5 Alasan Kenapa Memilih Latihan dengan Kettlebell

Bosan menggunakan dumbbell atau barbell saat latihan beban? Coba dengan kettlebell agar latihan Anda semakin asyik dan menantang.

Headline-DF-Kettlebellpx

Kettlebell merupakan pemberat yang berbentuk seperti bola dengan dilengkapi pegangan. Beratnya sendiri bervariasi mulai dari 4 kilogram hingga mencapai 79 kilogram.

Kettlebell diduga berasal dari Rusia pada tahun 1800-an. Namun, ada juga yang percaya bahwa latihan menggunakan kettlebell sudah ada sejak zaman Spartan (Yunani). Namun, kettlebell menjadi salah satu alat kebugaran sejak dipopulerkan oleh mantan pelatih pasukan khusus Uni Soviet, Pavel Tsatsouline. Ia percaya bahwa dengan kettlebell, Anda bisa mendapatkan manfaat yang sama seperti menggunakan dumbbell, bahkan lebih baik.

>> Kettlebell, Jadikan Latihan Beban Lebih Asik & Menantang <<

Mencegah Kebosanan

Ketika seseorang yang telah terbiasa latihan beban menggunakan dumbbell atau barbell, tidak sedikit yang mulai merasa bosan dengan latihan tersebut. Nah, untuk mencegah rasa bosan, melakukan variasi latihan adalah salah satu cara yang tepat. Jika bosan menggunakan dumbbell atau barbell, coba ganti dengan menggunakan kettlebell.

Latihan menggunakan kettlebell merupakan salah satu alternatif bagi mereka yang jenuh dengan latihan rutin lainnya. Ketika melakukannya, seluruh tubuh Anda akan melakukan gerakan dan mengayun. Latihan kettlebell tidak hanya fokus pada jumlah repetisi, melainkan juga pengendalian gerakan.

Alasan Kenapa Memilih Menggunakan Kettlebell

latihan kettlebell

1. Latihan yang Luar Biasa

Ketika melakukan swing kettlebell detak jantung (heart rate) dapat meningkat dengan cepat. Menurut sebuah studi yang dilakukan American Council on Exercise (ACE), latihan menggunakan kettlebell dapat membakar hingga 20 kalori per menit (tergantung dari intensitas latihan. Dengan melakukan latihan ini, berarti Anda telah melakukan latihan kardio sekaligus latihan kekuatan. [Baca Juga: Bakar Kalori Lebih Banyak Dengan Latihan Kettlebell]

2. Lebih Mudah

Jika dilakukan dengan benar, latihan menggunakan kettlebell sangat mudah dan nyaman. Namun, tidak jarang yang takut melakukan latihan kettlebell,terutama dengan metode plyometric. Jika dilakukan dengan tepat maka tidak akan menjadi masalah. Tapi jika dilalkukan dengan kurang hati-hati, bukan tidak mungkin akan membuat nyeri sendi.

3. Fungsional

Latihan kettlebell juga bisa bermanfaat sebagai latihan kardio serta daya tahan otot (strenght training). Namun tidak hanya itu, latihan menggunakan kettlebell juga dapat meningkatkan mobilitas dan koordinasi. Hal ini dikarenakan latihan kettlebell merupakan latihan dengan menggunakan tangan yang berbeda.

4. Dapat Dilakukan dengan Latihan Lain

Anda dapat menggunakan kettlebell meski sedang dalam latihan seperti HIIT, Tabata, atau latihan kardio sederhana seperti berjalan. Hal ini dikarenakan ukuran dan fleksibelnya kettlebell.[Baca Juga: Lebih Bugar Dengan Variasi Latihan Kettlebell Windmill]

5. Praktis

Dengan bentuknya yang menyerupai bola, kettlebell sangat praktis dan mudah dibawa ke mana-mana.

Berapa Berat Kettlebell yang Tepat untuk Menambah Power dan Massa Otot

Latihan dengan menggunakan kettlebell dapat memberikan beberapa manfaat. Salah satunya adalah menambah power dan juga massa otot. Jika dilakukan dengan tepat dan rutin, bukan tidak mungkin goal fitnes Anda akan segera tercapai.

Salah satu hal yang paling penting lain ketika menggunakan kettlebell adalah berat yang tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk laki-laki pemula, sebaiknya gunakan berat tidak lebih dari 20-25 kilogram. Sementara untuk wanita pemula sebaiknya tidak lebih dari 18 kilogram. Jika tidak yakin dengan berat yang benar untuk Anda, sebaiknya gunakan tes berikut.

Pegang satu kettlebell dengan kedua lengan lurus ke depan. Jika Anda melakukannya dengan mudah, mungkin berat kettlebell tersebut masih terlalu ringan.

Note: Dengan rutin latihan dan menjaga pola makan yang sehat, serta didukung dengan suplementasi yang tepat, maka massa otot Anda akan segera bertambah >> CarneBOLIC dari Ultimate Nutrition

Contoh Latihan Kettlebell untuk Pemula

Latihan kettlebell selain membantu meningkatkan kekuatan otot tubuh Anda, juga membantu program penurunan berat badan Anda karena efektif membakar kalori. Nah, berikut ini beberapa latihan menggunakan kettlebell yang mudah dikuasai.

1. Kettlebell Deadlift | 3 Set 10 Repetisi

latihan kettlebell

2. Kettlebell Swing | 3 Set 10 Repetisi

latihan kettlebell

3. Kettlebell Squat | 3 Set | 10 Repetisi

latihan kettlebell

4. Kettlebell Deadlift High Pull | 3 Set 10 Repetisi

latihan kettlebell

Note: Dengan rutin latihan dan menjaga pola makan yang sehat, serta didukung dengan suplementasi yang tepat, maka massa otot Anda akan segera bertambah >> CarneBOLIC dari Ultimate Nutrition

Sudah siap latihan dengan kettlebell? (db/ctr)

BACA JUGA: 5 Cara Agar Overhead Squat Berjalan Maksimal

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes