olahraga lari

6 Tips Untuk Maksimalkan Olahraga Lari Anda

Lari adalah salah satu olahraga yang murah dan mudah dilakukan serta sangat bermanfaat. Berikut beberapa tips untuk memaksimalkan latihan lari Anda.

olahraga lari

Selain mudah dan murah, lari merupakan latihan atau olahraga yang sangat bermanfaat. Seperti membantu meningkatkan daya tahan tubuh, stamina, serta berpotensi menurunkan berat badan.

Nah, berikut ini beberapa tips untuk memaksimalkan olahraga lari Anda.

1. Mulai Dengan Pelan

Jika tergolong sebagai pelari pemula, periksaan kesehatan Anda terlebih dahulu sebelum berlari. Mulailah lari secara perlahan. Rasakan bagaimana reaksi tubuh Anda dan konsentrasi pada postur tubuh daripada kecepatan. Jika rutin dilakukan maka Anda akan merasakan peningkatan dalam kecepatan.

2. Lakukan Dengan Benar

Berjalan dengan cepat namun tanpa postur yang benar hanya akan memberikan setengah manfaat, atau bahkan bisa berakibat cedera. Tegakkan tubuh lalu berlari dengan ayunkan lengan serta pijakan kaki dengan lembut.

3. Teknik Pernapasan

Salah satu hal yang penting adalah mengatur pernapasan saat berlari. Atur pernapasan dan pastikan bahwa Anda menghirup oksigen yang cukup untuk memungkinkan membakar lemak untuk tambahan energi.

4. HIIT

Lari dapat membosankan. Untuk itu, bisa dilakukan high interval intensity training (HIIT). Seperti jalan santai selama tiga menit ganti lakukan satu menit sprint. Lakukan ini selama 20-30 menit.

5. Jangan Lupakan Latihan Resistensi

Lari memang sangat bermanfaat. Namun, dengan menambahkan latihan resistensi (weight training dan bodyweight training) akan membantu pembentukan otot. Jangan lupa bahwa latihan resistensi membakar banyak kalori dan membantu membuat Anda tampak lebih ramping.

6. Jangan Lupa Minum Air

Hidrasi sangat penting untuk mengganti cairan yang hilang. Jika kekurangan cairan akan menyebabkan tubuh dehidrasi dengan menimbulkan masalah seperti pusing, kelelahan, atau kram.

Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: 15 Tips Sehat dan Bugar ala Cristiano Ronaldo

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes