program fitnes selama puasa

10 Tips Program Fitnes Selama Puasa

Apakah harus menghentikan program fitnes selama berpuasa? Berikut 10 tips program fitnes selama puasa tanpa khawatir mengganggu ibadah puasa Anda.

Fitnes adalah aktivitas yang menyenangkan bagi sebagian besar orang baik tua maupun muda, cowok ataupun cewek.

Akan tetapi, ketika bulan puasa tiba tempat-tempat fitnes mulai sepi dari pengunjung.

Anda perlu untuk tetap latihan dibulan puasa, agar bentuk tubuh kita tetap terjaga dari lemak berlebih.

Perubahan yang terjadi dalam pola makan secara penuh akan membuat kita perlu menyesuaikan diri.

Hmmm, Okay, kita manusia bukan?

Kemampuan kita untuk menyesuaikan diri tentunya sudah tidak perlu diragukan.

Karena itu dengan kemampuan menyesuaikan diri yang manusia miliki, Anda bisa melakukan latihan dan menjaga otot Anda untuk tidak menyusut dibulan puasa.

Berikut 10 tips dari duniafitnes agar program fitnes selama puasa Anda tetap berjalan lancar.

1. Tetap Konsisten Akan Permudah Program Fitnes Selama Puasa

program fitnes selama puasa

Untuk menjalankan semua hal yang akan disampaikan, pertama yang harus Anda tanamkan pada diri sendiri adalah konsisten untuk menjalani program fitnes selama puasa.

Karena jika Anda mendedikasikan untuk tetap konsisten, perubahanpun akan bisa Anda lihat di akhir bulan terutama ketika Lebaran nanti.

2. Sahur Mendekati Imsyak

program fitnes selama puasa

Memperlambat sahur selain disunahkan Nabi, juga untuk memperpendek masa kekosongan perut karena tidak makan.

Hal ini juga bisa menghindari Anda untuk tidur kembali setelah sahur dan sebelum shalat subuh.

Tidur setelah sahur bisa menghambat proses pencernaan makanan, dan ini menyebabkan makanan tidak terserap dengan baik oleh tubuh.

Selain itu, bangun jam 4 pagi bisa memotivasi Anda untuk segera beraktivitas ringan seperti mencuci piring dan shalat subuh. Aktivitas ringan ini membantu proses pencernaan makanan dalam tubuh.

Tentu ini akan sangat positif bagi program fitnes Anda selama puasa.

3. Sahur dengan Makanan Yang Tepat

program fitnes selama puasa

Makanan yang tepat adalah makan makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh terutama untuk dapat bertahan selama seharian tidak mencicipi makanan karena puasa.

Untuk mampu melakukan aktivitas berat seperti fitnes atau olahraga lainnya, disarankan untuk sahur dengan kombinasi seimbang.

Misalnya, nasi antara 5 – 9 sendok makan, perbanyak sayuran hijau dan buah, minum air putih, tambahkan segelas susu, dan jangan lupa suplementasi untuk menunjang kebutuhan protein Anda sangatlah penting (whey protein).

Pastinya rule pola makan seperti ini akan sangat membantu program fitnes selama puasa.

4. Aktivitas Seperti Biasa

program fitnes selama puasa

Melakukan aktivitas seperti biasa sangat membantu Anda mengurangi rasa lapar sehingga ketika memulai fitnes tenaga Anda cukup untuk melakukan gerakan tubuh dan mengangkat beban.

Melakukan aktivitas sehari-hari merupakan hal yang sangat seru sehingga tak terasa haripun sudah sore.

5. Fitnes jam 16.30

program fitnes selama puasa

Ini adalah salah satu hal yang sering ditanyakan dalam program fitnes selama puasa. Kapan saat yang tepat untuk fitness?

Saat yang tepat untuk fitnes ketika berpuasa adalah sekitar jam 4.30 sore. Karena selain sambil ngabuburit, juga kita tidak ketinggalan untuk ikut shalat tarawih pada malam harinya.

Pada jam ini, Anda sudah selesai mengerjakan aktivitas sehari-hari atau sudah pulang dari kantor. Kalaupun sebelum jam tersebut aktivitas Anda sudah selesai, pastikan Anda tiba di tempat fitnes pada jam 16.30 sore.

Namun semua juga bisa ditentukan oleh kondisi atau kemampuan tubuh Anda. Intinya, tubuh Anda akan tetap sehat dengan tetap berolahraga selama berpuasa.

6. Pemanasan & Pendinginan

program fitnes selama puasa

Mekipun hal ini sangat penting dilakukan dalam kondisi tidak berpuasa sekalipun, akan tetapi ketika Anda berpuasa, melakukan pemanasan dan pendinginan bisa membantu mengurangi rasa lapar dan haus akibat fitnes.

Mulailah dari alat atau gerakan-gerakan yang lebih ringan kemudian naikkan secara perlahan. Ketika menjelang magrib tiba, saatnya Anda memasuki latihan atau gerakan yang mulai menurun bebannya. Kemudian lakukan pendinginan menjelang adzan berbunyi.

7. Kurangi Beban

program fitnes selama puasa

Jangan terlalu mengejar target.

Tentu saja, selama berpuasa Anda tidak harus menurunkan intensitas maupun volume latihan.

Akan tetapi jangan dipungkiri bahwa kemampuan tubuh Anda mungkin akan berkurang selama puasa.

Untuk itu Anda disarankan untuk menurunkan beban angkatan Anda dari biasanya (diluar bulan puasa).

Kalaupun punya target, porsinya perlu dikurangi paling tidak 30 – 50% dari hari normal (tidak puasa).

Porsi latihan antara 50 sampai 75% sudah cukup untuk kondisi Anda saat ini karena jika terlalu berat justru dikhawatirkan Anda akan jatuh pingsan karena kelelahan, dehidrasi dll.

8. Tentukan Goal

program fitnes selama puasa

Sebelum Anda memulai menjalankan latihan dibulan puasa, pastikan dan catat goal atau tujuan Anda, entah itu menurunkan berat badan, memaintain, atupun menaikan berat badan melalui massa otot.

Dengan demikian akan PERMUDAH Anda untuk mencapai tujuan karena Anda mempunyai Goal.

9. Berhenti Fitnes Setelah Berbuka

program fitnes selama puasa

Untuk membantu proses pencernaan makanan, JANGAN LANGSUNG melakukan aktivitas berat selepas berbuka. Apalagi kembali melakukan fitnes dan mengangkat beban.

Makanan yang baru Anda makan belum terserap oleh tubuh dan karena itu Anda belum punya tenaga yang cukup untuk kembali melakukan aktivitas yang berat.

Ini adalah saatnya lambung Anda mulai bekerja dan bisa dipastikan aktivitas lambung.

10. Berbuka dengan Suplemen

program fitnes selama puasa

Berbuka dengan suplemen sangatlah dianjurkan, terutama whey protein atau gainer.

Karena setelah Anda berpuasa selama kurang lebih 12 jam, apa saja yang Anda konsumsi selepas puasa akan terserap lebih dahulu oleh tubuh, dan Anda mau pastikan apa yang terserap terlebih dahulu oleh tubuh adalah nutrisi dan protein yang tubuh Anda butuhkan

Dan jangan makan makanan berat terlebih dahulu karena sangat tidak baik untuk lambung Anda.

Anda juga bisa mencampur Whey dan gainer dengan susu ataupun bcaa, untuk meningkatkan kadar protein yang dikonsumsi untuk tubuh dan otot Anda.

Penuhi juga cairan tubuh Anda dengan minum air putih secukupnya. Makan manakan berat seperti nasi hanya cocok dilakukan setelah 1 – 2 jam kemudian atau setelah shalat tarawih.

Ingat, bahwa puasa memang merupakan KEWAJIBAN yang menjadi prioritas selama bulan Ramadhan.

Namun bukan berarti untuk mengesampingkan hidup sehat yang sudah Anda jalani setiap hari, melainkan untuk mensiasatinya dengan tepat, dengan apa yang sudah disampaikan. Selamat Berpuasa.

#MAKEITCOUNT

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes