fitnes di rumah tanpa alat

30 Menit Fitnes di Rumah Tanpa Alat Jelang Liburan Akhir Tahun

Mulai fitnes di rumah tanpa alat dari sekarang agar liburan akhir tahun nanti tubuh Anda tetap bugar. Lalu, gerakan latihan seperti apa yang bisa dilakukan di rumah?

Banyak sekali tanggal merah yang ada di bulan Desember ini.

Anda mungkin sudah merencanakan liburan akhir tahun ini dengan pergi ke suatu tempat bersama keluarga atau orang-orang terdekat Anda.

Liburan adalah waktu yang ditunggu oleh banyak orang untuk melepas penat akibat aktivitas (pekerjaan) sehari-hari.

Desember adalah momen yang tepat karena merayakan Hari Raya Natal (bagi yang merayakan) sekaligus liburan penutup tahun.

Rencana liburan bahkan mungkin sudah Anda rencanakan jauh sebelumnya.

Dan karena liburan itu, mungkin Anda akan kehilangan beberapa waktu untuk berolahraga (latihan).

Bila waktu latihan berkurang, bisa-bisa liburan Anda tidak sesuai harapan karena dapat membuat kebugaran tubuh Anda menurun.

Tidak ingin ini terjadi bukan?

Maka dari itu, mulai rencanakan latihan meski nanti pada saat liburan. Tidak harus ke gym atau membutuhkan alat-alat yang spesial.

Cukup dengan memanfaatkan ruangan hotel atau di dalam rumah serta menggunakan beban tubuh Anda (bodyweight training).

Lakukan 30 menit fitnes di rumah tanpa alat berikut ini dengan metode circuit.

Anda akan melakukan masing-masing gerakan selama 30 detik, kemudian istirahat 30 detik.

Lakukan selama enam set untuk masing-masing gerakan.

1. 180 Burpee

fitnes di rumah tanpa alat

Pada burpee kali ini sebenarnya sama dengan burpee seperti biasa, yaitu melompat kemudian melakukan push up.

Yang membedakan adalah posisi tubuh, yaitu dua kali saling berlawanan.

Misalnya repetisi pertama menghadap ke utara (saat push up), maka repetisi kedua menghadap ke selatan.

2. Hollow Rock

Latihan selanjutnya adalah hollow rock. Posisi awal adalah berbaring telentang dengan kedua tangan ke atas sementara posisi kedua kaki lurus.

Kemudian angkat kedua kaki dan juga kedua lengan sedikit ke atas (lihat digambar). Lalu ayunkan tubuh Anda dan pertahankan posisi tersebut selama 30 detik lalu istirahat 30 detik.

3. Push Up – Close Grip Push Up

Sekarang berlanjut ke fitnes di rumah tanpa alat berikutnya yang tak kalah populer, yaitu push up. Namun, pada latihan kali ini push up akan sedikit divariasikan dengan teknik close grip atau kedua telapak tangan merapat.

Awali posisi dengan grip normal yaitu selebar bahu. Kemudian ketika mengangkat tubuh ke atas, pindahkan grip lebih dekat ketika kembali menurunkan tubuh Anda. Ulangi selama 30 detik.

4. Pendulum Lunges

Beberapa gerakan fitnes di rumah tanpa alat di atas mungkin sedikit lebih banyak melatih kelompok tubuh bagian atas (upper body). Selanjutnya adalah latihan yang terkonsentrasi pada tubuh bagian bawah (lower body).

Gerakan kali ini adalah lunges. Namun, lunges ini sedikit divariasikan. Yaitu awali posisi dengan berdiri, kemudian salah satu kaki melakukan lunge mundur, setelah itu lanjut lunges ke depan (tanpa ke posisi berdiri). Setelah itu baru kembali ke posisi awal.

Bila memungkinkan, tambahkan beban seperti dumbbell pada kedua tangan Anda.

5. Three Jacks – Squat Jacks

Hampir sama seperti ketika melakukan jumping jacks. Gerakan latihan ini tujuan utamanya adalah meningkatkan heart rate Anda.

Setelah melompat tiga kali, kemudian lakukan squat sekali sambil tangan kanan menyentuh tanah. Kembali ke posisi awal lalu ulangi gerakan.

Fitnes di rumah tanpa alat memang sangat mudah untuk dilakukan. Namun untuk tetap mendukung aktivitas tersebut, pastikan tubuh Anda tetap ternutrisi dengan baik.

Menjaga asupan makanan-makanan yang sehat dan seimbang juga turut menentukan kondisi kebugaran Anda saat menghadapi liburan akhir tahun nanti.

Menjaga kebugaran untuk menghadapi liburan nanti sangatlah penting. Harapannya tentu saja adalah agar liburan tetap optimal dengan kondisi tubuh yang selalu fit dan sehat. Salah satu caranya adalah tetap melakukan fitnes di rumah tanpa alat seperti yang sudah disampaikan di atas. Semoga bermanfaat.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes