cara meningkatkan kekuatan otot

6 Cara Meningkatkan Kekuatan Otot yang Lebih Lemah

Berbicara mengenai cara meningkatkan kekuatan otot, maka yang pertama kali didengar mungkin adalah dengan latihan, terutama latihan angkat beban.

Ya, latihan beban memang sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kekuatan otot yang lebih lemah.

Katakanlah tangan kiri Anda lebih lemah daripada tangan kiri. Maka salah satu cara untuk meningkatkan kekuatan otot tangan kiri agar seimbang dengan tangan kanan, maka Anda bisa mulai berlatih angkat beban.

Tapi apakah sudah cukup hanya dengan latihan saja?

Berikut ini 6 strategi bagaimana cara meningkatkan kekuatan otot agar lebih seimbang.

1. Cara Meningkatkan Kekuatan Otot dengan Latihan Reguler

cara meningkatkan kekuatan otot

Sintesis protein otot merupakan mekanisme biologis yang paling utama dibalik proses pembangunan otot.

Hal ini bisa dipicu dengan mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup, serta bisa dibantu dengan asupan suplemen seperti BCAA, dan juga latihan beban.

Untuk kelompok otot yang tingkat pertumbuhan ototnya terlihat stagnan, solusi yang paling tepat adalah meningkatkna frekuensi latihan pada otot tersebut. Hal ini diharapkan dapat membantu meningkatkan sintesis protein otot.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa proses sintesis protein otot mencapai puncak dan tetap meningkat selama sekitar 48-72 jam setelah latihan. Oleh karena itu, pada masa ini Anda bisa berlatih untuk kelompok otot yang lain.

2. Cara Meningkatkan Kekuatan Otot melalui Unilateral Training

cara meningkatkan kekuatan otot

Pernah mendengar teknik latihan ini kan? Ya, ini adalah salah satu solusi lain apabila Anda memiliki masalah pada kelompok otot yang besar atau kuat sebelah.

Unilateral training adalah latihan dimana Anda akan melatih satu bagian tubuh pada periode tertentu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keseimbangan ukuran maupun kekuatan otot tubuh Anda.

Cara ini banyak dipilih oleh fitnes mania ketika mereka merasakan ada satu sisi otot mereka yang lebih lemah. Sehingga cara menyeimbangkannya adalah dengan berlatih unilateral.

Contoh latihan dengan teknik ini antara lain bicep curls, single dumbbell bent over row, dumbbell shoulder press, atau dumbbell chest press.

3. Strength Training

cara meningkatkan kekuatan otot

Strength training (latihan kekuatan) adalah yang sangat penting untuk kekuatan otot dan menjaga kesehatan tulang.

Selain itu, beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapat dengan latihan kekuatan adalah membantu meningkatkan keseimbangan tubuh.

Untuk melacak kemajuan apa saja yang telah terjadi sangat mudah. Yaitu dengan memilih salah satu latihan compound untuk dilakukan pada kelompok otot yang lemah, kemudian lakukan selama delapan minggu dan tingkatkan beban secara bertahap.

4. Cara Meningkatkan Kekuatan Otot Lewat Asupan Nutrisi yang Baik

cara meningkatkan kekuatan otot

Tentu, setelah berlatih dengan keras dengan melakukan berbagai teknik latihan untuk meningkatkan kelompok otot yang tertinggal, maka haruslah didukung dengan asupan nutrisi yang tepat.

Langkah pertama adalah memastikan bahwa kebutuhan makronutrisi Anda terpenuhi. Yaitu protein, karbohidrat, dan lemak. Pun demikian, Anda juga harus mengonsumsi cukup kalori sesuai dengan goal Anda.

Mengonsumsi asupan kalori yang cukup baik pada saat sebelum maupun sesudah latihan, akan dapat membantu tingkatkan performa latihan Anda serta percepat proses pemulihan.

Hal ini sangat penting dilakukan, terlebih ketika Anda melatih kelompok otot besar seperti kaki dan punggung. Kedua kelompok otot tersebut akan menggunakan banyak energi. Oleh karena itu, maka sebaiknya konsumsi kalori yang cukup pada saat menerapkan program ini.

5. Dukung Hasil Latihan dengan Suplementasi

cara meningkatkan kekuatan otot

Apa yang harus Anda lakukan ketika mendapati bahwa ada beberapa otot pada tubuh Anda yang dirasa masih terlalu lemah dibanding dengan otot yang lain?

Tentu, cara meningkatkan kekuatan otot bisa dengan mudah Anda temukan di mesin pencari (internet) atau di website DuniaFitnes ini. Tak terkecuali adalah suplementasi.

Konsumsi suplemen sangat disarankan kepada Anda, terlebih apabila nutrisi harian Anda tidak terpenuhi melalui real food atau makanan sehari-hari.

Namun yang lebih sering ditonjolkan dalam konsumsi suplemen adalah timing atau waktu konsumsinya. Dan saat yang paling kritis adalah mengonsumsi pada saat sebelum, selama, dan setelah latihan.

  • Sebelum Latihan (Pre-Workout)

Ketika sebelum berangkat latihan, pastikan Anda sudah mengonsumsi suplemen yang dapat meningkatkan performa (energi) latihan Anda. Yang sering direkomendasikan pada saat seperti ini adalah suplemen yang mengandung creatine dan L-Citrulline.

Beta alanine juga masuk dalam daftar mengingat perannya mampu meningkatkan performa latihan serta menunda kelelahan. Beta alanine setelah dikonsumsi akan berubah menjadi carnosine dan disimpan dalam sel untuk mengurangi efek asam laktat.

Efek ini antara lain menyebabkan kelelahan lebih cepat serta nyeri otot pasca latihan yang intens.

Sementara creatine akan membuat tubuh Anda memproduksi ATP selama latihan, yaitu bentuk energi yang dibutuhkan oleh sel otot Anda saat berlatih dengan keras.

Dan untuk L-Citrulline adalah sebagai pre-cursor L-Arginine, yaitu memperlancar aliran darah ke otot yang mana akan dapat membantu tingkatkan performa latihan serta pemberian nutrisi yang baik agar proses pemulihan berjalan lebih cepat.

Kombinasi sempurna dari bahan-bahan tersebut dapat membantu meningkatkan performa latihan, percepat pemulihan, dan pastinya untuk meningkatkan pertumbuhan otot.

  • Selama Latihan (Intra Workout)

Ketika berhadapan dengan otot yang sangat susah untuk tumbuh lebih kuat, maka sebaiknya jangan mengabaikan untuk konsumsi suplemen selama latihan.

Jika Anda ingin performa latihan Anda tetap maksimal dengan intensitas yang tinggi selama latihan, maka Anda bisa memilih suplemen BCAA, L-Citrulline, dan Taurine. Kenapa?

Pada intinya, jaringan otot Anda akan rusak selama berlatih dan perlu membangun kembali agar lebih kuat.

Sementara mengonsumsi BCAA selama latihan akan dapat memicu proses sintesis protein, serta memberi tubuh Anda asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk recovery.

Taurine akan membantu mendukung keseimbangan cairan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, serta menarik cairan lebih banyak ke dalam otot itu sendiri.

Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, praktis juga akan meningkatkan performa latihan dengan baik.

Secara kolektif, kombinasi suplemen dengan bahan-bahan tersebut selama latihan akan membantu tingkatkan performa latihan serta proses pemulihan. Hal ini penting dilakukan agar tubuh Anda tetap siap diajak berlatih esok hari.

  • Setelah Latihan (Post-Workout)

cara meningkatkan kekuatan otot

Ketika selesai latihan, maka fokus Anda sekarang adalah proses pemulihan dan pertumbuhan otot.

Proses sintesis protein dipicu oleh sesi latihan serta beberapa asupan suplemen seperti BCAA. Namun setelah latihan, maka konsentrasi Anda harus benar-benar pada pemenuhan nutrisi.

Whey protein PALING direkomendasikan untuk Anda konsumsi segera setela latihan. Hal ini karena whey protein merupakan protein yang cepat dicerna, sehingga dapat dengan cepat memperbaiki jaringan otot yang rusak.

Bukan hanya sesi latihan yang bisa menyebabkan kerusakan pada otot Anda, melainkan juga ketika tubuh mengalami kekuarangan kadar glutamine.

Glutamine bersifat untuk membantu proses pemulihan serta menjaga agar saluran gastrointestinal Anda berfungsi dengan baik. Yang mana pada akhirnya hal ini akan membantu proses penyerapan nutrisi yang lebih baik untuk pertumbuhan otot.

Selain itu, creatine juga masih Anda perlukan setelah latihan untuk mengisi energi Anda yang sudah habis. Menjaga energi tubuh Anda adalah salah satu cara yang baik agar tubuh Anda tetap siap diajak bekerja keras pada besoknya.

Dengan memahami kapan dan suplemen apa yang harus dikonsumsi, maka akan BANTU Anda menemukan cara meningkatkan kekuatan otot dengan tepat. Jadi pastikan memberikan nutrisi sesuai dengan apa yang dinginkan dan dibutuhkan oleh tubuh Anda agar pertumbuhan otot lebih maksimal.

6. Cara Meningkatkan Kekuatan Otot dengan Jadwal Latihan yang Cermat

cara meningkatkan kekuatan otot

Pada umumnya, berlatih pada awal pekan adalah cara yang paling baik untuk melakukan latihan. Dan ini biasanya dipilih oleh banyak fitnes mania. Kenapa?

Karena di awal pekan, tidak sedikit dari mereka yang memilih untuk melakukan aktivitas lain setelah lima hari bekerja, latihan, dan aktivitas harian lain. Sementara di akhir pekan, kebanyakan akan menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman, berlibur, dan hal-hal yang menyenangkan lainnya.

Maka dari itu, jika Anda masih sulit untuk menentukan jadwal latihan, maka ada baiknya untuk menghindari waktu latihan selama akhir pekan. Jadwal latihan bisa Anda geser pada awal minggu (Senin-Jumat).

Cara meningkatkan kekuatan otot dengan mengatur jadwal latihan yang cermat akan perlancar goal Anda. Dan tentu saja, ini akan membuat Anda bisa menjadi lebih rutin untuk berlatih angkat beban. Let’s Workout.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes