tips membangun otot

11 Tips Fitness Terbaik yang Akan Mengubah Hidup Anda

Setiap pengetahuan yang baik pasti akan memberikan hasil mengagumkan karena pengetahuan adalah kekuatan. Memiliki tubuh yang kuat juga ada rahasianya dan sebentar lagi Anda akan mengetahuinya.
tips membangun otot
Kali ini para pakar olahraga dunia akan berbagi pengetahuan mereka seputar fitness dan olahraga yang akan mengubah kehidupan Anda. Apa saja tips-tips unik tersebut? berikut di antaranya:

Isi Bahan Bakar Sebelum & Sesudah Latihan

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Physiology menunjukkan bahwa produksi hormon pertumbuhan meningkat secara signifikan jika Anda mengonsumsi kombinasi protein dan karbohidrat 1-2 jam sebelum latihan.

“Itu adalah jangka waktu yang diperlukan tubuh untuk mengolah karbohidrat dan protein menjadi sumber energi dan bahan baku pembangun otot. Dan isi tubuh Anda dengan komposisi yang sama segera setelah latihan,” terang Craig Ballantyne, C.S.C.S seorang pelatih profesional di Kanada.

Tidak Lebih 1 Jam

Lakukan latihan beban maksimal 1 jam saja. Setelah 1 jam tubuh Anda mulai memproduksi hormon stres (kortisol) dalam jumlah banyak yang dapat menghambat hormon testosteron sehingga berhenti memberi efek pertumbuhan otot.

Lindungi Leher Anda

Letakkan lidah Anda di langit-langit mulut saat melakukan crunch atau sit up. “Cara ini akan membuat kepala Anda lurus dengan posisi yang tepat, sehingga mengurangi ketegangan pada leher,” kata Michael Meija, C.S, penasihat olahraga Men’s Health.

Gunakan Urutan yang Tepat

Gunakan dumbbell, barbell dan mesin dengan urutan seperti itu. “Otot-otot kecil dan stabil yang Anda latih dengan dumbbell akan terlebih dulu lelah sebelum kelompok otot-otot besar,” kata Charles Staley, pelatih beban di Las Vegas. Jadi lanjutkan berlatihan di mesin latihan, yang membutuhkan sedikit bantuan dari otot-otot kecil saat tubuh Anda mulai kelelahan.

Hilangkan Rasa Malas

Jika Anda merasa terlalu malas untuk berlatih, cobalah trik ini: Selama satu hari, jadwalkan waktu untuk berlatih dan patuhilah jadwal tersebut, walau hanya 10 menit saja. “Sebelum tidur, tanyakan pada diri Anda sendiri apakah Anda merasa kurang produktif sepanjang hari itu,” kata John Jakicic, Ph.D, seorang psikolog olahraga Fakultas Kedokteran Brown University. Jika jawabannya ‘tidak’, maka alasan Anda menghindari olahraga akan lenyap.

Hapus Titik Lemah

Jika Anda tidak menyukai salah satu jenis latihan, mulailah mencobanya. “Anda mungkin menghindari latihan tersebut karena Anda merasa tidak dapat melakukannya dengan baik. Padahal bisa jadi latihan tersebut yang Anda butuhkan untuk membangun otot yang Anda targetkan,” terang Meija.

Tumbuhkan Otot yang Cedera

Jika Anda mengalami cedera lengan kanan, maka gunakan tangan kiri Anda sebaik mungkin untuk melakukan latihan. Para peneliti dari University of Oklahoma menemukan bahwa orang yang berlatih hanya dengan satu lengan selama 2 minggu ternyata mampu meningkatkan kekuatan lengan yang tidak dilatih sebesar 10 persen. Alasannya, melatih salah satu lengan akan merangsang serabut-serabut saraf otot pada lengan lainnya.

Tinggalkan Ikat Pinggang Beban

Sebaiknya tidak berlatih menggunakan ikat pinggang beban. Berlatih teratur dengan mengenakan ikat pinggang beban sesungguhnya akan melemahkan otot-otot perut dan punggung bagian bawah. “Kenakan hanya pada saat Anda mencoba mengangkat beban maksimum dalam gerakan-gerakan tertentu seperti squat, deadlift dan overhead press,” kata Dr. Oman dari University of Cambridge.

Lindungi Bahu

Kurangi beban sebanyak 10 persen saat Anda mengganti cara memegang palang beban. Jadi jika Anda telah melakukan bencpress seberat 60 kg sebanyak 10 repetisi dengan pegangan ‘medium grip’, turunkan menjadi 55 kg saat Anda mengganti pegangan menjadi ‘wide grip’ (pegangan lebar).

“Anda akan menekan persendian dan otot-otot Anda jika mulai mengangkat beban dengan cara berbeda dari yang biasa. Cara di atas perlu dilakukan untuk menghindari cedera,” kata John Raglin, Ph.D.

Lipat Gandakan Massa Otot

Jangan berlatih dengan beban yang sama. Tambahkan beban angkatan secara berkala untuk mendapatkan massa otot yang berlipat ganda. “Otot akan cepat beradaptasi dengan beban yang sama. Kejutkan dengan beban yang lebih berat, maka (otot) akan tumbuh lebih besar,” tambah Raglin.

Protein Setelah Latihan

Segeralah makan setelah latihan. Penelitian di Denmark menemukan bahwa pria paruh baya yang minum segelas susu protein yang mengandung 10 gr protein, 7 gr karbohidrat dan 3 gr lemak, lima menit setelah latihan mengalami penambahan volume otot. Sedangkan pria yang mengonsumsi minuman yang sama 2 jam setelah latihan tidak mengalami penambahan volume otot. (dan)

BACA JUGA : TINGKATKAN KECEPATAN, BAKAR LEMAK LEBIH BANYAK

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes