5 Tips Menjaga Keamanan Lutut Anda Saat Berlatih

5 Tips Menjaga Keamanan Lutut Anda Saat Berlatih

Banyak orang di gym mengalami cedera lutut sewaktu berlatih beban. Mungkin Anda salah satunya. Masalah yang paling umum tampaknya berasal dari squat dan leg press. Ada banyak faktor yang menyebabkan cedera lutut. Berikut adalah 5 tips terbaik untuk menjaga lutut Anda tetap aman selama latihan:

  1. Jaga Lutut Tetap Lurus Dengan Kaki Anda

    Maksudnya yaitu saat Anda melakukan squat, lutut Anda harus bergerak maju ke arah yang sama dengan jari-jari kaki Anda. Jika jari-jari kaki menunjuk ke samping, tetapi lutut Anda mengarah lurus ke depan, maka Anda akan mendapat masalah! Bayangkan sebuah garis yang selaras dengan kaki Anda. Yang harus Anda lakukan hanyalah menjaga lutut Anda bergerak pada garis yang sama.

  2. Good Form

    Lakukan latihan Anda dengan gerakan yang baik dan benar. Jangan berdiri di atas jari kaki Anda selama dua set terakhir, dan apa pun yang Anda lakukan, jangan menggeliat!

  3. Jangan Membalut Lutut Anda Sepanjang Waktu

    Dengan selalu menggunakan pengaman lutut atau knee support dalam setiap latihan, Anda tidak mempersiapkan sendi dan otot pendukung pada lutut Anda untuk mengatasi tekanan yang diberikan latihan squat terhadap lutut yang tidak dibalut.

  4. Pakai Sepatu Yang Tepat

    Sepatu yang tebal, dengan sol yang diisi dengan gel atau yang dipompa dengan gas sangatlah tepat untuk bermain bola basket, karena dapat membantu menyerap dampak dari semua lompatan. Anda tidak melihat banyak lompatan di gym, namun, sepatu yang baik di lapangan basket, tidak selalu berarti sepatu yang baik di tempat lain.

    Dengan beberapa puluh kilo beban yang Anda angkat, Anda pasti ingin lebih stabil. Pilihlah sepatu yang memiliki sol tipis dengan sedikit sekali pantulan/tolakan. Cobalah untuk merasakan kontak yang solid dengan tanah ketika memakai sepatu tersebut.

  5. Sesuaikan Kemampuan

    Jika Anda mampu melakukan leg press dengan beban super berat, maka Anda akan sangat disegani di gym. Namun, jangan melakukan latihan dengan tujuan seperti itu. Gunakan beban maksimal yang mampu Anda lakukan dengan baik setidaknya 6-8 repetisi secara disiplin dengan menjaga fokus pada keamanan dan kontrol latihan yang baik. Cara ini akan membuahkan hasil lebih cepat dan resiko cedera lebih kecil.

Jadi, mulailah perhatikan hal-hal di atas untuk mencegah Anda dari cedera lutut ketika berlatih beban, sehingga hasil latihan Anda pun bisa optimal. Selamat berlatih!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes