program latihan

Program 7 Hari Latihan Dapatkan Tubuh Kekar di Awal Tahun

Sebentar lagi tahun 2014 akan beranjak pergi dan segera kita akan menyambut Tahun Baru 2015 dengan penuh suka cita. Ya, pasti Anda telah menyiapkan resolusi awal tahun untuk latihan Anda. Namun, apakah resolusi tersebut sudah efektif untuk memaksimalkan pembentukan tubuh Anda menjadi lebih ideal? Untuk itu, Anda wajib untuk meyakinkan diri. Karena, resolusi yang Anda lakukan berpengaruh terhadap hasilnya selama satu tahun terakhir.

Resolusi jendela

Anda berhak untuk menentukan resolusi untuk latihan Anda sendiri. Namun, tidak selalu resolusi yang Anda telah buat cocok dengan metode latihan Anda selama ini. Untuk itu, jangan ragu mencari referensi –referensi terkait demi menambah informasi Anda. Berikut adalah rekomendasi dari DuniaFitnes.com terkait dengan resolusi program persiapan latihan di awal tahun.

Hari ke-1, Banyak Referensi Banyak Ilmu

Fokuslah menyempurnakan program latihan yang telah Anda buat. Informasi-informasi penunjang baik itu dari internet, buku, maupun informasi langsung dari seseorang adalah sumber daya untuk mengasah program yang telah Anda buat. Ada baiknya Anda melakukan evaluasi video dokumentasi ketika Anda latihan (jika ada). Hal ini untuk memudahkan Anda menilai kualitas latihan Anda selama ini. Kuncinya adalah untuk bersikap objektif dan terbuka untuk menerima saran-saran baik dari teman maupun pelatih Anda.

Hari ke-2, Memilih Trainer yang Tepat

Jika Anda ingin latihan Anda berkualitas, maka carilah mentor (trainer). Pelatih tidak harus berada dan menemani Anda di gym. Dengan demikian, pelatih disini bisa berupa online dengan melihat video-video pelatihan di Youtube, atau melalui konsultasi online. Intinya, pelatih bertujuan untuk dapat memotivasi latihan yang Anda lakukan.

Hari ke-3, Kenali Hambatan yang Akan Menghadang

Mengidentifikasi hambatan yang menghalangi tujuan Anda. Ini akan berbeda untuk setiap orang. Langkah untuk menghindari hambatan seperti halnya dengan melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat. Misalnya, bangun setengah jam lebih awal untuk melakukan kardio, atau menghindari orang-orang yang tidak mendukung Anda dalam mencapai tujuan. Intinya, berkacalah. Pahami apa saja yang dapat menghambat Anda, dan ketahui solusi menghadapinya.

Hari ke-4, Terapkan Langkah SMART

Membuat tujuan SMART. Anda dapat melakukan cara agar peklatihan Anda menjadi cerdas dan efektif.
Spesefic (spesifik)
Measurable (terukur)
Attainable (tercapai)
Relative (relatif)
Time-bound (terikat waktu)

Hari ke-5, Anggarkan Dana untuk Kebugaran

Buatlah anggaran untuk tujuan kebugaran Anda. Baik hal tersebut untuk keanggotaan gym, membeli kelengkapan untuk gym, makanan, dan biaya untuk suplemen yang berhubungan dengan kebugaran Anda. Membuat anggaran dana akan membantu kesuksesan Anda di tahun 2015. Perhitungkan biaya pengeluaran dengan penghasilan Anda. Kemudian, hitung semua pengeluaran yang berhubungan dengan kebugaran Anda. Dengan cara seperti ini, Anda dapat menghindari pemborosan yang membuat isi kantong Anda terkuras habis.

Hari ke-6, Belanjalah Sesuai Kebutuhan

Mengambil anggaran yang Anda buat sebelumnya dan pergilah berbelanja. Buat daftar untuk membeli makanan, suplemen, dan peralatan lainnya untuk minggu-minggu yang akan datang. Intinya, belilah sesuatu yang ada pada daftar belanja Anda.

Hari ke-7, Jadi Koki untuk Perbaiki Nutrisi

Untuk lebih memaksimalkan hasil yang nantinya akan Anda peroleh, maka tidak ada salahnya untuk Anda belajar memasak. Dengan memasak sendiri menu makanan yang Anda inginkan, maka Anda telah mengetahui baik-buruknya bahan makanan tersebut. Sehingga, sebelumnya Anda bisa memperhitungkan resep-resep yang ingin Anda masak. Alangkah baiknya, jika Anda juga membuat jadwal menu makanan yang akan Anda masak pada minggu-minggu berikutnya.

Nah, itu rekomendasi program persiapan untuk awal tahun Anda. Memang, semua orang memiliki metode dan cara sendiri dalam membuat resolusinya di tahun 2015. Namun, tidak ada salahnya jika Anda menyimak informasi-informasi tambahan demi menyempurnakan program resolusi yang telah Anda buat. Misalnya, dengan menyimak informasi yang DuniaFitnes .com telah berikan ini. (gie)

BACA JUGA: Agar Tubuh Makin Atletis Saat Malam Pergantian Tahun

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes