tips agar rambut tetap sehat setelah latihan

5 Tips Agar Rambut Tetap Menawan Pasca Latihan

Sejatinya rajin berolahraga dapat memberikan manfaat yang besar pula bagi kesehatan rambut Anda. Mengapa? Karena dengan berolahraga proses regenerasi sel-sel dalam tubuh (termasuk rambut) menjadi lebih baik dari sebelumnya.

tips agar rambut tetap sehat setelah latihan

Namun tetap saja, kondisi lingkungan dan kondisi rambut usai latihan juga bisa menimbulkan masalah. Nah, untuk mencegah masalah itulah diperlukan perhatian khusus untuk rambut Anda. Apa saja yang perlu Anda lakukan?

Gunakan Shampo dengan Keharuman Natural

Hampir semua produk shampo memiliki aroma yang wangi dan harum. Pastikan saja Anda memilih wangi yang tidak terlalu kuat. Menggunakan shampo yang wanginya terlalu kuat justru bisa membuat kulit kepala kering.

Penyebabnya adalah kandungan zat kimia dan pewangi sintetis yang terdapat dalam shampo. Efek ini makin terasa bagi Anda yang memiliki jenis kulit kepala sensitif. Jika Anda mengalami kondisi ini sebaiknya pilihlah shampo yang wanginya natural.

Gunakan After Swimming Shampo setelah Berenang

Bagi Anda yang gemar berenang hingga 2-3 kali seminggu, ugg outlet barstow brisbane sebaiknya gunakan shampo khusus setelah berenang. Tujuan dari shampo khusus ini hanyalah untuk mengangkat kotoran yang menyangkut di rambut, yang tidak bisa hilang dengan shampo biasa.

Namun menggunakan shampo khusus ini juga tidak boleh terlalu sering karena bisa merusak rambut. Shampo khusus ini memiliki tingkat iritan yang tinggi sehingga rentan membuat kulit kepala teriritasi. Rasa gatal dan kerak putih seperti ketombe pada kulit kepala merupakan dampak dari kulit kepala yang teriritasi.

Gunakan Tabir Surya Jika latihan Outdoor

Untuk olahraga di luar ruangan yang membuat rambut Anda terpapar sinar matahari langsung, maka Anda wajib mengenakan tabir surya agar rambut Anda terhindar dari radiasi sinar UV. Jika penggunaan tabir surya membuat rambut Anda teriritasi, maka Anda cukup mengenakan topi atau penutup kepala lainnya agar terlindung dari sengatan matahari.

Keramas setelah Latihan

Sebenarnya bukan keringat yang menyebabkan rambut berketombe, tetapi kondisi rambut yang lembab, berminyak bercampur keringat setelah latihan dapat menyebabkan rambut gatal-gatal dan berketombe. Jika Anda mengalami kondisi ini sebaiknya segeralah keramas setelah latihan.

Namun jika kulit kepala Anda tetap kering, nfl jerseys reddit for sale near me 2 Anda tidak perlu keramas setelah latihan. Kulit kepala yang kering biasanya lebih rentan teriritasi dan malah memicu gatal-gatal jika terlalu sering keramas. Agar Anda tidak perlu keramas tiap hari, sebaiknya atur program latihan Anda secara selang-seling.Kalaupun kondisi memaksa Anda untuk keramas tiap hari gunakan shampo yang mild non deterjen dan non pewangi.

Lengkapi dengan Protein

Beberapa orang mengaku mengalami rambut rontok usai latihan di gym. Ini adalah pertanda bahwa tubuh kekurangan protein dan berusaha mengambilnya dari rambut, sehingga rambut jadi mudah patah dan rontok.

Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi ini. Yang perlu Anda lakukan adalah menambah asupan protein baik dari makanan ataupun suplementasi untuk mencukupi kebutuhan tubuh Anda akan protein harian.

Saat ini sudah banyak tersedia susu protein yang diformulasikan khusus untuk mencegah rambut rontok. Mengapa protein? Karena struktur rambut terdiri dari 97% protein. moncler shirts shoes 2 Maka, kekurangan asupan protein dapat menyebabkan rambut rontok.

Mempertahankan keindahan rambut memang dibutuhkan usaha ekstra, terutama bagi Anda para wanita yang rajin berolahraga. Semoga tips di atas bisa membantu Anda menjaga kesehatan rambut di tengah aktivitas Anda berolahraga. (dan)

BACA JUGA : Ladies, Jajal 6 Latihan Ini Jika Ingin Miliki Perut Seksi

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes