8 Alasan Break Latihan di Gym

Berlatih fitnes dengan rutin dan disiplin serta terus aktif bergaya hidup sehat merupakan hal-hal yang sangat baik bagi fitness mania. Tetapi ada kalanya juga Anda harus break sementara dari latihan karena alasan-alasan di bawah ini.

8-Alasan-Break-Latihan-di-Gym

Mengalami Cedera

Merupakan alasan utama Anda harus beristirahat dan bahkan berhenti latihan apapun untuk sementara waktu. Memaksa terus latihan saat cedera hanya akan memperburuk cedera Anda. Segera periksa cedera Anda ke dokter spesialis untuk mendapatkan pengobatan dan saran penyembuhan.

Sedang Sakit

Nekat latihan saat sakit, seperti misalnya terkena flu, hanya akan makin menurunkan kondisi kesehatan Anda. Selain itu juga merugikan member gym yang lain karena risiko penularan penyakit Anda. Segera break latihan dan istirahatlah yang cukup. Jangan pikir latihan bisa menyembuhkan sakit Anda.

Mengalami Overtraining

Perhatikan bagaimana tubuh Anda sedang memberi sinyal kondisi tubuh. Jika Anda merasa letih yang berlebihan usai latihan, mudah gelisah, dan merasa gusar, bisa dipastikan Anda mengalami overtraining. Apalagi jika sebelumnya Anda dalam kondisi kurang istirahat/ tidur maka segeralah istirahat penuh selama kurang lebih satu minggu.

Massa otot Tidak Bertambah

Kondisi stagnan dimana massa otot tidak bertambah atau berat badan belum turun adalah saat yang tepat untuk break latihan dari gym. Tubuh Anda merasa “bosan” dengan latihan yang sama secara terus menerus. Cobalah olahraga outdoor seperti trekking, bersepeda, berenang, dan masih banyak lagi.

Banyak Ngobrol, Kurang Latihan

Latihan bersama teman-teman Anda di gym yang sama memang menyenangkan. Tetapi jika waktu Anda di gym lebih banyak dihabiskan untuk ngobrol dengan mereka daripada serius latihan, maka segeralah break latihan dari gym. Cobalah latihan di rumah dengan bodyweight workout yang sama efektifnya.

Tidak Rutin Latihan

Anda sudah membayar biaya membership yang cukup mahal tetapi malah tidak datang berlatih ke gym. Itu namanya Anda sudah membuang-buang uang dan waktu dengan percuma. Sebaiknya Anda break latihan di gym sekalian. Jika tak sempat ke gym, cobalah latihan di rumah dengan peralatan secukupnya atau dengan bodyweight workout. Hasilnya sama efektifnya dan tentunya lebih hemat.

Tidak Bisa Menyelesaikan Program Latihan

Anda sudah memiliki program latihan yang pasti tetapi Anda tak mampu menyelesaikannya. Segeralah break dari latihan dan analisa apa yang salah. Apakah Anda tidak menguasai gerakan latihan atau justru program latihannya yang salah. Tanyakan masalah Anda kepada personal trainer jika perlu.

Terobsesi Latihan

Jika setiap saat Anda hanya memikirkan bagaimana caranya latihan yang terbaik, terlalu banyak menghabiskan waktu di gym, dan mulai tidak memperhatikan hubungan Anda dengan keluarga dan orang-orang terdekat, artinya Anda sedang terobsesi dengan latihan fitnes.

Break dulu dari latihan Anda dan pertimbangkan untuk latihan di rumah. Jadikan fitnes dan gaya hidup sehat sebagai bagian dari hidup Anda, bukan menguasai seluruh kehidupan Anda!

Break dari latihan akibat alasan-alasan diatas adalah sama pentingnya untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh, menentukan keberhasilan target latihan, dan menjaga mental serta motivasi Anda untuk terus berlatih dalam jangka panjang. (aan)

BACA JUGA : Agar Tidak Sia-sia Nge-Gym, Perhatikan 5 Hal Ini

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes