4 Latihan Singkat Pereda Sakit Leher

Latihan beban seharusnya meningkatkan kualitas hidup Anda bukan malah menurunkannya. Jika sebelumnya kita menganggap bahwa latihan beban dapat menyebabkan nyeri otot, di sisi lain latihan beban ternyata juga efektif untuk meredakan nyeri otot di bagian tubuh tertentu.

4 Latihan Singkat Pereda Sakit Leher

Seperti dilasir Fitness, latihan berikut ini terbukti telah membantu 79 pasien sakit leher di Denmark yang berangsur membaik dalam waktu 10 minggu. Lakukan masing-masing 3 set dengan 12 repetisi dua kali dalam seminggu.

Shoulder Shrug

Tahapan Pelaksanaan:

Berdiri, buka kaki selebar pinggul. Pegang dumbel seberat 7-11kg (jika belum mampu bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda) di kedua tangan yang berada di sisi badan. Telapak menghadap ke dalam. Jaga tangan agar tetap lurus dan leher rileks, sambil mengangkat bahu ke atas. Turunkan.

One Arm Row

Tahapan Pelaksanaan:
Berdiri di samping kursi, pegang dumbel seberat 7-11 kg (jika belum mampu bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda) di tangan kanan. Letakan lutut kiri di kursi, tekuk siku hingga tubuh bagian atas sejajar dengan lantai, badan bagian belakang rata, dan telapak tangan kiri di kursi. Angkat beban, turunkan. Setelah melakukan 12 repetisi, ganti tangan.

Upright Row

Tahapan Pelaksanaan:

Berdiri, buka kaki selebar pinggul, pegang dumbel seberat 2-5kg di kedua tangan, telapak menghadap bagian depan paha. Tekuk siku hingga sejajar dengan bahu, dumbel sejajar dada. Turunkan.

Reverse Flye



Tahapan Pelaksanaan:

Pasang kursi dengan kemiringan 45 derajat, kemudian duduk di depannya. Pegang dumbel 1-4 kg di kedua tangan, tangan berada di samping tubuh, telapak menghadap ke dalam (jika tidak punya kursi latihan, berdiri dengan lutut sedikit ditekuk dan bungkukkan badan). Jaga siku agar tetap sedikit bengkok, angkat beban hingga sejajar dengan bahu dan tekuk bahu ke belakang, turunkan.

Jika Anda masih awam dengan gerakan di atas, mintalah bantuan personal trainer atau fisioterapis untuk mendapatkan panduan gerakan yang tepat guna meredakan nyeri otot leher Anda.

BACA JUGA : Nyeri Punggung Setelah Berlatih Dengan Bola? Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasinya!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes