7 Tips Untuk Menambah Berat Badan Anda

7-Tips-Untuk-Menambah-Berat-Badan-Anda

Bagi beberapa orang, menambah berat badan bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Cara paling tepat untuk menambah berat badan adalah dengan mengatur pola makan dengan baik dan juga melakukan latihan beban dengan teratur. Nah, berikut ini ada 7 tips untuk membantu Anda menambah berat badan dengan efektif.

Menambah berat badan bukan berarti membuat semuanya menjadi “super”.

Jadi, bukan berarti Anda harus makan dalam jumlah super banyak dan latihan super berat untuk menambah berat badan Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengatur pola diet dan latihan Anda dengan tepat. Simak tipsnya berikut ini.

  1. Berhitung
    Menghitung kalori Anda setiap hari adalah yang wajar ketika Anda berusaha untuk menambah berat badan. Untuk menambah berat badan Anda, maka Anda butuh asupan kalori yang lebih banyak. Oleh karena itu, mulailah hitung berapa banyak kebutuhan kalori Anda dan berapa banyak asupan kalori Anda setiap hari.
  2. Makan
    Makan adalah faktor yang paling penting yang Anda butuhkan untuk menambah berat badan dengan efektif. Ini masuk akal bahwa Anda perlu makan lebih banyak kalori daripada yang dibakar. Setelah menghitung kalori Anda, maka kalau Anda masih mengkonsumsi kalori dalam jumlah yang kurang dari yang Anda butuhkan, mulailah menambah kalori Anda. Tapi ingat, konsumsilah good calorie! Konsumsilah kalori yang berasal dari karbohidrat baik, lemak baik, serta protein berkualitas. Makan 6 kali sehari adalah awal yang baik. Sarapan, makan siang, makan malam, dan 3 kali snack di antaranya secara teratur sepanjang hari. Daging, ayam, buah, susu, sayuran, keju, dan berbagai macam jenis kacang-kacangan adalah makanan yang baik untuk Anda konsumsi. Apa yang Anda makan akan menentukan keberhasilan program menambah berat badan Anda.
  3. Angkat Beban
    Seperti yang sudah disebutkan di atas, pola makan yang tepat penting untuk menambah berat badan Anda, tetapi untuk menambah berat badan maka Anda sebaiknya menambah massa otot, bukan lemak. oleh karena itu, Anda perlu melengkapi program Anda dengan latihan angkat beban. Untuk menambah berat badan, lakukan latihan teratur 3-4 kali seminggu. Pastikan Anda mengangkat beban dengan benar. Berikan pula waktu istirahat yang cukup bagi otot Anda untuk pulih sebelum melatihnya lagi di latihan berikutnya.
  4. Menimbang Berat Badan
    Timbang berat badan Anda di akhir minggu. Tapi jangan terlalu senang dulu jika Anda mengalami kenaikan berat badan, apalagi jika kenaikan tersebut cukup drastis. Untuk menambah berat badan dengan optimal, maka Anda perlu untuk menambah massa otot dalam tubuh Anda, sehingga pastikan Anda juga memantau apakah kenaikan berat badan Anda disebabkan oleh bertambahnya massa otot Anda atau malah lemak Anda yang bertambah.
  5. Jauhi Lemak Jahat
    Hindari lemak jahat seperti lemak jenuh dan lemak trans yang bisa meningkatkan risiko Anda untuk terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. Anda ingin menambah berat badan, tapi Anda tidak ingin berat badan yang Anda dapatkan hanya lemak, ‘kan? Untuk itu, batasi konsumsi kue, keripik, permen, makanan gorengan, apalagi junk food. Konsumsilah lemak baik, entah itu dari ikan tuna (dan ikan laut lainnya), minyak
  6. Cukup Minum Air
    Minum 8 gelas air sehari dibutuhkan untuk membuat Anda tetap berenergi dan mengoptimalkan metabolisme tubuh Anda. Dehidrasi dapat menyebabkan segala macam masalah kesehatan, termasuk stamina kurang di gym, sehingga hasil latihan Anda untuk menambah berat badan pun kurang.
  7. Tidur yang Cukup
    Perbanyaklah istirahat dan tidur Anda. Ini adalah salah satu tips menambah berat badan termudah namun paling sering diabaikan. Tidur minimal 8 jam setiap malam diperlukan tubuh Anda untuk berfungsi dengan baik.

Bagaimana dengan Suplemen?
Untuk menambah berat badan, suplemen bukanlah keharusan, tetapi suplemen akan membantu Anda menambah berat badan lebih cepat. Namun demikian ingat bahwa pola diet dan latihan adalah kunci utama agar Anda bisa menambah berat badan dengan efektif. Pertimbangkan konsumsi suplemen untuk membantu mengoptimalkan program Anda.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes