latihan treadmill

6 Strategi Untuk Cegah Kebosanan Saat Latihan Treadmill

Apakah Anda sudah terbiasa melakukan latihan treadmill di rumah ataupun di gym? Latihan simpel ini ternyata bisa membawa manfaat baik bagi bentuk pantat, kekuatan kaki, dan kesehatan Anda fitnes mania. Oleh karena itu jika Anda sudah mulai bosan dan menginginkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya, cobalah beberapa cara dan strategi berikut ini:

latihan treadmill

#Naikkan Tempo Latihan Anda

Lakukan pemanasan sekitar 10 menit dengan berlari kecil di awal latihan. Dan atur 2 menit tempo yang lebih cepat dari pemanasan. Lakukan tempo cepat ini sekitar 3-4 menit dan kemudian dilanjutkan dengan berjalan selama 3-4 menit. Gerakan ini merupakan satu putaran. Lakukan hingga 3 sampai 5 putaran.

#Progression Run

Lakukan pemanasan dengan 5 sampai 10 menit dengan berlari kecil. Kemudian mulailah berlari dengan kecepatan 5 kilometer per jam. Meningkatkan kecepatan 0,2 mph setiap menit sampai Anda benar-benar kelelahan. Andrew Kastor, ketua pelatih di Mammoth Club Track di Mammoth, California mengatakan bahwa latihan ini secara sistematis dan bertahap akan meningkatkan ambang laktat seorang atlet dan mengembangkan kesabaran mental dan meningkatkan VO2 Max.

#Half-Mile Intervals

Lakukan pemanasan dengan 15 sampai 20 menit dengan berlari kecil. Kemudian berlarilah hingga setengah kilometer kemudian perlambat untuk jogging selama 200 meter. Gerakan ini merupakan satu putaran. Lakukan hingga 6 sampai 8 total putaran. Jeff Gaudette, pelatih di RunnersConnect.net. mengatakan bahwa dengan tidak sepenuhnya mengulangi keseluruhan gerakan tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk berlari cepat, tetapi juga membuat Anda memiliki kekuatan aerobik dan dukungan untuk mempertahankan kecepatan pada hari perlombaan.

Horrible Hill Workout

Lakukan pemanasan dengan 10 menit dengan berlari kecil. Mulailah latihan Anda dengan lari secepat yang Anda bisa selama 30 detik. Kemudian berjalan selama 30 detik. Setelah berjalan, larilah selama 90 detik pada kecepatan 10K, kemudian dilanjutkan dengan berjalan selama 2 menit. Gerakan ini merupakan satu putaran. Lakukan 6 hingga 9 total putaran. Latihan ini tidak hanya akan menantang sistem anaerobik dan neuromuskuler, tapi juga akan membantu membangun kekuatan tubuh Anda.

#Commercial Repeat

Latihan ini membutuhkan televisi yang hidup untuk menemani latihan Anda. Lakukan pemanasan dengan 10 menit dengan berlari-lari kecil. Setiap kali iklan datang pada saat acara atau permainan yang Anda tonton, berlarilah 1 ½ sampai 2 menit per kilometer lebih cepat dari kecepatan saat Anda melakukan pemanasan sampai kembali program reguler. Lakukan ini sampai Anda benar-benar lelah.

#Progresif Interval

Lakukan pemanasan dengan 10 menit dengan berlari-lari kecil. Mulailah treadmill dengan kecepatan 6 km per jam dan lanjutkan 60 detik di bidang yang agak miring dengan kecepatan itu. Kemudian turunkan kecepatan ke kecepatan yang mudah dan istirahatlah selama 60 detik. Jika Anda tidak bisa menahan kecepatan yang lebih cepat dalam 60 detik, turunkan intervalnya dengan berlari selama 30 detik dilanjutkan dengan 60 detik istirahat sampai Anda benar-benar lelah.

Dengan melakukan beberapa strategi latihan di atas diharapkan dapat membakar lebih banyak kalori dan membuat sisi aerobik dan anaerobik Anda meningkat. (mee)

BACA JUGA: Dengan Teknik Ini, Latihan Tak Akan Membosankan Lagi

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes