4 Manfaat Latihan Kardio Bagi Kesehatan Kardiorespirasi

Latihan kardio secara rutin dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan sistem kardiorespirasi. Kardiorespirasi adalah kemampuan jantung, paru-paru dan pembuluh darah untuk berfungsi secara optimal saat beraktivitas atau beristirahat dalam mengambil oksigen dan menyalurkannya ke jaringan yang aktif sehingga dapat digunakan untuk proses metabolisme tubuh.


Latihan kardio biasa digunakan untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Akan tetapi alasan melakukan latihan kardio bukan hanya sebatas untuk membakar lemak tubuh saja, namun banyak manfaat bagi kesehatan yang bisa diperoleh dengan mengikuti program latihan kardio secara teratur.

Ada 4 manfaat besar yang bisa Anda dapat dengan rajin berlatih kardio, yaitu:

  1. Menurunkan Tekanan Darah
    Latihan kardio, terutama latihan aerobik, dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Penurunan tekanan darah bisa Anda rasakan pada minggu pertama Anda berlatih. Tekanan sistolik darah akan turun sekitar 8-10 mm, dan tekanan diastolik dapat turun hingga 6-10 mm. Efek latihan aerobik hampir sama baiknya dengan obat penurun tekanan darah. Jadi, jika Anda sedang dalam pengobatan tekanan darah tinggi, Anda tidak dianjurkan untuk melakukan latihan dan menggunakan obat secara bersamaan. Bagi Anda yang tidak memiliki tekanan darah tinggi dengan tekanan darah normal 120/80 mm/hg, dapat menghindari risiko tekanan darah tinggi dengan rajin melakukan latihan kardio.
  2. Hindari Tekanan Darah Tinggi Agar Tubuh Anda Tetap Sehat Di Sini!

  3. Membantu Mengendalikan Kolesterol Darah
    Dalam tubuh manusia terdapat 2 macam kolesterol, yaitu LDL (Low Density Lipoprotein) yang biasa disebut kolesterol jahat, dan HDL (High Density Lipoprotein) yaitu kolesterol baik. LDL sering dihubungkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke, karena kolesterol jahat ini dapat mengendap dan menyumbat pembuluh darah. Selain LDL, ada pula HDL atau kolesterol baik, yang berfungsi menekan perkembangan LDL dalam darah, sehingga dapat mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah. HDL akan meningkat saat Anda berolahraga, seperti latihan kardio. Inilah sebabnya mengapa latihan kardio berperan penting dalam mengendalikan kolesterol darah, yaitu dengan cara menurunkan risiko penyumbatan pembuluh darah.
  4. Meningkatkan Kesehatan Secara Keseluruhan
    Selain berfungsi untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, latihan kardio juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika Anda latihan kardio secara rutin, Anda dapat meningkatkan kesehatan jantung dan sistem pernapasan menjadi lebih baik, dan juga meningkatkan kekebalan tubuh Anda agar tidak mudah sakit. Latihan kardio juga memungkinkan tubuh menyerap oksigen lebih banyak, meningkatan kesehatan paru-paru sehingga baik bagi penderita emfisema dan bronkitis kronis.
  5. Memperpanjang Umur
    Sebuah penelitian menyatakan, jika Anda berlatih secara rutin 15 menit setiap hari, Anda dapat hidup 3 tahun lebih lama daripada orang yang tidak rajin berlatih. Hal ini mungkin terjadi karena dengan rajin berlatih membantu sistem peredaran darah tetap lancar, menjaga tekanan darah tetap stabil, dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Begitu besar manfaat latihan kardio bagi kesehatan Anda. Inilah sebabnya mengapa Anda tidak boleh meninggalkan latihan ini. Apapun kesibukan dan aktivitas Anda, usahakan tetap berlatih kardio minimal 15 menit setiap hari untuk kesehatan dan kebahagiaan hidup Anda.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes