini tidak lantas memberikan kesempatan Anda untuk menghina partner Anda. Berikan kritikan yang memang membangun, dan membuatnya menjadi lebih baik lagi dalam melakukan latihan bersama Anda.

6. Tahu Apa Motivasinya

Menjadi partner yang sempurna adalah lebih dari sekadar mengetahui tujuan mereka. Anda harus tahu mengapa pasangan Anda ingin melakukan hal yang ingin dicapainya, sehingga Anda dapat mengingatkan padanya ketika dirinya melenceng dari tujuan awal.

7. Matikan Ponsel

Memiliki ponsel atau hal-hal lain dapat mengaburkan konsentrasi Anda ketika melakukan latihan. Oleh sebab itu, jika Anda sedang berlatih, kami sarankan untuk mematikan ponsel agar Anda dapat berkonsentrasi terhadap latihan Anda.

8. Tujuannya Latihan, Bukan Ngobrol

Jika kita sudah merasa akrab dengan seseorang, maka yang paling tidak bisa dihindari adalah ngobrol santai hingga menghabiskan waktu berjam-jam. Hindari hal itu ketika berada di gym. Ingatlah bahwa Anda berada di gym dengan tujuan untuk melatih tubuh Anda agar mempunyai bentuk tubuh idaman.

9. Positive Thinking

Semua akan terjadi sesuai dengan yang Anda pikirkan. Jadi, Anda perlu untuk selalu berpikir positif dan semangat dalam segala sesuatunya. Pikiran positif juga akan mempengaruhi energi dalam tubuh Anda , dan membuat Anda tampak lebih bersemangat.

10. Ada Saatnya Bertemu di Luar Gym

Kadang kala, hubungan yang baik adalah hubungan yang terjalin di manapun Anda berada. Ada saatnya, setelah melakukan latihan di gym, ajak partner Anda untuk sekadar mentraktirnya makan dan minum untuk lebih mengakrabkan diri dengannya.

Berikut adalah gerakan-gerakan dalam latihan yang membutuhkan bantuan partner Anda dalam melakukannya.

Adductor/Groin
Adductor Groin

-Rebahkan tubuh Anda di lantai seperti gambar.
-Partner memegang kedua kaki Anda dan sedikit merenggangkannya.
-Sedikit angkat pantat Anda hingga sedikit ke bahu sambil mengikuti gerakan kaki Anda yang dilakukan oleh Partner.

Lying Prone Quadriceps
Lyng Prone Quadriceps

-Rebahkan tubuh Anda dengan posisi tengkurap.
-Tekuk kaki Anda sambil partner memegang kaki sebelah Anda.
-Tekuk kaki Anda dengan bantuan partner, hingga betis menempel pada paha.

Floor Glute-Ham Raise
Floor Glute-Ham Raise

-Posisikan tubuh Anda hingga mirip dengan posisi push up.
-Partner memegang kedua ujung kaki.
-Dengan bantuan lutut, angkat tubuh Anda berdiri.
-Posisi tangan harus menyilang pada bagian dada.

Behind Head Chest Stretch
Behind Head Chest Stretch

-Posisikan tubuh Anda seperti pada gambar.
-Letakkan kedua tangan Anda di belakang kepala.
-Dengan bantuan partner, tekuk tangan hingga posisi tangan sedikit menekuk ke belakang.

Itulah tips untuk menjadi partner ketika latihan, tetap semangat dan teruslah berlatih. (gie)

BACA JUGA: Ini Lho, Nutrisi yang Bisa Membakar Lemak Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes