mempercepat metabolisme

4 Menit untuk Pacu Metabolisme yang Lebih Cepat

Metabolisme adalah suatu proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh semua makhluk hidup. Karena, makhluk hidup mendapat, mengolah, dan mengubah zat melalui proses kimiawi untuk mempertahankan hidupnya.

JENDELAKU
Oleh sebab itu, kadang kala manusia mencari cara untuk mempercepat proses metabolisme yang ada di dalam tubuhnya. Tak jarang pula, suplemen dipilih sebagai solusi untuk mempercepat metabolisme tubuh.

Namun, ada cara yang lebih alami dan sehat dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen. Olahraga adalah kuncinya. Namun, tidak semua gerakan dalam olahraga dapat mempercepat metabolisme. Terdapat gerakan-gerakan tertentu yang dianggap lebih efektif untuk mempercepat metabolisme. Bahkan, Anda tak perlu melakukan gerakan tersebut dengan lama, cukup hanya dengan hitungan menit, Anda akan dapat memacu metabolisme di dalam tubuh Anda.

1. Back Lunge

Lunge

Gerakan ini dapat mengencangkan dan memperindah bentuk pantat. Umumnya, ini merupakan gerakan yang biasa dipakai ketika senam. Namun, karena manfaatnya yang dianggap lebih efektif dan mudah, gerakan ini banyak digunakan juga untuk pemanasan ketika berolahraga. Dengan gerakan ini metabolisme tubuh juga akan cepat terpacu. Ini karena, kita melakukan posisi dengan menjaga agar tubuh selalu tegak. Sehingga, berguna untuk mengurangi tekanan pada punggung Anda.

2. Bent Over Row

Standing Row
Untuk memaksimalkan metabolisme tubuh, gerakan ini juga dianggap efektif oleh sebagian orang. Gerakan Bent Over Row hampir mirip dengan Back Lunge, namun Anda membutuhkan barbel atau benda berat untuk memaksimalkan manfaat untuk gerakan ini. Awalnya, gerakan dimulai sama seperti back lunge, namun Bent Over Row tidak meletakkan lutut ke lantai, melainkan menahan tubuh ke depan dengan lengan berada di belakang tubuh Anda. Selanjutnya, kembali ke posisi awal dengan lengan berada di depan lutut. Dengan bertahan pada posisi tersebut, akan membuat Anda menahan seluruh bobot tubuh Anda pada kaki, sehingga dapat membuat bagian tubuh belakang menjadi lebih padat.

3. Squat

Squat
Fungsi dari gerakan senam ini adalah untuk memperkuat otot Glateus Maksimus. Otot tersebut merupakan otot terbesar dalam tubuh manusia yang membentuk bagian pantat. Hal inilah yang membuat otot ini berperan besar dalam menjaga batang tubuh Anda agar tetap tegak, sehingga dapat melawan gravitasi bumi. Bukan hanya itu, otot pantat juga memiliki peran sebagai penyeimbang bagi tubuh Anda. Itulah sebabnya, jika Anda melakukan squat, maka akan memacu gerakan pada otot terbesar kita. Sehingga, secara langsung juga berpengaruh pada metabolisme dalam tubuh kita.

4. Pelvic Lift

pelvic Lift

Satu lagi, gerakan yang disarankan untuk Anda agar metabolisme tubuh dapat terpacu dengan baik. Gerakan tersebut adalah Pelvic Lift. Gerakan ini berfungsi untuk memperkuat otot perut, sehingga dapat membantu Anda untuk memperoleh perut bebas lemak. Bukan hanya itu, dengan memposisikan tubuh dalam keadaan telentang, sambil menekuk lutut, dan mengangkat pinggul ke atas, juga dianggap akan memperindah bentuk pantat. Hal ini dikarenakan, posisi pantat akan tertarik ke atas, sehingga membuat otot bagian tersebut menjadi lebih padat.

Satu menit untuk masing-masing gerakan di atas tidak akan membutuhkan waktu yang lama. Namun, bukan hanya dengan latihan itu saja, melainkan juga harus diimbangi pula dengan mengonsumsi makanan sehat dan banyak meminum air putih. Dengan begitu, akan mempercepat metabolisme di dalam tubuh Anda. Sehingga, Anda akan selalu maksimal dan berenergi. (gie)

BACA JUGA: Berat Badan Naik, Padahal Sering Latihan? Jangan Khawatir!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes