7 Langkah Mendapat Tambahan Energi sekaligus Meningkatkan Metabolisme

7 Langkah Mendapat Tambahan Energi sekaligus Meningkatkan Metabolisme @ Dunia Fitnes
7 Langkah Mendapat Tambahan Energi sekaligus Meningkatkan Metabolisme @ Dunia Fitnes

Seringkali saat merasa lelah, Anda bingung bagaimana caranya untuk mendapatkan tambahan energi untuk beraktivitas sehari-hari. Berikut ini ada beberapa langkah sederhana untuk membantu Anda meningkatkan energi sekaligus meningkatkan metabolisme dalam waktu bersamaan:

  1. Bangun pagi dan berolahraga. Olahraga adalah salah satu langkah paling penting untuk meningkatkan energi. Olahraga dapat meningkatkan kerja kardiovaskuler atau jantung Anda, memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh sehingga pasokan oksigen terpenuhi, maka metabolisme akan meningkat dan Anda akan merasa lebih fresh dan berenergi.
  2. Sarapan pagi. Makanlah makanan yang tinggi karbohidrat kompleks seperti roti gandum utuh atau oatmeal dengan susu tinggi protein rendah lemak untuk memberikan cadangan energi dalam waktu lama sehingga menjaga metabolisme Anda tetap optimal sampai waktu makan berikutnya.
  3. Tidur cukup, 8 jam sehari. Tidur adalah waktu bagi tubuh untuk memperbarui dan memperbaiki sel sehingga metabolisme tubuh tetap terjaga dalam level optimal.
  4. Kenali siklus energi Anda. Energi dalam tubuh memiliki suatu siklus, yang terdiri dari periode energi tinggi dan energi rendah. Anda sendiri yang tahu kapan saat Anda merasa energi Anda tinggi dan meluap-luap dan kapan saat Anda merasa sudah kehabisan tenaga. Apakah di pagi hari? Atau di malam hari? Untuk itu, buatlah rencana kegiatan utama apa saja yang akan Anda lakukan saat Anda berada dalam siklus energi tinggi, sehingga metabolisme tubuh pun akan senantiasa aktif.
  5. Have fun. Lakukan kegiatan yang membuat Anda senang. Ikutlah dalam aktivitas apa pun yang Anda sukai setiap hari, jika memungkinkan. Memang Anda tidak berarti harus terus melakukan hal yang sama tiap harinya, tetapi meluangkan waktu untuk bersenang-senang dapat menurunkan stress sehingga metabolisme dan pasokan energi pun terjaga.
  6. Istirahat. Beristirahat sejenak tiap 2 jam saat bekerja dapat membantu Anda untuk menyegarkan kembali pikiran dan kondisi fisik Anda. Jika Anda merasa jenuh dan mulai sulit berkonsentrasi atau Anda merasa mengantuk di tengah jam kerja Anda, maka bangkitlah dari tempat duduk Anda, berjalanlah sebentar dan carilah udara segar. Pergerakan tubuh membantu meningkatkan metabolisme Anda dan memberi energi sepanjang hari.
  7. Jauhi alkohol. Alkohol dapat menurunkan performa fisik dan pikiran, karena membuat pusing, kurang konsentrasi dan menurunkan daya pikir. Tanpa konsumsi alkohol sama sekali, Anda akan merasa energi Anda jauh lebih tinggi dan metabolisme tubuh akan jauh lebih aktif.

Dengan melakukan beberapa hal di atas, maka energi dan metabolisme tubuh Anda akan meningkat, dan bonusnya Anda tidak akan terhindar dari kelelahan dan kurang bersemangat dalam menghadapi hari-hari aktif Anda. Dan siapa tahu, hal ini bahkan dapat membantu diet Anda, karena salah satu hal yang dibutuhkan saat diet adalah meningkatnya metabolisme tubuh Anda agar aktif membakar lemak.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes