4 Pertanyaan yang Bakal Membuat Tubuh Anda Makin Berotot

Jika ada pertanyaan seputar latihan yang Anda lakukan di gym, maka pertanyaan-pertanyaan tersebut akan menjadi pengetahuan yang menarik jika dikombinasikan dengan jawaban yang tepat, sehingga bisa membantu Anda keluar dari rutinitas latihan yang membosankan.

memiliki-tubuh-berotot

Well, sudah siapkah Anda membangun otot, membangun kekuatan dan memiliki tubuh ideal? Pelajaran untuk Anda dimulai dari sekarang.

Mampukan Anda menarik Tubuh Anda Sendiri 10 x?

Ada ungkapan: jika Anda tak melakukan tarikan (rowing), otot-otot Anda tidak akan berkembang. Dan, tak ada cara yang lebih baik untuk mengawali keduanya dibanding melakukan latihan yang disebut inverted row atau body row.

Di samping berperan sebagai latihan murni terbaik untuk membangun otot. Inverted row juga memperkokoh bahu belakang dan punggung atas Anda.

Otot-otot ini adalah kelompok yang diabaikan penggunaannya saat Anda melakukan bench press. Dengan melatihnya, Anda bisa mencegah ketidakseimbangan postur tubuh.

inverted-row

Coba berpikir dari sudut padangan ini: Jika Anda melakukan bench press lebih banyak di banding rowing, otot paling kokoh di bagian depan tubuh atas Anda akan mengambil kekuatan dari otot yang lemah di punggung Anda-kondisi yang menyebabkan bahu tertarik ke depan.

Jika Anda tak mampu melakukan 10 inverted row dengan gerakan sempurna, kemungkinan besar telah terjadi ketidakseimbangan otot di tubuh Anda. Cara memperbaikinya? Aplikasikan dua set inverted row tiap satu set bench press (atau latihan dada lainnya) yang Anda lakukan. Gunakan pendekatan latihan ini hingga Anda mampu meminimalkan titik lemah yang ada.

Apakah Squat yang Anda Lakukan Sudah Cukup Rendah?

Ketika ada pertanyaan, apakah Anda sering melakukan squat? 99 persen akan menjawab “ya”. Tetapi ketika kita melihat secara langsung bagaimana kebanyakan orang-orang di gym berlatih squat, maka Anda akan mendapatkan fakta baru. Squat yang mereka lakukan masih kurang rendah.

box-squat
Ketika Anda sedang berlatih untuk membangun otot, perbedaan ukuran sekecil apapun bisa menjadi persoalan. Mengapa? Karena semakin luas rangkaian gerakan yang Anda lakukan, makin banyak serat otot yang diaktifkan, dan makin besar peluang otot berkembang. Ya, squat yang dangkal memang tidak menyiksa tubuh, tetapi latihan ini tidak akan memberikan Anda apapun jika Anda tidak melakukannya lebih rendah.

Kontrol kedalaman latihan squat dengan menggunakan box setinggi 30 cm di bawah tubuh Anda. Jika Anda pantat Anda tidak menyentuh box di setiap repetisi, berarti squat Anda kurang rendah. Coba lagi!

Apakah Anda Mengabaikan Pushup?

Selain bekerja pada otot-otot dada dan tricep, pushup juga melatih otot-otot bagian utama, samping dan setiap otot yang berada di bagian atas tubuh Anda. Hal ini menjadikan pushup sebagai salah satu gerakan konvensional paling efektif dan efisien dalam perbendaharaan latihan setiap pria.

Jika Anda berpikir latihan pushup kurang menantang, silakan coba cara ini:

weighted-pushup

Ambil posisi standar pushup, tempatkan kaki Anda di atas bench. Kemudian minta teman latihan Anda menempatkan plate seberat 13 kg di punggung Anda . Sekarang lakukan 15 repetisi pushup dengan gerakan sempurna. Jika Anda berhasil, Anda perlu menambahkan tantangan yang lebih serius.

Berapa Kali Anda Mampu Mengangkat Tubuh?

Ini bukan sebuah kesalahan. Tak seperti bench press, sebagian besar pria mengukur kemampuan chinup-nya dengan menghitung repetisi yang dituntaskannya, bukan berapa jumlah beban yang harus diangkatnya.

Namun sebuah penelitian di Australia memastikan bahwa seharusnya Anda mampu melakukan chinup dengan menggunakan beban yang bisa Anda angkat saat bench press. Penelitian tersebut menambahkan, cedera bahu meningkat secara signifikan ketika seorang pria dapat melakukan bench press 15 persen lebih banyak dari chinup.

chinup

Untuk mengetahuinya, lakukan chinup sebanyak yang Anda mampu dengan menggunakan tubuh Anda sendiri sebagai beban. Lalu, bandingkan repetisi yang mampu Anda lakukan saat chinup dan bench press (dengan beban yang sama).

Katakan berat Anda 70 kg dan bisa menyelesaikan 5 repetisi chinup. Keseimbangan kekuatan Anda berada pada titik ideal jika Anda mampu melakukan 5 repetisi bench press dengan beban 70 kg. Namun, jika ternyata Anda mampu melakukan 10 repetisi bench press dengan beban itu, berarti Anda terlalu kuat di bench press dan berisiko besar terkena cedera bahu.

Well, semoga bisa mencerahkan wawasan Anda. (dan)

BACA JUGA : CIRCUIT TRAINING, JALAN PINTAS DAPATKAN TUBUH SEKSI

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes