7 Alasan Untuk Melakukan Core Training

Core Training
7 Alasan untuk Melakukan Core Training @ Dunia Fitnes

Core training atau latihan yang melatih core muscle (otot inti) adalah bagian penting dari sebuah program fitness yang baik. Kadang-kadang kita hanya melakukan sit-up dan push-up, dan mengabaikan core training. Namun tetap saja, penting untuk melatih otot inti atau otot-otot di sekitar perut dan punggung Anda. Simak 7 alasan penting berikut untuk memasukkan core training dalam pola latihan Anda.

  1. Meningkatkan keseimbangan dan stabilitas tubuh
    Core training akan melatih otot-otot panggul, punggung bawah, pinggul dan perut secara harmonis. Ini mengarah pada keseimbangan dan stabilitas yang lebih baik bagi kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari termasuk berbagai olahraga dan kegiatan fisik lainnya.
  2. Mudah dilakukan tanpa peralatan khusus
    Setiap latihan yang melatih tubuh tanpa alat bisa dianggap sebagai core training. Abdominal crunch adalah salah satu core training klasik. Cobalah berbaring di atas punggung dan letakkan kaki Anda di dinding sehingga lutut dan pinggul dibelokkan dengan sudut 90 derajat. Kencangkan otot perut Anda, lalu angkat kepala dan bahu dari lantai.
  3. Membantu membentuk otot perut
    Ingin definisi otot perut lebih jelas? Untuk itu, core training penting dilakukan. Meskipun tetap dibutuhkan latihan aerobik untuk membakar lemak perut, core training dapat memperkuat otot-otot perut Anda.
  4. Memudahkan kita melakukan kegiatan fisik
    Otot inti yang kuat membuat kita lebih mudah untuk melakukan segala sesuatu, mulai dari mengayunkan stik golf, mengambil gelas di rak paling atas ataupun membungkuk untuk mengikat tali sepatu. Lemahnya otot inti akan membuat Anda rentan terhadap sikap tubuh yang buruk, sakit punggung bawah dan cedera otot.
  5. Dapat dilakukan perlahan-lahan
    Anda tidak perlu melakukan core training ini selama berjam-jam sehari. Sebaliknya, Anda cukup berkonsentrasi pada melakukan setiap latihan dengan teknik dan gerakan yang benar dan tepat. Tingkatkan secara bertahap 10 sampai 15 repetisi setiap latihan. Juga ingatlah untuk istirahat. Jika Anda melatih otot inti Anda setidaknya berikan satu hari di antara latihan untuk memberikan waktu bagi otot-otot Anda untuk pulih.
  6. Dapat dilakukan di rumah
    Anda dapat melakukan core training ini di rumah misalnya saat sedang menonton acara favorit Anda. Anda bahkan dapat melakukan latihan ini dengan bola atau ball training.
  7. Membantu meraih kebugaran
    Latihan aerobik dan kekuatan otot merupakan aspek penting dari program fitness yang baik. Tapi untuk menyempurnakan program fitness Anda, maka core training juga penting untuk dimasukkan sebagai cara terbaik untuk mencapai kebugaran Anda.

Jadi, banyak sekali alasan untuk mulai melatih otot inti Anda dan memasukkan menu core training dalam program fitness Anda!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes