latihan klasik

6 Latihan Klasik yang Efektif Bentuk Tubuh Anda Atletis

Dewasa ini banyak sekali latihan baru yang bermunculan. Baik dari segi metode, teknik, ataupun model latihan. Dulu, gerakan-gerakan dalam dunia kebugaran hanya terhitung sedikit. Namun, seiring dengan kesadaran masyarakat yang menerapkan pola hidup sehat dengan latihan, banyak pula berkembang gerakan-gerakan dalam fitnes. Hal ini juga semakin ditunjang dengan kecanggihan teknologi untuk menyempurnakan gerakan-gerakan dalam latihan.

Headline Klasik

Meskipun banyak gerakan-gerakan baru dalam latihan, tetap saja bagi beberapa orang latihan klasik tidak akan hilang dan dilupakan. Walaupun gerakan tersebut telah lama, namun efektivitas latihan jika menggunakan gerakan-gerakan tersebut tak kalah dengan metode atau teknik latihan baru. Berikut adalah latihan klasik yang tak patut Anda lupakan karena efektivitasnya yang tak kalah cepat untuk membuat tubuh Anda semakin kekar dan berotot.

1.) Arnold Press

11

Mulailah dengan menekan bahu Anda dengan memegang halter pada masing-masing lengan, dengan telapak tangan menghadap seperti tubuh Anda. Angkat beban ke atas menggunakan kedua lengan Anda hingga beban berada di atas kepala Anda. Kemudian, turunkan kembali halter sampai sejajar dengan dada Anda.

Hal ini merupakan langkah terbaik untuk membentuk bahu Anda agar semakin kekar. Ini akan menjadi lebih baik jika dibandingkan dengan melakukan dumbbell presses standar, karena Arnold press lebih melibatkan bahu dan gerakan rotasinya dapat membuat sendi di antara lengan dan bahu bekerja semakin baik. Sehingga, memungkinkan untuk membentuk serat dan pertumbuhan otot lebih banyak.

2.) Pinch-grip Deadlift

22

Latihan ini banyak melibatkan bagian kaki, punggung, dan melatih kekuatan cengkraman Anda. Untuk melakukannya, Anda membutuhkan piringan dengan beban yang dikaitkan dengan bar. Tekuk lutut Anda dan juga pinggul, sembari memegang kedua ujung piringan beban. Posisikan tubuh sedikit lebih rendah, dan untuk beberapa saat berhentilah sejenak sebelum akhirnya kembali lagi berdiri dengan posisi tangan yang masih sama mengangkat dan berpegang pada piringan. Melalui latihan ini, Anda akan mendapatkan manfaat yang bersamaan bagi tubuh bagian atas dan bawah. Sehingga, dengan melakukan latihan ini akan lebih efektif untuk membangun otot pada bagian kaki dan bahu Anda.

3.) Spider Curl

33

Latihan spider curl akan berfokus pada bagian bicep Anda. Untuk melakukannya, Anda membutuhkan mesin yang menahan bagian perut Anda dan siku saat melakukan spider curl. Pegang EZ curl bar dengan kedua tangan Anda. Tempatkan posisi seperti pada gambar, dengan perut menyentuh pada penyangga yang telah disediakan. Angkat Ez curl bar hingga bar tepat di bawah dagu Anda, kemudian turunkan kembali secara perlahan dengan menggunakan kedua lengan Anda. Melalui gerakan ini, otot pada bicep akan lebih cepat berkontraksi. Sehingga bagian otot bicep akan lebih cepat mencuat dan menonjolkan otot yang fantastis.

4.) Crew Press atau Bent Press

44

Berdiri tegak, dengan salah satu tangan memegang barbell dan satu tangan lainnya memegang bar. Pada posisi awal, angkat bar hingga tangan Anda lurus, dan barbell berada pada pegangan tangan satunya dan posisikan di bawah. Selanjutnya, turunkan barbell hingga pinggul Anda sedikit memutar ke bawah. Tangan yang memegang bar tetap pada posisi yang sama. Ulangi kembali pada posisi awal.

Latihan ini akan melibatkan bahu, kaki, dan juga punggung Anda. Sehingga, kekuatan Anda dalam mengangkat barbell dan mempertahankan posisi bar di atas, akan membuat bahu dan punggung Anda bekerja lebih keras. Selain itu, kaki yang menahan tubuh untuk tidak bergeser posisi, akan membuatnya lebih padat. Untuk itu, latihan ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin memperoleh kekuatan otot yang maksimal.

5.) Sissy Squat

55

Untuk melakukan sissy squat, berdirilah sambil membawa piringan beban dan posisikan kaki sedikit membuka lebar. Satu tangan lainnya berpegang pada mesin bar atau apapun yang nampaknya kuat Anda jadikan pegangan. Sembari tangan satu membawa piringan yang diletakkan di depan dada, dan tangan satunya memegang mesin bar, perlahan ambil posisi jongkok tanpa melepaskan kedua pegangan tersebut. Ketika melakukan ini, tumit dilarang untuk menyentuh lantai.

Latihan ini akan membantu bagian kaki dan otot pada bokong Anda. Bukan hanya itu, latihan ini juga akan melatih stabilitas tubuh Anda.

6.) Double Barbell Press

66

Latihan ini akan memfokuskan pada pembentukan dada Anda. Dalam melakukannya, sebagai langkah awal berbaringlah pada bangku dengan membawa barbell di kedua sisi lengan Anda. Pertahankan kontrol dan keseimbangan beban Anda, turunkan sampai kepalan tangan Anda dekat dengan ketiak. Meski latihan ini untuk membuat dada Anda agar bidang, namun untuk melakukannya, Anda membutuhkan kekuatan kedua lengan Anda. Hal ini untuk menghindari lengan yang bergoyang dan gemetar. Apabila lengan tidak kuat dan gemetar, maka risiko untuk terkena cedera semakin besar. Ini juga merupakan salah satu latihan untuk melatih stabilisasi tubuh melalui beban yang berada di kedua lengan Anda.

Semoga bermanfaat. (gie)

BACA JUGA: Bangun Otot atau Bakar Lemak, Mana yang Lebih Dulu?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes