bangkitkan hipertrofi otot

5 Petunjuk untuk Bangkitkan Hipertrofi Otot Anda

Anda tentu telah mengetahui tentang hipertrofi. Ya, hipertrofi adalah suatu keadaan di mana jaringan membengkak atau membesar karena ukuran sel yang bertambah besar. Hipertrofi lebih mengacu pada kualitas sel. Bukan hanya itu, hipertrofi hanya bisa didapatkan jika Anda sering melakukan latihan dengan intensitas dan kualitas latihan yang baik.

Jendela

Berkali-kali artikel tentang hipertrofi dibahas dalam DuniaFitnes.com, namun tentunya masih banyak yang belum mengetahui bagaimana teknik agar sel-sel otot lebih cepat mengalami hipertrofi. Hal ini adalah angin segar bagi Anda yang benar-benar mencintai dunia kebugaran dengan menerapkan pola hidup sehat. Dengan melakukan latihan, ditambah dengan informasi ini, Anda akan lebih cepat dalam membentuk hipertrofi otot hingga mencapai ukuran yang luar biasa.

Berikut adalah informasi sekaligus petunjuk untuk Anda yang ingin menambah massa otot, dan mengubah sel-sel otot Anda agar mengalami hipertrofi.

Petunjuk Pertama: Lakukan Latihan Gerak Inti Tubuh

p111

Jika Anda ingin memaksimalkan pembentukan otot dan memicu agar terjadi hipertrofi otot, maka kuncinya adalah dengan latihan. Itu sangat mutlak dan tak lagi bisa ditawar. Untuk itu, latihan dengan gerakan-gerakan inti tubuh sangat direkomendasikan dalam hal ini. Untuk dasar, lakukan latihan-latihan angkat beban ketika di gym.

Hal ini bertujuan agar Anda benar-benar memusatkan dan mengeluarkan kekuatan inti dari tubuh Anda. Namun, bukan berarti DuniaFitnes.com melarang Ada untuk melakukan latihan lainnya. Tentu saja tidak demikian. Semua gerakan dalam latihan pada intinya mempunyai maksud yang sama. Yakni, untuk membangkitkan massa otot Anda.

Namun agar sel-sel otot tubuh Anda melakukan hipertrofi, maka perlu adanya pemicu yang mana itu hanya bisa dilakukan oleh kekuatan inti tubuh Anda. Untuk itulah, cara cepat mendapatkan kekuatan inti tubuh adalah dengan melakukan angkat beban. Misalnya, seperti Bench Press, Military presses, Deadlifts, Dips, Upright rows, Leg presses, dan Stiff deadlifts.

Petunjuk Kedua: Perbanyak Intensitas, Kurangi Volume Latihan

P22

Bahkan petunjuk pada poin ini telah disinggung dalam setiap artikel yang membahas tentang cara membentuk otot dalam DuniaFitnes.com. Dengan demikian, informasi ini bukanlah rahasia lagi bagi Anda. Ya, latihan intens memang penting. Hal ini untuk memperkuat niat dan kualitas Anda ketika latihan. Namun, ada kalanya Anda juga harus mengambil libur latihan pada satu atau dua hari penuh. Ibaratnya, tubuh Anda adalah mesin yang tidak bisa digunakan sehari-hari , untuk itu ada kalanya juga harus diistirahatkan.

Sebagai rekomendasi, Anda boleh melakukan intensitas latihan yang tinggi, namun volumenya sedikit dikurangi. Misalnya, dalam seminggu Anda boleh melakukan latihan sebanyak 5 kali, namun waktunya harus Anda persingkat. Satu kali latihan berikan waktu setidaknya 1 – 1,5 jam. Hal tersebut sudah lebih dari cukup. Hal ini dikarenakan, tubuh kita telah membatasi jumlah kemampuan diri untuk pemulihan. Kemampuan tersebut juga terbatas untuk membangun jaringan otot-otot baru. Untuk itulah, stimulus terbaik untuk membangun otot adalah melakukan meningkatkan latihan angkat beban secara dinamis, semakin besar beban yang diangkat, maka jumlah repetisi yang dilakukan pun juga harus semakin sedikit.

Petunjuk Ketiga: Jangan Paksakan Otot untuk Terus Bekerja

P33

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, Anda dilarang keras memaksakan kehendak Anda untuk selalu latihan dan latihan. Terkadang, obsesi yang meluap-luap justru akan membunuh otot-otot yang telah Anda bangun. Semua anggota tubuh beserta struktur pembentuk dan organ-organ di dalamnya juga mempunyai hak yang sama untuk beristirahat. Jadi, jangan melakukan latihan lebih dari tiga hari tanpa mengambil istirahat satu hari penuh. Terlebih, Anda adalah orang-orang yang baru terjun ke dunia kebugaran, hal ini bisa berakibat fatal. Petunjuk ini berhubungan dengan poin kedua yang berkaitan dengan kemampuan pemulihan Anda.

Pentingnya jeda satu hari penuh juga akan mempengaruhi kualitas Anda ketika latihan. Bukan hanya akan memaksa otot untuk bekerja lebih keras, namun jika Anda melakukan latihan secara terus menerus, apalagi dengan volume latihan yang banyak, maka hal itu akan membuat Anda stres. Bukan menjadi rahasia lagi bahwa stres adfalah salah satu penghambat perkembangan Anda. Meski otot adalah tujuan utama kita, namun jika otak kita merasa jenuh, maka otot pun juga akan melemah dan lamban dalam meningkatkan massanya. Perlu Anda ingat, merangsang pertumbuhan otot memang dilakukan di gym, namun sebenarnya otot akan melakukan pertumbuhan atau hipertrofi otot saat Anda sedang istirahat. Jadi, masih mau memaksakan ego Anda untuk latihan dengan keras dan mati-matian tanpa diimbangi istirahat?

Petunjuk Keempat: Makanan Sumber Protein Akan Percepat Tujuan

p44

Tubuh ideal bukan hanya dibentuk ketika sedang di gym saja, melainkan mulut Anda juga merupakan mesin terhebat yang juga berperan membentuk tubuh yang Anda inginkan. Mengapa begitu? Karena setiap makanan yang Anda kunyah di mulut berperan besar dalam menentukan pembentukan tubuh Anda. Untuk itu, semua tergantung Anda. Jika Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi, maka jelas hal tersebut akan mengarah ke tujuan awal Anda. Begitu pun sebaliknya.

Untuk Itu, pilih makanan yang mengandung sumber protein yang sangat dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot. Lalu, berapa sebaiknya Anda harus mengonsumsi protein dalam setiap harinya? Ya, meskipun belum ada patokan secara resmi, namun umumnya pakar nutrisi dan instruktur kebugaran merekomendasikan setidaknya satu gram protein per berat badan harus dikonsumsi setiap harinya.

Petunjuk Kelima: Gunakan Suplemen yang Tepat

P55

Memang, makanan yang Anda konsumsi tentunya tidak bisa memenuhi asupan nutrisi bagi tubuh Anda. Terlebih, jika Anda sedang melakukan metode diet, maka jelas nutrisi yang masuk ke tubuh pun juga akan semakin berkurang. Itulah dasar pemikiran yang akhirnya melahirkan suplemen. Suplemen bukanlah sejenis obat yang mana hanya dengan sekali minum Anda dapat berubah menjadi manusia super, melainkan suplemen adalah pelengkap nutrisi yang kurang dalam tubuh Anda.

Meskipun tubuh manusia tidak membutuhkan 100 persen suplemen tambahan, namun untuk memaksimalkan latihan yang selama ini Anda lakukan, suplemen begitu dibutuhkan. Hal ini untuk mempercepat dan menunjang hasil yang akan Anda capai. Memang, dunia suplemen memang sangat membingungkan, Anda jangan sampai tersesat di kubangan hitam tersebut. Pilih suplemen yang benar-benar mempunyai kredibilitas, menjamin hasil, dan aman bagi tubuh Anda.

Sebelum mengonsumsi suplemen, yang terpenting adalah sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk itu, Anda perlu memahami jenis suplemen dan dosisnya. Seperti halnya jika Anda ingin memperoleh hipertroffi otot, maka minumlah suplemen yang mengandung banyak protein. Seperti halnya suplemen Amino 2002 dari Ultimate Nutrition yang berisi 100% whey protein isolate, yaitu bentuk protein paling murni dan terbaik bagi Anda. Sehingga, suplemen tersebut akan membantu meningkatkan massa otot Anda.

Petunjuk pada setiap poin-poin di atas merupakan informasi yang harusnya Anda lakukan mulai dari sekarang. Namun, semua keputusan tentunya berada di tangan Anda. Apakah ingin melakukan perubahan dan mencoba, atau hanya melakukan latihan seperti biasanya. Tentunya, Anda sendirilah yang tahu mana cara terbaik untuk tubuh dan perkembangan otot Anda sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat. (gie)

BACA JUGA: Maksimalkan Pembakaran Kalori dengan Battling Ropes

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes