5 Cara Agar Overhead Squat Berjalan Maksimal

Salah satu cara untuk meningkatkan kekuatan otot tubuh adalah dengan melakukan overhead squat. Berikut ini beberapa tips agar overhead squat berjalan dengan maksimal.

Headline-DF-Overhead2

Seperti namanya, overhead squat merupakan salah satu variasi gerakan dari squat. Hampir sama dengan squat, namun pada overhead squat ini kedua tangan terangkat ke atas dengan memegang beban (barbell).

#5 Tips Maksimalkan Overhead Squat

Apabila dilakukan dengan baik dan benar, maka banyak manfaat yang akan didapat dengan melakukan overhead squat. Berikut ini beberapa tips melakukan overhead squat agar mendapat manfaat yang maksimal dan terhindar dari cedera.

manfaat overhead squat

1. Lakukan dengan benar

Pastinya, jika ingin overhead squat yang dilakukan berhasil maksimal, cara terbaiknya adalah melakukan gerakan tersebut dengan benar. Jika Anda masih pemula, sebaiknya memulai dengan bodyweight squat kemudian bertahap menggunakan bar tanpa beban.

Pastikan posisi lutut sedekat mungkin dengan dada ketika menurunkan badan. Ini bermanfaat agar kaki dapat lurus ketika mendorong beban ke atas.

>> Overhead Squat: Tes Otot Dalam 1 Menit << 2. Ingat akan kemampuan

Meski sudah melakukan overhead squat dengan teknik yang tepat, bukan tidak mungkin stabilitas bahu Anda terjaga. Kunci utamanya ada pada bagian belakang Anda. Tarik bahu dan tahan. Jika bahu Anda tidak seimbang setiap repetisi, sebaiknya untuk menurunkan berat beban.

Lakukan dengan berat beban secara bertahap. Jangan memaksakan diri untuk langsung mengangkat beban dengan cukup berat. Jika itu dilakukan, bukan tidak mungkin Anda berpotensi mengalami cedera.

3. Terkunci

Menjaga posisi siku tetap terkunci adalah cara tepat. Meskipun sedikit tidak nyaman, namun cara ini akan menjaga tubuh Anda tetap seimbang ketika mengangkat dan menahan beban.

4. Pandangan mata

Salah satu cara yang paling sederhana dalam melakukan overhead squat adalah posisi kepala. Pastikan posisi kepala Anda menghadap lurus ke depan. Dengan menghadap ke depan dapat membantu menjaga posisi punggung tetap lurus.

5. Tegak lurus

Jika diperhatikan dari samping, ketika beban sudah terangkat hingga di atas kepala, posisi tubuh akan terlihat tegak lurus antara tubuh bagian bawah dan atas. Mintalah bantuan trainer atau teman Anda untuk mengamati setiap gerakan overhead squat yang Anda lakukan.

#Manfaat Overhead Squat

Overhead squat merupakan salah satu latihan compound, yang mana dapat bermanfaat bagi beberapa kelompok otot dalam satu gerakan latihan. Apa saja manfaat melakukan latihan overhead squat dengan baik dan benar. [Baca Juga: Variasi Squat untuk Pondasi Lebih Kuat]

manfaat overhead squat

1. Tubuh bagian bawah

Melakukan overhead squat juga melatih beberapa otot tubuh bagian bawah seperti betis, hamstring (paha belakang), glutes,hingga punggung. Ketika melakukan gerakan ini, lutut akan menjadi tumpuan dan memberikan tekanan pada paha. Selain menguatkan dua bagian tersebut, overhead squat juga dapat dijadikan sebagai indikator fleksibilitas pergelangan kaki karena gerakan ini juga dapat memperbaiki sendi pada pergelangan kaki.

2. Melatih keseimbangan

Selain melatih otot tubuh bagian bawah, overhead squat juga dapat meningkatkan keseimbangan tubuh Anda. Ketika menahan beban dalam posisi squat (jongkok), maka hal itu akan membutuhkan keseimbangan. Jika dilatih secara bertahap, maka kemampuan keseimbangan tubuh akan meningkat.

3. Meningkatkan kekuatan otot inti

Overhead squat juga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot inti tubuh seperti otot perut. Otot perut bekerja dengan cara berkontraksi ketika mengangkat beban serta menahan beban ketika jongkok. Otot perut ini akan membantu menjaga keseimbangan dan stablitias antara tubuh bagian atas dan bawah.

Jangan lupa, selalu lakukan pemanasan sebelum memulai berlatih. Sudah siap untuk melakukan overhead squat? (ctr)

BACA JUGA: Menggabungkan Suplemen Tribulus, DHEA & ZMA Dapat Membantu Pembentukan Otot Pesat!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes