Melatih Kekuatan Tubuh

5 Latihan Sandbag untuk Melatih Kekuatan Tubuh

Ketika Anda ingin membentuk tubuh, latihan fungsional tubuh mungkin bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkannya. Tidak seperti latihan dengan menggunakan mesin latihan yang membosankan dan kurang efektif, latihan fungsional tubuh menargetkan pergerakan tubuh dan otot yang selalu kita gunakan setiap hari.

Untitled-1

Namun masalahnya adalah kebanyakan latihan fungsional bagi tubuh ini membutuhkan peralatan yang tidak murah. Latihan ini kerap membutuhkan alat seperti satu set dumbbell, kettlebell, dan medicine ball. Tanpa semua peralatan tersebut Anda mungkin tidak bisa melakukan latihan ini.

Kabar baiknya adalah adanya alternatif lain sebagai pengganti peralatan-peralatan tersebut, yaitu disebut dengan SandBell. SandBell adalah jenis karung pasir yang tahan lama, terbuat dari neoprene elastis yang diisi dengan pasir. Alat serbaguna ini dapat digunakan untuk menyelesaikan latihan fungsional total tubuh yang kreatif dan menantang, di gym, di rumah, atau di jalan. Apakah Anda tertarik menggunakannya?

The Sandbag Workout

Jadikan lima latihan berikut sebagai satu sirkuit. Lakukan selama 30 sampai 60 detik pada setiap latihan SandBell, istirahatlah selama 60 detik diantara setiap latihan. Setelah melakukan 1 sirkuit, istirahatlah selama dua menit, sebelum mengulangi hingga tiga samapi empat sirkuit.

1. Thruster

Latihan thruster ini merupakan gabungan dari front squat dan overhead press yang sangat efektif bekerja pada kaki dan paru-paru. Ambil SandBell dengan dua tangan dan angkat sandbell setinggi dada. Posisikan tubuh Anda berdiri tegak. Kemudian gerakkan tubuh Anda hingga dalam posisi jongkok. Dan terakhir angkat sandbell ke atas kepala dengan lengan yang lurus ke atas bersamaan dengan berdirinya posisi tubuh Anda.

2. Overhead Slam

Latihan ini menargetkan tubuh bagian kaki, bahu, dan inti tubuh. Untuk memulainya, ambil SandBell dengan dua tangan. Ketika posisi sandbell setinggi dada, posisikan tubuh Anda agar duduk seperti jongkok. Kemudian angkat sandbell dengan posisi lengan lurus di atas kepala sambil berdiri tegak. Kemudian banting sandbell ke lantai dan kembalikan posisi tubuh seperti berjongkok.

3. Power Clean

Latihan ini menargetkan tubuh bagian kaki, punggung, dan inti tubuh. Gunakan kedua tangan memegang sisi pinggir dari sandbell dengan posisi sedikit membungkuk. Kemudian tahab\n sandbell di antara kedua kaki. Dorong pinggul ke depan, angkat tubuh bagian bawah menjadi posisis berdiri sambil mengangkat sandbell setinggi dada. Kemudian putar sandbell Anda sehingga dalam posisi berlawanan, sekalian mengembalikan posisi tubuh untuk berjongkok. Dan terakhir tahan sandbell pada tangan dan posisi tumit tepat di atas lutut tapi tidak menempel.

4. Lateral Slam

Latihan ini menargetkan tubuh bagian lengan, bahu, kaki, dan inti tubuh. Mulailah dengan posisi berdiri dengan kaki selebar bahu. Letakkan posisi sandbell di lantai di luar atau di sebelah kaki kanan. Kemudian ambil sandbell dengan dua tangan, posisi tubuh dan kaki agak miring dan membungkuk. Angkat dan banting sandbell ke arah berlawanan (kiri) dengan gerakan melengkung. Lakukan hal dan ulangi hal yang sama pada posisi sebaliknya.

5. Weighted Sit-Up

Target latihan ini adalah dada, lengan, dan inti tubuh. Pertama, posisikan tubuh Anda seperti posisi sit-up yaitu berbaring di lantai dengan lutut ditekuk. Ambil sandbell dengan kedua tangan dalam posisi di atas dada, lengan tegak lurus. Lakukan sit-up seperti biasanya dengan posisi lengan yang ikut terangkat ke atas (sambil mengangkat sandbell di atas kepal).

BACA JUGA: Tiga Kesalahan yang sering Dilakukan Oleh Pelari

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes