4 Kesalahan Jogging atau Berjalan Kaki yang Jarang Disadari

Pernahkah Anda tiba-tiba mengalami sakit dibagian punggung setelah jogging atau lari? Hal itu bisa saja disebabkan oleh posisi tubuh Anda yang tidak tepat saat berlari atau jogging. Anda tidak mungkin bisa melihat tubuh Anda sendiri ketika berlari bukan?

Posisi tubuh sangat memengaruhi kualitas berjalan seseorang. Jika posisi tubuh pada waktu berjalan kaki atau berlari tidak tepat, maka akan menyebabkan nyeri dan bahkan cedera pada bagian tubuh tertentu.

4 Kesalahan Jogging atau Berjalan yang Jarang Diketahui

Berikut 4 kesalahan posisi tubuh saat jogging atau berjalan kaki yang sering tidak disadari :

Pola jalan asimetris
Ini berarti memberatkan salah satu sisi tubuh atau kaki Anda ketika berlari atau berjalan kaki. Kesalahan ini harus menjadi hal pertama yang perlu Anda ketahui sebelum menyebabkan cedera. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan mendengarkan suara langkah Anda sendiri. Manakah yang lebih keras suaranya antara kaki kiri dan kanan. Berjalanlah dengan sepatu beralas keras diatas alas papan atau kayu untuk mengetahuinya.

Lutut tertekuk ke dalam
Banyak orang yang bermasalah pada lututnya ketika sehabis berlari atau jogging. Salah satu penyebab hal ini adalah otot gluteus (bokong) yang lemah. Perlu diingat bahwa lutut Anda harus tetap sejajar dengan pinggul Anda ketika sedang berjalan kaki maupun berlari. Namun jika otot-otot pinggul lemah dan tidak kuat menopang beban berat tubuh Anda, maka beban tersebut akan berpindah ke lutut sehingga menyebabkan lutut tertekan atau tertekuk masuk ke bagian dalam ketika berjalan kaki. Untuk mencegahnya Anda perlu melakukan latihan yang bisa membangun otot gluteus medius dan gluteus maximus (dua otot utama pada bokong) agar bisa menopang beban tubuh Anda lebih baik ketika berjalan atau berlari, contohnya adalah latihan dengan gerakan Step-up with knee raise atau Single leg glute bridge.

Lengan berayun-ayun
Apakah kedua tangan Anda selalu berayun-ayun tak tentu arah ketika jogging? Hati-hati, ayunan kedua tangan tak tentu arah ketika jogging sebenarnya dapat meyebabkan sakit pada otot punggung Anda. Bahkan langkah yang tidak sesuai dengan ukuran tubuh atau langkah yang terlalu lebar juga bisa meyebabkan rotasi yang berlebihan, karena panggul dan tulang belakang Anda bergerak bersamaan melebihi bagian tubuh lainnya.

Sepatu yang tidak tepat
Memakai sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran atau tak sesuai fungsinya juga bisa menyebabkan nyeri pada punggung, pinggul, dan lutut. Jangan remehkan hal ini dan gunakanlah sepatu khusus jogging atau berlari yang ukurannya pas dengan kaki Anda.

So fitness mania, apakah Anda juga sering melakukan kesalahan-kesalahan tersebut tanpa menyadarinya? (boy)

BACA JUGA : Video: Hindari Cedera Lari Dengan Stretching

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes