Kesalahan yang perlambat peningkatan massa otot

5 Kesalahan Utama yang Perlambat Peningkatan Otot

Banyak di antara pemula yang menginginkan tubuhnya bertransformasi ke arah yang lebih baik. Sayangnya, niat yang menggebu tidak banyak diimbangi dengan pengetahuan atau informasi-informasi yang layak dalam hal kebugaran.

FIX

Inilah yang akhirnya membuat banyak pemula membuang waktu berharganya secara sia-sia. Banyak pula rupiah yang dikeluarkan untuk mewujudkan keinginannya, namun sayang tak kunjung jua mendapatkan tubuh yang diimpikan.

Itulah sebabnya, jika Anda pemula, dan bermaksud ingin menerapkan gaya hidup sehat dan melakukan transformasi pada tubuh Anda, maka Anda wajib mengetahui banyak informasi. Jika memungkinkan, mintalah saran instruktur kebugaran atau kerabat Anda yang ahli dalam bidang ini. Berikut adalah informasi tentang kesalahan-kesalahan yang membatasi pertumbuhan massa otot Anda.

1.) Mengambil Terlalu Banyak Suplemen

Disebut suplemen karena suatu alasan. Suplemen bermanfaat untuk mengisi kekurangan asupan nutrisi yang tak cukup bila hanya mengandalkan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Itulah sebabnya suplemen begitu dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Namun, stereotype yang berkembang di masyarakat, suplemen diibaratkan sebagai pil dewa, yang jika seseorang mengonsumsinya maka akan langsung berubah menjadi ‘manusia super’. Manusia super di sini dengan artian tubuh yang tegap dan berotot.

Anggapan itulah yang seharusnya Anda rubah. Ingat, suplemen hanya mengisi kekosongan nutrisi pada tubuh Anda. Artinya, jika Anda tak melakukan usaha-usaha lain untuk mengimbangi pembentukan otot Anda, maka jangan harap Anda mendapatkan tubuh yang Anda idamkan.

Perhatikan kebutuhan Anda ketika mengonsumsi suplemen. Jika Anda menginginkan suplemen penambah massa otot, maka jangan sampai salah kamar dengan mengonsumsi suplemen yang mempunyai fungsi lainnya. Penting untuk Anda garis bawahi, bahwa mengonsumsi suplemen juga harus memperhatikan dosisnya. Jangan sampai Anda berpikiran salah. Semakin bayak dosis yang Anda konsumsi tidak akan membuat manfaatnya semakin terlihat. Justru hal itu malah mempengaruhi kesehatan Anda.

2.) Menambah Banyak Frekuensi Latihan

Logikanya, semakin sering Anda melakukan latihan, maka semakin cepat pula Anda mendapatkan benefit dari latihan yang Anda lakukan. Buang jauh-jauh logika seperti itu! Berkali-kali dalam artikel sejenis yang dimuat di website DuniaFitnes.com mengatakan, bahwa frekuensi latihan Anda tidak berpengaruh secara signifikan dalam pembentukan tubuh Anda.

Ibaratkan tubuh Anda adalah mesin. Setiap hari mesin tersebut selalu dioperasikan, maka suatu saat mesin tersebut akan panas dan rusak. Bandingkan jika mesin dipakai seminggu hanya beberapa kali. Bukan hanya onderdil-nya saja yang awet, namun output yang diperoleh pun juga semakin baik.

Hal tersebut sama halnya dengan tubuh Anda. Jika Anda melakukan latihan setiap hari tanpa henti dan memaksakan otot Anda mengangkat beban ekstrem setiap hari, bagaimana menurut Anda? Jelas, hal itu justru semakin membuat pertumbuhan massa otot Anda semakin lambat. Hal ini akan membuat atrofi (penyusutan massa otot) dan trauma pada otot Anda.

Sebagai rekomendasi, buatlah jadwal latihan. Seminggu tidaknya lakukan latihan 4-5 kali. Dalam jadwal tersebut, jadwalkan mana saja bagian tubuh yang akan Anda latih. Perencanaan awal dapat menambah keberhasilan Anda dalam melakukan transformasi tubuh Anda yang lebih baik. Sekarang, semua terserah kepada Anda, lebih mengutamakan kuantitas, atau kualitas!

3.) “Aku Menginginkan Bentuk Tubuh Seperti Dia!”

Mungkin salah satu motivasi Anda untuk menerapkan hidup sehat dengan memiliki tubuh kekar berasal dari seseorang yang menjadi sumber inspirasi Anda. Tokoh binaragawan, artis Hollywood, ataupun tokoh-tokoh lainnya begitu banyak diidolakan oleh Anda. Sebenarnya, hal itu sangat diperbolehkan. Namun yang perlu digaris bawahi, Anda tak perlu sefanatik dan ‘ngotot’ untuk melakukan hal yang sama seperti yang idola Anda lakukan.

Misalnya, jika idola Anda mengonsumsi suplemen atau menggunakan metode diet tertentu, maka hal itu jangan Anda paksakan. Struktur tubuh atau kondisi tubuh setiap orang itu berbeda. Terdapat orang yang hanya dengan suplemen dan diimbangi latihan dapat membentuk secara cepat tubuh mereka. Ada pula, yang bertahun-tahun melakukan latihan dengan jatuh bangun, dan akhirnya dapat membentuk tubuhnya menjadi idaman.

Intinya, jika Anda merasa tak cocok dengan metode latihan ataupun metode diet dari idola Anda, jangan paksakan! Buatlah metode latihan Anda sendiri atau cari referensi metode latihan yang Anda anggap itu baik dan cocok untuk Anda. Idola hanya motivasi Anda untuk berprestasi dan menerapkan pola hidup sehat. Di luar itu, buat cara Anda sendiri untuk berhasil melakukan transformasi dengan sukses, hingga akhirnya kisah Anda dapat menginspirasi orang lain.

4.) Makan Banyak Kalori Kotor

Percuma rasanya jika Anda melakukan latihan, namun makanan yang masuk ke mulut Anda tidak pernah Anda sortir. Anda melakukan latihan dengan keras, tapi sepulang dari gym Anda lapar dan makan-makanan dengan porsi banyak. Hal itu diperparah dengan pilihan menu Anda adalah junk food. Hal itu semakin lengkap sudah Anda memenuhi tubuh Anda dengan kalori.

Latihan yang Anda lakukan pun akan menjadi sia-sia. Ingat, penambahan massa otot tak bekerja saat Anda di gym, melainkan sesaat setelah Anda keluar dari gym. Jadi, ketika proses peningkatan massa otot itu bekerja, bagaimana bisa Anda menghambatnya dengan makan-makanan berkalori tinggi. Hal ini tentunya menjadi kontradiksi dengan keinginan Anda.

Sebagai rekomendasi, perbanyak makanan yang mengandung serat dan nutrisi tinggi. Konsumsilah sumber-sumber protein yang membuat pembentukan massa otot Anda semakin sehat dan cepat.

5.) Dengarkan Saran Lebih Lanjut

Banyak informasi-informasi menyesatkan seputar kebugaran. Di sekeliling Anda, informasi tersebut tak hanya ada melalui media. Namun, orang-orang terdekat Anda juga bisa menjadi penjerumus yang hebat untuk menyesatkan Anda. Siapapun itu, termasuk instruktur ataupun kerabat Anda, jika mereka memberikan saran-saran, maka jangan langsung Anda makan bulat-bulat. Kroscek terlebih dahulu dengan sumber-sumber yang lebih terpercaya. Jika memang informasi yang dikatakan oleh instruktur Anda memang benar, maka Anda dapat menerapkannya ketika Anda latihan.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan, sehingga memperlambat peningkatan massa otot Anda. Untuk itu jauhi poin-poin di atas, dan tetap semangat melakukan latihan! (gie)

BACA JUGA: Bebas Impotensi Dengan 100 Persen Suplemen Alami

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes