dunia fitnes

5 Mitos Tentang Dunia Fitnes yang Harus Diperhatikan

Banyak sekali mitos dalam dunia fitnes yang beredar sehingga tidak sedikit timbul kerancuan informasi di masyarakat. Apakah Anda tahu apa saja mitos tersebut?

Apakah Anda ingin menurunkan berat badan?

Atau justru ingin menambah berat badan agar lebih berotot?

Pasti banyak diantara teman Anda yang menyarankan agar Anda melakukan olahraga atau latihan di tempat fitnes.
Ya, fitnes biasanya ditujukan bagi mereka yang ingin TURUNKAN BERAT BADAN atau yang ingin MEMILIKI TUBUH LEBIH BEROTOT.

Padahal tidak hanya itu. Fitnes, sesuai dengan namanya, diperuntukkan untuk menjaga kebugaran tubuh secara menyeluruh.

Namun, banyak juga mitos yang beredar seputar dunia fitnes. Bahkan, mitos tersebut dapat membuat orang takut atau tidak mau untuk melakukan fitnes.

Apa saja mitos tersebut?

Mitos Dunia Fitnes: Sit Up Setiap Hari Bisa Membentuk Perut Menjadi Sixpack

dunia fitnes

Dalam dunia fitnes, anggapan Anda berlatih sit up atau crunches setiap hari dengan jumlah yang cukup banyak, maka dapat menonjolkan pahatan perut sixpack.

Apakah cara tersebut sudah tepat? Maaf, jika Anda ingin membentu otot perut sixpack dengan melakukan sit up setiap hari dengan jumlah yang banyak, maka cara yang Anda lakukan KURANG TEPAT.

Terlepas dari seberapa tinggi kadar lemak dalam tubuh, semua orang memiliki otot perut sixpack.

Nah, kunci utama untuk menonjolkan pahatan otot perut tadi adalah dengan mengurangi kadar lemak tubuh.

Caranya? Yaitu dengan latihan rutin dan diet (pengaturan pola makan) yang seimbang.

Latihan pun demikian. Anda sebaiknya tidak hanya melakukan sit up saja. Lakukan juga latihan beban dan bermacam-macam latihan kardio lainnya untuk mengurangi kadar lemak tubuh secara menyeluruh.

Mitos Dunia Fitnes: Cukup Latihan Kardio Ringan untuk Turunkan Berat Badan

dunia fitnes

Latihan kardio ringan seperti jogging memang banyak direkomendasikan untuk mengurangi kadar lemak tubuh.

Namun,kika Anda ingin menurunkan berat badan secara drastis, tentu latihan ini akan sangat kurang efektif. Kecuali jika Anda hanya ingin menjaga agar tubuh tetap ideal.

Untuk membakar lemak, Anda bisa lakukan latihan kardio Low Intensity Steady State (LISS) atau High Intensity Interval Training (HIIT). Kedua latihan kardio ini sangat efektif untuk membakar lemak berlebih.

Dalam informasi dunia fitnes, acara membakar lemak akan lebih optimal jika Anda juga melakukan latihan beban.

BACA JUGA: Latihan Kardio Bagaimana yang Tepat untuk Menurunkan Berat Badan?

Mitos Dunia Fitnes: Harus “Menghilang” dari Peradaban

dunia fitnes

Mitos lainnya seputar menurunan berat badan adalah apabila Anda berniat untuk berdiet, maka Anda akan menghilang dari peradaban, mejadi anti-sosial untuk sementara. Apapun itu, ini berartijika rekan kerja atau keluarga mengadakan pesta Anda menolak hadir karena sedang diet atau ingin fokus turunkan berat badan.

Ya, kita tidak menampik bahwa pesta biasanya identik dengan makanan-makanan yang tinggi lemak dan kalori, dan tentunya menggoda Anda untuk menikmatinya.

Padahal, jika Anda memang berniat untuk menurunkan berat badan, cara diet yang Anda tempuh tidak harus membuat Anda anti sosial.

Sebaiknya Anda tetap pergi dan ikut ke pesta. Hanya saja, akan lebih baik bagi Anda untuk menyiapkan makanan ringan sendiri agar diet Anda tidak bocor.

Atau, Anda juga bisa gunakan suplemen chitosan yang BISA mengikat lemak pada makanan sebelum diserap oleh tubuh.

Mitos Dunia Fitnes: Squat Tidak Baik untuk Kesehatan Lutut Anda

dunia fitnes

Anggapan ini tentu saja bisa membuat Anda takut untuk melakukan squat. Padahal, latihan ini sangat baik dan sangat berguna karena banyak mengaktifkan sel otot tubuh Anda.

Squat merupakan salah satu gerakan latihan yang termasuk latihan compound, yaitu latihan yang melibatkan lebih dari satu kelompok otot dan sendi. Banyak otot yang terlibat jika Anda melakukan squat seperti paha depan (quadriceps), paha belakang (hamstring), glutes, otot inti, dan otot tubuh bagian atas Anda.

Jika dilakukan dengan gerakan yang tepat, maka Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal dari latihan squat.

Lalu, bagimana cara melakukan squat yang tepat? Anda dapat menyimaknya DI SINI.

Mitos Dunia Fitnes: Suplemen Hanya untuk Membentuk Otot

dunia fitnes

Berbicara mengenai suplemen, mungkin banyak diantara Anda yang beranggapan bahwa suplemen hanya untuk mereka yang ingin membentuk tubuh lebih berotot.

Atau bahkan, masih banyak yang berpikiran negatif tentang suplemen. Tidak dipungkiri di luar sana banyak anggapan bahwa suplemen mengandung komposisi yang tidak natural atau bisa membahayakan kesehatan.

Padahal, suplemen merupakan nutrisi tambahan yang dapat Anda tambahkan atau jika nutrisi yang Anda butuhkan tidak Anda dapat melalui makanan sehari-hari.

Pertanyaan yang sering muncul selanjutnya adalah, PERLUKAH ANDA MENGONSUMSI SUPLEMEN?

Seyogyanya, tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup sebagai bahan bakar dan proses metabolisme tubuh, baik dari karbohidrat, protein, atau lemak. Pola makan Anda sehari-hari terkadang kurang mencukupi kebutuhan nutrisi penting di atas, terutama protein.

Di Indonesia pola makan tinggi karbohidrat dan rendah protein masih menjadi budaya yang sulit untuk ditinggalkan. Secara umum, masyarakat kita akan lebih memilih sepiring nasi dengan dua potong tempe daripada sedikit nasi dengan lima potong tempe misalnya.

Padahal dalam olahraga fitnes yang bertujuan meningkatkan perkembangan massa otot, maka pola makan yang harus kita konsumsi adalah pola makan tinggi protein adalah hal wajib yang perlu diterapkan, mengingat sumber pembentukan otot adalah protein. Nah, karena itulah seseorang yang sedang latihan perlu mengonsumsi suplemen yang mengandung protein untuk memenuhi kekurangan protein tubuh.

Dapatkan suplemen protein terbaik Anda HANYA DI SINI.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes