5 Latihan Push-up yang Wajib Anda Coba

Push-up dikenal sangat efektif untuk meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas, terutama dada, bahu, trisep, dan inti tubuh. Setiap masing-masing pecinta fitnes harus belajar bagaimana melakukannya dengan benar dan tubuh memiliki kekuatan saat melakukannya, karena gerakan dasar biasanya tidak lagi memberikan stimulus yang memadai untuk meningkatkan performa tubuh Anda.

Jendela

Untuk menjaga agar tubuh memiliki performa yang baik, tubuh harus dipaksa untuk terus beradaptasi dan berubah. Berikut ini 5 variasi latihan push-up yang akan meningkatkan level latihan Anda.

1. Feet-Elevated Push-Up

Feet Elevated

Variasi push-up ini dapat digunakan pada bench press yang miring sekalipun dalam keadaan darurat. Menurut David Larson, CSCS, pelatih di Pulse Fitness di Scottsdale, AZ mengangkat kaki dalam push-up ini membantu mentransfer beban ke arah dada bagian atas dan punggung anterior.

Cara: Siapkan tubuh dalam posisi push-up, tumpukan kaki di atas bangku atau pada objek yang sekitar satu kaki tinggi. Kemudian turunkan dada ke tanah, jaga lengan Anda agar tetap vertikal dan paksakan diri kembali ke posisi awal. Lakukan sebanyak 3 set 10 repetisi dengan istirahat selama 2 menit.

2. Valslide Push-Up With Reach

Valslide Push -up

Gunakan sebuah valslide di bawah masing-masing tangan untuk memberikan penekanan ekstra pada inti.

Cara: Tempatkan valslide di bawah masing-masing tangan dalam posisi push-up. Mulailah untuk melakukan push-up, dan saat menurunkan dada Anda ke tanah, geser salah satu tangan Anda di depan tubuh Anda, kemudian lengan diperpanjang lurus, sampai dada hampir menyentuh tanah. Dorong kedua tangan ke dalam tanah dan angkat otot perut Anda untuk kembali ke posisi awal. Ulangi dengan cara bergantian sampai semua repetisi ditentukan selesai. Lakukan selama 3 set, 5 repetisi di setiap masing-masing tangan, dengan istirahat selama 2 menit.

3. TRX Suspension Trainer Push-Up

TRX

Bagi mereka yang sudah memiliki inti tubuh yang kuat, titik lemah dari push-up mungkin ada dada, bahu, dan trisep. TRX adalah alat yang sangat berguna karena membantu untuk menemukan intensitas yang ideal.

Cara: Gunakan alat TRX yang tergantung pada tiang selebar bahu, sekitar 20-50 cm dari tanah. Berpeganglah pada pegangan dan panjangkan kaki Anda ke belakang dalam posisi push-up. Turunkan dada ke tanah, jaga lengan Anda agar tegak lurus menghadap lantai, kemudian kembalikan posisi tubuh ke posisi awal. Lakukan selama 3 set, 8 repetisi dengan istirahat selama 2 menit.

4. Puncher Push-Up

Push upp fix

Push up ini dapat meningkatkan stabilitas dan kekuatan. Puncher push-up termasuk ke dalam latihan plyometric yang secara efektif meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara: Ambil medicine ball dan letakkan satu tangan dalam posisi push-up dengan kaki yang melebar selebar pinggul. Lakukan push-up, dengan posisi tangan tetap di atas medicine ball dan satu tangan lainnya menempel di tanah atau lantai. Beri jeda sejenak, lalu turunkan badan Anda kembali. Lakukan selama 3 set, 4 repetisi pada setiap tangan dengan istirahat selama 2 menit.

5. Stability Ball Push-Up

Stabilyty Ball

Latihan ini merupakan variasi yang efektif untuk meningkatkan stabilitas bahu dan inti tubuh sekaligus melatih dada.
Cara: Tempatkan stability ball di bawah tangan. Jaga lengan Anda agar tetap tegak lurus ke lantai, turunkan dada Anda sehingga ringan menyentuh bola, dan kembalilah ke posisi awal.

Lakukan sebanyak 3 set 10 repetisi dengan istirahat selama 2 menit.

Selamat mencoba! (mee)

BACA JUGA: Studi: Makan Dua Buah Perhari Bisa Cegah Depresi

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes